Cara Membuat Masker Rambut Alami Untuk Rambut Kering

Membuat Masker Untuk Rambut Kering -Rambut kering adalah salah satu masalah rambut yang banyak dialami baik para wanita maupun pria, cuaca dan perawatan rambut digadang-gadang menjadi penyebab masalah rambut ini. Untuk mengatasi rambut kering kenali terlebih dahulu penyebabnya, kemudian lakukan perawatan yang benar guna mengembalikan kelembapan rambut.

Masker alami sering kali digunakan untuk terapi mengembalikan kelembapan dan kesehatan kulit, kandungan nutrisi dalam masker alami mampu menutri kembali baik kulit kepala dan rambut itu sendri.
A. Penyebab Rambut Kering
Berikut ini adalah beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan rambut kering dan terlihat kurang sehat.
1. Sampo
Ketika Anda salah menggunakan sampo, hal ini bisa berpengaruh buruk terhadap kondisi kesehatan kulit kepala maupun rambut. Kesalahan menggunakan sampo dipercaya bisa mendorong semakin rapuh dan keringnya rambut.

2. Hormon
Alat kontrasepsi, kehamilan, stres, dan menopause adalah beberapa hal yang bisa mempengaruhi hormon seseorang. Beberapa study menyebutkan bahwa, ketika hormon seseorang menurun atau berubah, hal ini bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan dan kecantikan termasuk kecantikan rambut.

3. Perawatan Rambut
Saat ini, meluruskan atau mengkriting rambut bisa dengan mudah dilakukan. Namun tahukah Anda? Ketika Anda memilih melakukan perawatan rambut dengan bahan kosmetik terlalu sering, hal ini justru bisa buat rambut mudah rapuh dan kering.

4. Cuaca
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa cuaca sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kecantikan rambut. Cuaca panas bisa membuat rambut menjadi rapuh dan kering.

5. Penyakit
Anoreksia juga bisa menyebabkan rambut kering. Hal ini karena tubuh kekurangan vitamin, mineral, dan nutrisi penting, termasuk rambut. Tak mendapat cukup nutrisi membuat rambut menjadi semakin kering.

B. Cara Merawat Rambut Kering
Setelah anda mengerti apa saja penyebab rambut menjadi kering, maka segeralah lakukan perawatan rambut yang benar guna mengembalikan kelembapan rambut anda.
1. Gunakan serum rambut
Serum rambut adalah teman baik bagi semua orang yang menghadapi masalah rambut statis. Oleskan serum rambut di sepanjang rambut Anda. Jangan biarkan bersentuhan dengan kulit kepala. Terapkan serum saat rambut Anda masih basah atau setengah kering.

2. Krim anti-frizz
Jika Anda memiliki rambut statis yang tidak dapat ditangani dengan tips dasar, cobalah krim rambut anti-keriting. Ini akan membantu untuk menahan semua berdiri rambut di tempat. Oleskan krim di atas daerah rawan yang paling statis rambut Anda, yang akan berasal dari tengah ke arah ujung.

3. Hati-hati memakai hair spray
Gunakan hair spray dengan kualitas terbaik atau Anda akan berakhir dengan rambut melayang. Pakai hair spray dalam jumlah yang terbatas, alkohol pada hair spray akan membuat rambut Anda kering.

4. Hindari pengering rambut
Menggunakan pengering rambut adalah salah satu alasan utama untuk rambut statis. Ide terbaik untuk mengeringkan rambut Anda untuk membiarkan kering alami. Ini akan membantu untuk mencegah pembentukan listrik statis pada rambut Anda.

5. Hindari keramas terlalu sering
Jika Anda bertanya-tanya bagaimana untuk menyingkirkan rambut statis, tahu bahwa lebih dari penggunaan shampo tidak akan pernah melakukan sesuatu yang baik untuk rambut Anda. Sebaliknya, itu akan membuat rambut Anda lebih dehidrasi dan statis. Hal ini dapat dianggap sebagai salah satu di antara cara yang efektif untuk menyingkirkan rambut statis.

6. Minyak pijat
Minyak pijat adalah salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan rambut statis. Jika Anda tidak tertarik menggunakan minyak di kulit kepala, gunakan pada perbatasan rambut kanan dan kiri. Ini adalah daerah di mana rambut Anda cenderung lebih statis karena dehidras

7. Gunakan kondisioner
Gunakan shampo dengan conditioner atau gunakan kondisioner setelah menerapkan shampo. Hal ini akan mencegah rambut dari menjadi terlalu kering dan statis.

8. Pakai Masker Alami
Cara terakhir yang terbilang cukup ampuh untuk atasi rambut kering adalah dengan memakai masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami, masker rambut ini biasanya terbuat dari bahan seperti alpukat,pisang, dan sebagainnya. Selain dapat mengembalikan kelembapan rambut, masker alami juga dapat menutrisi rambut.

D. Cara Membuat Masker Untuk Rambut Kering
Untuk kembalikan kelembapan rambut, menggunakan masker alami merupakan salah satu perawatan rambut yang paling cocok, selain murah untuk dibuat, masker alami juga tidak memberikan dampak negatif terhaap kesehatan rambut dalam jangka waktu yang panjang.
1. Masker Alpukat Dan Pisang
Haluskan 2 buah pisang dan 1/2 buah Alpukat dengan menggunakan food processor atau blender sampai benar-benar tercampur halus menjadi pasta. Aplikasikan masker rambut alpukat dan pisang tersebut ke seluruh bagian rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas rambut menggunakan air dingin hingga benar-benar bersih.

2. Masker Pisang Dan Minyak Zaitun
Untuk membuat masker rambut ini, Anda perlu menyiapkan 1 buah pisang dan 1 sdm minyak zaitun. Cara membuatnya Anda cukup campurkan kedua bahan hingga lembut dan tercampur rata. Kemudian, pijat kulit kepala Anda dengan menggunakan campuran tersebut. Gunakan masker ini merata dari pangkal hingga ujung rambut. Jepit rambut Anda, lalu kenakan shower cap. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas hingga bersih.

3. Masker Yogurt, Telur, Dan Mayonaise
Ramuan masker yang kedua bermanfaat mengatasi rambut yang susah diatur, patah-patah dan membuat rambut jadi lebih lembut.

Kocok 1 putih telur dengan kecepatan tinggi. Campurkan 200 ml yogurt dan 200 ml mayonaise kemudian aduk hingga merata. Aplikasikan pada rambut yang telah dibasahi. Tutup dengan shower cap atau plastik. Diamkan selama 30 menit. Keramas dengan shampo dan bilas hingga bersih dengan air dingin. Digunakan 1 kali saja dalam sebulan.

4. Masker Pisang Dan Madu
Kedua bahan ini sangat ampuh untuk memperbaiki kondisi kulit yang kering dan kusam. Dan manfaat yang sama juga bisa didapatkan oleh rambut Anda.

Buat masker rambut dari campuran tiga sendok madu dengan pisang matang, kemudian terapkan pada rambut Anda saat masih basah setelah dikeramas. Biarkan masker rambut selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air dingin. Baca artikel rambut lainnya: Cara Merawat Rambut Tipis Agar Tebal Secara Alami.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar