Manfaat Teh Hijau Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

RumahJerawat - Pastinya kita sudah sangat sering mendengar beragam manfaat yang didapat dari teh hijua, mulai dari untuk kencantikan sampai untuk diet menurunkan berat badan. Dalam hal diet teh hijau sudah terbukti mampu menurunkan berat badan karena memiliki sifat diuretik dan mampu menekan nafsu makan. Namun mungkin banyak sekali pertanyaan yang muncul dibenak anda sekalian, seperti apa sih kandungan teh hijau kok bisa untuk turunkan berat badan? kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya? dan bagaimana cara menyeduhnya yang benar?. Jangan khawatir berikut ini pembahasan lengkap akan pertanyaan yang mungkin muncul dibenak anda.
A. Kandungan Dan Cara Kerja Teh Hijau Menurunkan Berat Badan
Teh hijau merupakan zat makanan yang di dalamnya tinggi kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin B9 (asam folat), caffeine (seperti pada kopi), polyphenols, dan beberapa mineral dan garam yang diperlukan oleh tubuh. seperti magnesium, mangan,dan kalium.

Menurut beberapa penelitian, hasil yang diamati pada orang-orang yang mengkonsumsi teh hijau memang menunjukkan penurunan berat badan. Akan tetapi, ada banyak hal yang perlu diperhatikan terhadap bukti yang ditunjukkan oleh penelitian tersebut (bukan berarti mengkonsumsi teh hijau langsung dapat membuat berat badan turun). Beberapa penjelasan yang ditemukan dari literatur, mengatakan efek teh hijau terhadap berat badan adalah sebagai berikut:
1. Beberapa penelitian juga melaporkan pada teh hijau terdapat efek menekan nafsu makan. Sehingga efek ini dapat memengaruhi berat badan.

2. Pada teh hijau terdapat senyawa katekin yang dapat membuat metabolisme tubuh meningkat dan berefek terhadap pembakaran lemak tubuh. Akan tetapi, belum ada penelitian lebih lanjut yang membuktikan secara meyakinkan efek ini. Selain itu, jumlah katekin dalam setiap konsumsi teh tidak dapat diukur secara pasti (tidak seperti mengkonsumsi tablet obat yang terukur kadar zar atau berat zat obat yang dikonsumsi).

3. Pada teh hijau terdapat zar-zat yang bersifat diuretik (mengurangi cairan di dalam tubuh). Konsumsi teh mendorong orang berkemih/pipis lebih banyak sehingga tubuh relatif lebih kering atau "tidak menyimpan air" dalam jumlah yang berlebihan. Ini tentu akan menyebabkan berat badan menurun (berat badan menurun karena jumlah cairan dalam tubuh relatif lebih kurang)

B. Waktu Yang Tepat Mengkonsumsi Teh hijau
Untuk mengkonsumsi teh yang diperuntukkan untuk turunkan berat badan harus dilakukan dengan benar dan secara rutin, jika anda tidak suka mengkonsumsi teh tawar maka kalian bisa meminumnya sedikit demi sedikit agar tubuh anda lebih mudah untuk beradaptasi.
1. Satu Jam Sebelum atau Sesudah Makan
Langsung minum teh hijau setelah makan bisa menghambat proses penyerapan nutrisi. Jadi sebaiknya kalau mau minum teh, pilih waktu satu jam sebelum atau sesudah makan.

2. Sebelum Tidur
Kalau kamu bermaksud ingin menurunkan berat badan, coba minum teh hijau satu jam sebelum tidur malam. Minum teh hijau sebelum tidur diyakini bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh saat kita tidur. Namun jika kalian sensitif terhadap cafein dan tidak dapat tidur maka anda bisa menghindarinya.

3. Setelah Sarapan
Sangat direkomendasikan mengonsumsi sesuatu yang menyehatkan di pagi hari karena tubuh kita dalam kondisi siap menerima asupan makanan. Hanya saja jangan minum teh dalam keadaan perut kosong. Karena bisa memicu produksi asam lambung. Selain itu kalau diminum dalam keadaan perut kosong, kandungan kafeinnya bisa menyebabkan dehidrasi. Jadi kalau mau minum teh hijau di pagi hari, minum satu jam setelah sarapan ya.

C. Cara Menyeduh Teh Hijau Untuk Diet
Menyeduh teh pun juga harus dilakukan dengan benar agar manfaat dan kasiat didalamnya dapat efektif turunkan berat badan.
1. Cara Menyeduh
Beda jenis teh, beda pula cara penyajiannya. Dijelaskan pakar teh Ratna Somantri, teh seharusnya diseduh dengan air panas yang suhunya di bawah 100 derajat Celcius. Penyeduhannya pun tidak boleh terlalu lama, rata-rata hanya 2-3 menit per sajian. Untuk teh hijau, suhunya bisa lebih direndahkan. Suhu ideal untuk menyeduh teh hijau antara 80-90 derajat Celcius untuk mendapatkan manfaat antioksidan, aroma dan rasa yang maksimal.

2. Minum Dingin atau Panas?
Menurut pakar nutrisi Keri Glassman, teh hijau dingin maupun panas tetap merupakan minuman sehat. Namun es dalam minuman bisa mencair dan bercampur dengan air teh sehingga kepekatannya berkurang. Hal ini juga bisa mengurangi khasiat asli teh hijau. Maka untuk lebih memaksimalkan manfaatnya dalam menurunkan berat badan, sebaiknya teh hijau disajikan panas.

3. Tanpa Gula dan Perasa Tambahan
Anda bisa mengkonsumsi teh hijau tanpa diberi gula, namun jika kalian ingin menambahkan rasa manis maka kalian bisa menambahkan madu alami didalamnya.

D. Tips Memilih Produk Teh Hijau Yang Baik
Jika kalian ingin membeli produk teh hijau maka pilihlah produk yang memang benar-benar alami, karena pada beberapa kasus ada produk teh hijau yang didalamnya terdapat kandungan bahan kimia pestisida (pembasmi hama) yang dapat membahayakan kesehatan organ pencernaan.
1. Tips pertama
Teh berkualitas dapat diketahui dari wanginya. Jika sudah tak terlalu wangi berarti teh sudah lama.

2. Tips kedua
Kalau white tea (teh putih) warnanya harus putih, green tea (teh hijau) maka warnanya akan hijau. Sedangkan oolong tea, warnanya adalah perpaduan hijau dan putih. Apabila semuanya bewarna hitam, maka itu menandakan teh sudah lama disimpan dan sudah tak segar.

3. Tips ketiga
Kemudian lihat daun teh keringnya. Ada yang patah-patah tidak? Kalau patah-patah berarti itu diproses dan disimpan dengan cara yang buruk.

4. Tips keempat
Coba lihat daun teh yang sudah kering. Kalau misal ada tiga atau dua pucuk daun menempel berarti itu daun teh yang bagus. Pucuk daun teh yang menempel hanya dapat diambil dengan proses pemetikan tangan bukan dengan mesin. Tentu pemilahan langsung dengan tangan lebih jeli dan telaten dibanding mesin. Baca artikel sebelumnya: 10 Bahaya Memakai Sepatu Hak Tinggi Terlalu Lama.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar