Cara Diet Turunkan Berat Badan Dengan Beras Merah

Diet Beras Merah - Saat ini banyak sekali remaja pria dan wanita yang memiliki postur tubuh gemuk, gaya hidup dan makanan yang kurang sehat memiliki peranan yang besar terhadap kondisi lemak dalam tubuh. Dan para remaja saat ini banyak sekali yang mencoba berbagai program diet mulai dari diet buah, OCD, sayur, sampai diet beras merah.

Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang dipercaya memiliki kandungan yang baik untuk seseorang yang ingin turunkan berat badan, kandungan serat tinggi dalam beras merah mampu membuat tubuh cepat kenyang. Namun banyak orang yang mengeluhkan rasa beras merah yang kurang enak dibandingkan beras putih saat pertama kali mereka mencoba beras ini. Namun dalam artikel ini kami juga sudah membahas bagaimana cara memasak beras merah agar memiliki rasa yang enak.
A. Kandungan Gizi Beras Merah Untuk Diet
Beras merah mendapatkan warna merah dari antioksidan yangterkandung didalamnya yang disebut anthocyanin. Senyawa ini juga ditemukan dalam buah yang berwarna ungu atau kemerahan. Senyawa ini diyakini bisa membantu mengurangi peradangan, alergi, menurunkan risiko kanker dan membantu menurunkan berat badan.
1. Minyak Baik
Nasi atau beras merah mengandung minyak yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Maka dari itu, disarankan untuk menjalani diet beras merah dan gandum utuh dengan tujuan meningkatkan level kolesterol baik. Jadikan nasi merah sebagai makanan pokok dan sumber karbohidrat sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

2. Mengandung Vitamin B-6
Satu porsi nasi merah bisa memenuhi 23 persen kebutuhan harian dari vitamin B6. Jumlah itu yang memang diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsi organ. Vitamin ini membantu menjaga keseimbangan dari pembentukan hormon serotonin (hormon pengatur mood), sel darah merah dan produksi sel-sel DNA.

3. Kaya akan Zinc
Mineral ini membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun berfungsi dengan baik. Zinc juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan tubuh.

4. Tinggi Akan Zat Besi
Zat besi atau mangan membantu tubuh untuk menghasilkan energi dari makanan yang Anda konsumsi. Mangan juga merupakan komponen penting dari enzim dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas yang biasanya terbentuk selama proses produksi energi. Jadi, daya tahan tubuh meningkat dan energi bisa digunakan lebih optimal.

5. Karbohidrat Kompleks
Beras merah mengandung karbohidrat kompleks; jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan, mengonsumsi karbohidrat kompleks (kentang, oatmeal dan beras merah) bisa membuat Anda kenyang hingga berjam-jam dan makan kurang dari 320 kalori per hari. Saat makan siang atau malam, ganti nasi putih atau mie dengan nasi merah.

6. Rendah GLycemic Index
Makanan dengan karbohidrat kompleks, salah satunya beras merah, memiliki tingkat glycemic index rendah yang berguna dalam pengaturan kadar gula darah dan produksi insulin. Selain itu juga menyediakan energi untuk memaksimalkan manfaat kesehatan.

7. Mengandung Serat Tinggi
Nasi akan memberi Anda nutrisi seperti magnesium, zat besi, serat, protein dan niacin. Namun perlu diperhatikan jenis nasi yang dikonsumsi. Pilihlah nasi merah, brown rice atau beras hitam ketimbang nasi putih yang merupakan karbohidrat sederhana. Mereka lebih baik karena kandungan serat yang tinggi serta memiliki karbohidrat kompleks yang lebih sehat.

B. Pola Diet Dengan Beras Merah
Memang, kandungan gizi pada beras merah menjadi satu-satunya alasan bagi para kaum hawa yang ingin menurunkan berat badan. Apalagi, beras merah juga diyakini bisa menghaluskan kulit. Untuk diet menurunkan berat badan yang berlebih dengan mengkonsumsi beras merah. Anda dapat mengganti yang sebelumnya menggunakan beras putih dengan beras merah tanpa merubah porsi atau lauk yang digunakan. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat anda dapat mengkombinasikannya dengan mengikuti program diet herbal yang ada di sekitar daerah anda seperti herbalif*.

C. Cara Memasak Nasi Merah Agar Lunak
Tekstur nasi merah yang kaku dan sulit untuk ditelan serta rasanya yang tidak seenak nasi biasa membuat banyak orang berpikir dua kali untuk mengonsumsinya. Termasuk juga Anda.

Padahal ternyata ada satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat nasi merah menjadi lunak dan selembut nasi putih. Caranya adalah dengan merendam beras merah dengan air bersih selama kurang lebih 45 menit sebelum dimasak. Menurut beberapa penelitian, cara ini cukup ampuh untuk membuat tekstur nasi merah menjadi lunak. Bahkan rasanya hampir sama seperti nasi putih. Baca juga: Manfaat Teh Hijau Untuk Diet Menurunkan Berat Badan.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar