Perawatan Rambut: Cara Mengatasi Rambut Kering Dengan Lidah Buaya

Masker Lidah Buaya - Rambut adalah mahkota alami yang wajib kita rawat agar tetap sehat dan terlihat cantik, rambut yang kering merupakan salah satu masalah rambut yang seringkali terjadi, rambut kering biasanya disertai dengan masalah rambut lainnya seperti rambut kasar, kusam, dan bercabang.

Banyak faktor yang menyebabkan rambut menjadi kering, faktor luar seperti kondisi lingkungan dan perawatan rambut yang salah, sedangkan faktor dalam seperti perubahan hormon tubuh dan kekurangan gizi.
A. Penyebab Rambut Menjadi Kering
Mengetahui faktor penyebab rambut menjadi kering wajib anda ketahui sebelum anda memulai perawatan rambut, hal ini untuk mencegah agar rambut tidak kering kembali di kemudian hari.
1. Penyakit
Penyakit-penyakit tertentu seperti anoreksia nervosa dapat menyebabkan rambut kering. Jelas karena penyakit ini membuat tubuh kekurangan vitamin, mineral, dan nutrien penting.

2. Berenang
Berenang atau berendam di kolam umum dengan air yang terklorinasi ikut berkontribusi menyebabkan rambut kering.

3. Perubahan Hormon
Menggunakan pil KB, hamil atau pun sudah memasuki usia lanjut juga dapat menjadi penyebab rambut menjadi lebih kering dan rapuh. Untuk itu, bagi Anda yang mengunsumsi obat, cobalah untuk berdiskusi dengan pihak dokter agar dapat dipilihkan obat apa yang cocok untuk tubuh Anda sehingga tak membuat rambut menjadi kering.

4. Alat pengering rambut
Penggunaan alat pengering rambut yang berlebihan dan sering dapat menghilangkan kelembaban alami rambut. Hal itulah yang menyebabkan rambut kering. Maka gunakan alat pengering rambut seperlunya saja, dan usahakan jarak alat dengan rambut tidak kurang dari 15 cm.

5. Produk perawatan rambut
Produk perawatan rambut yang tinggi kandungan bahan kimia dapat menyebabkan rambut kering. Sebaiknya, gunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan alami.

6. Kondisi lingkungan
Panas, dingin, debu, polusi, ataupun angin yang ekstrim merupakan salah satu penyebab utama rambut kering. Maka sebisa mungkin hindari paparan langsung dari kondisi lingkungan yang ekstrim ini.

B. Kandungan Lidah Buaya Untuk Rambut
Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dalam penggunaannya untuk rambut, lidah buaya dapat melembabkan rambut, menutrisi rambut, menghaluskan rambut, serta mempercepat pertumbuhan rambut.

C. Cara Menggunakan Lidah Buaya Untuk Mengatasi Rambut Kering
Menggunakan lidah buaya untuk mengatasi rambut kering, anda tidak harus menggunakannya sebagai masker, lidah buaya juga dapat di buat sebagai produk rambut lainnya seperti hair spray, sampo, dan kondisioner. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara membuatnya. 
1. Hair spray
Dalam rangka untuk memberikan efek segar pada rambut, Anda bisa membuat semprotan lidah buaya. Sediakan botol semprot bekas pakai yang telah dibersihkan, kemudian campurkan secangkir air dengan satu sendok makan ekstrak gel lidah buaya. Masukkan campuran itu ke dalam botol dan semprotkan di atas rambut Anda.

2. Sampo Lidah Buaya
Sampo alami buatan sendiri yang berbahan dasar lidah buaya sangat cocok bagi Ladies yang ingin rambut Ladies tumbuh lebih lebat. Meskipun shampo dengan resep yang akan disampaikan ini tidak menghasilkan busa seperti shampo yang biasa dibeli di toko, shampo lidah buaya berikut ini telah terbukti efektif. Resep membuat shampo alami berbahan dasar lidah buaya menggunakan bahan – bahan alami seperti cuka apel dan madu. Prosedur pembuatannya tidak susah kok – Ladies cukup mencampur semua bahan dan meratakannya ke seluruh bagian rambut sebelum kemudian dibilas dengan air bersih.

Nah, karena hanya menggunakan bahan – bahan alami tanpa menambahkan minyak – minyakan, shampo ini tidak akan beraroma seharum yang Ladies bayangkan. Namun, campuran madu dan lidah buaya sendiri adalah kombinasi yang pas untuk rambut sehat.

3. Kondisioner rambut
Menggunakan lidah buaya untuk memperbaiki rambut dapat menjadi salah satu pilihan terbaik dalam merawat rambut. Setelah mencuci rambut, olesi kulit kepala hingga ke ujung rambut dengan campuran gel lidah buaya segar dan minyak zaitun. Diamkan selama sekitar 15 menit dan bilas.

4. Masker rambut
Kandungan vitamin E dalam lidah buaya sangat baik untuk digunakan sebagai masker rambut. Anda dapat menambahkan lidah buaya dengan sebutir telur, air lemon dan minyak rambut, untuk membuat masker rambut. Atau, campurkan yoghurt, madu dan minyak rambut untuk membuat masker rambut.

Terimakasih sudah membaca artikel kami, baca juga: Rambut Rontok Pada Wanita: Penyebab Dan Cara Mengatasinya.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar