16 Penyebab Rambut Beruban Di Usia Remaja Dan Cara Alami Mengatasinya

Rambut Beruban Di Usia Dini - Rambut beruban pada remaja saat ini sudah sering kali kita melihatnya, tekanan pendidikan, stres, kondisi lingkungan yang buruk dipecara menjadi penyebab seseorang mengalami rambut beruban di suia dini.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai apa saja yang menjadi faktor utama remaja memiliki rambut beruban diusia dini, sekaligus bagaimana cara mengatasi rambut beruban dengan menggunakan bahan alami/ tradisional.
A. Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda
Jika anda memiliki rambut beruban maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menghindari beragam faktor penyebab rambut beruban, dengan begitu rambut putih tidak akan tubuh lagi di kulit kepala anda.
1. Defisiensi asam folat
Asam folat sangat penting bagi banyak proses tubuh. Kekurangan vitamin ini tidak hanya memperlambat pertumbuhan rambut Anda, tetapi juga dapat menyebabkan rambut Anda berubah abu-abu.

2. Menopause dini
Awal Wanita menopause yang menderita menopause dini beresiko beruban prematur dan mungkin memerlukan perhatian medis.

3. Ketidak seimbangan hormom
Perubahan hormonal sangat berkontribusi pada kondisi kulit dan rambut. Setiap perubahan hormonal besar dalam tubuh dalam kondisi seperti kehamilan atau penyakit tiroid dapat menyebabkan beruban prematur.

4. Mencuci rambut terlalu sering
Mineral air dan oksidan hadir dalam menyebabkan air keras rambut rontok; kering, kusam, tipis dan keriting rambut. Hal ini juga menyebabkan rambut beruban.

5. Pewarna rambut
Sering menggunakan pewarna rambut bisa merusak rambut. Bahan kimia hadir di dalamnya juga dapat merusak sel-sel melanin. Hal ini dapat menyebabkan rambut beruban prematur.

6. Kulit kepala kotor
Kulit kepala yang kotor dapat menjadi penyebab lain untuk prematur beruban rambut. Jika Anda tidak merawat rambut Anda, itu akan menjadi abu-abu. Ini adalah salah satu alasan uban bahwa Anda harus memastikan kulit kepala Anda bersih.

7. Memakai pengering rambut
Berlebihan menggunakan pengering listrik dan setrika rambut ini membuat batang rambut yang lemah. Panas yang dihasilkan oleh mereka dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan beruban di usia dini atau uban prematur.

8. Diet yang salah
Tidak memiliki diet seimbang berarti Anda kurang banyak nutrisi. Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan pasokan yang tepat dari vitamin dan mineral, hal ini menyebabkan tubuh tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk rambut beruban.

9. Stres
Stres dapat memiliki banyak efek berbahaya dan salah satunya adalah rambut rontok dan beruban prematur. Shock, sedih dan gelisah dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin, sehingga mengarah ke beruban prematur.

10. Etnis dan Gender
Menurut sebuah studi pada tahun 2011 lalu yang dilakukan para dokter kulit. Ternyata etnis juga dapat mempengaruhi bagaimana dan kapan rambut Anda berubah menajdi abu-abu. Rambut orang bule cenderung berubah pada pertengahan tiga puluhan, sementara orang asia biasanya berubah di akhir tigapuluh. Sementara Afrika-Amerika biasanya tidak akan tumbuh uban sampai berusia empat puluhan.

11. Junk food
Junk food adalah salah satu alasan uban di usia muda. Junk food atau makanan olahan mempercepat penuaan dengan mengurangi produksi melanin di rambut. Orang-orang yang sangat kecanduan junk food cenderung abu-abu rambut di usia muda.

12. Merokok
Merokok juga merupakan salah satu faktor yang bertanggung jawab untuk rambut beruban prematur. Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok dan radikal bebas menurunkan melanin, sehingga beruban rambut.

13. Kekurangan Vitamin C dan E
Jika tubuh menderita kekurangan Vitamin C dan E, maka rambut berubah abu-abu. Kekurangan dua vitamin tersebut dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin memproduksi dan dengan demikian menyebabkan rambut beruban.

14. Genetik
Alasan yang pertama adalah gen yang ada dalam diri Anda. Cepatnya pertumbuhan rambut putih sudah tersimpan dalam kromosom yang diwariskan orang tua ke anak. Artinya, apabila orang tua Anda memiliki masalah rambut beruban pada saat masih muda, maka kemungkinan besar masalah itu akan di turunkan kepada anak ataupun cucunya.

15. Kekurangan Vitamin B12
Defisiensi B12 Defisiensi telah dikaitkan dengan rambut beruban prematur. Vitamin B12, seng dan tembaga yang bertanggung jawab atas makanan rambut. Selalu sertakan makanan kaya vitamin B12 dalam diet Anda.

16. Penyakit tiroid
Salah satu alasan munculnya uban adalah penyakit tiroid. Tiroid yang terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menghasilkan beruban prematur. Jadi, periksalah kadar tiroid Anda.

B. Cara Mengatasi Rambut Beruban
Ingin hilangkan rambut beruban dengan cara tradisional? maka kalian bisa menggunakan ke lima bahan alami berikut ini untuk mengatasi rambut beruban. Bahan alami ini mengandung beragam nutrisi penting untuk rambut seperti lemak nabati, vitamin, mineral dan sebagainya.
1. Minyak Almond
Bahan alami yang kelima dan dipercaya bisa mencegah serta mengatasi masalah rambut beruban adalah minyak almond. Sama dengan minyak kelapa dan minyak wijen, di India minyak almond biasa dipakai untuk masker rambut atau minyak rambut setiap hari. Selain bisa cegah dan atasi rambut beruban, minyak almond juga akan membuat rambut menjadi makin lurus, mudah diatur dan berkilau.

2. Daun Saga
Bahan alami selanjutnya yang bisa bantu kamu mencegah dan mengatasi masalah rambut beruban adalah daun saga. Nutrisi dan kandungan vitamin yang ada di dalam daun saga dipercaya bisa membuat rambut awet hitam, tidak beruban dan lebih sehat. Cara memanfaatkan daun saga sendiri sangatlah mudah. Ambil segenggam daun saga, cuci bersih lalu rebus dengan sedikit air hingga mendidih. Saring dan gunakan airnya sebagai masker rambut. Diamkan kira-kira selama 15 menit lalu keramas seperti biasa. Lakukan cara ini setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Minyak Wijen
Selain minyak kelapa, minyak alami lain yang juga bisa dipakai untuk mencegah dan mengatasi masalah rambut beruban adalah minyak wijen. Pakai minyak wijen sebagai masker rambut sama seperti saat mengenakan minyak kelapa. Gunakan minyak wijen ini secara rutin setiap hari agar rambut tetap hitam, sehat dan lebat serta jauh dari masalah uban.

4. Minyak Kelapa
Sejak zaman dulu, minyak kelapa memang dikenal sangat baik untuk menjaga kehitaman rambut dan mencegah pertumbuhan uban. Gunakan minyak kelapa sebagai masker setiap hari agar rambut tetap hitam, lebat dan kuat. Agar hasil yang didapat semakin maksimal, pastikan untuk menggunakan minyak kelapa asli tanpa campuran apapun ya?

5. Teh Hitam
Bahan alami pertama yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan mengatasi masalah rambut beruban adalah teh hitam. Nutrisi pada teh hitam dipercaya bisa menjaga warna rambut dasar baik itu warna hitam, merah atau pirang. Cara memanfaatkan teh hitam sangat mudah. Rebus 2 sdm teh hitam sampai mendidih lalu saring dan dinginkan. Gunakan untuk masker rambut. Baca artikel menarik lainnya: Cara Membuat Masker Rambut Alami Untuk Rambut Kering.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar