Kenali Penyebab Utama Sakit Maag Dan Cara Mengobati

Penyebab Sakit Maag - Maag merupakan salah satu penyakit yang terjadi didalam pencernaan tubuh terutama bagian lambung, beragam faktor dapat menyebabkan penyakit ini muncul dan kambuh. Faktor kebiasaan makan digadang-gadang merupakan faktor utama seseorang terkena penyakit ini. Walaupun tidak pernah ada seseorang yang terkena maag meninggal, namun jangan anda sampingkan, karena beberapa penyakit dalam memiliki tanda dan gejala seperti penyakit maag.
A. Penyebab Sakit Maag
Penyebab sakit maag itu berawal dari kebiasaan pengaturan jam makan yang kurang baik disertai suka mengonsumsi makanan yang merangsang atau mengiritasi lambung. Terutama jika menunda makan pagi, makan siang, dan makan malam. Terkadang Anda menunda makan tersebut karena belum lapar, atau alasan pekerjaan.
1. Asam lambung yang berlebih
2. Terdapat mikroorganisme yang merugikan di dalam lambung
3. Makan makanan pedas
4. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
5. Minum minuman yang beralkohol
6. Pola tidur yang tidak teratur
7. Stress
8. Tidak mengunyah makanan dengan baik
9. Makan dengan porsi yang terlalu banyak
10. Terlalu sering telat makan
11. Sering makan dengan waktu yang tidak teratur

B. Jenis Penyakit Maag
Seperti dikutip dari situs wikipedia, Secara garis besar, ada 2 jenis penyakit maag, yakni:
1. Gastritits Kronis
Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.

2. Gastritis Akut
Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya.

Jenis penyakit maag yang dilihat berdasarkan tingkat keparahan, dibedakan menjadi:
1. Maag ringan
Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.

2. Maag sedang
Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.

3. Maag kronis
Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.

4. Kanker lambung
Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori.

C. Cara Mengobati Sakit Maag
Langkah pertama untuk mengobati penyakit maag adalah dengan mengisi perut terlebih dahulu dengan makanan ringan, kemudian dilanjutkan dengan meminum obat maag yang banyak dijual di toko-toko terdekat. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi keempat makanan alami berikut guna meringankan sakit maag anda.
1. Bawang Putih
Siapa yang menyangka jika bumbu dapur yang satu ini bisa digunakan sebagai obat dari sakit maag. Kandungan zat dalam bawang ini dapat membuat pencernaan tetap terjaga. Caranya adalah hancurkan bawang putih dan masukkan ke dalam gelas berisi air hangat. Konsumsi ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Kelapa
Kelapa ini juga bisa menghilangkan semua bakteri penyebab maag. Santan dan juga air kelapa dikenal sebagai penyembuh segala penyakit perut. Jika maag sedang kambuh cobalah untuk meminum santan atau air kelapa ini setiap hari selama seminggu untuk menenangkan usus dan lambung.

3. Pisang
Zat anti bakteri yang terkandung dalam buah pisang ini bisa menghentikan tumbuhnya bakteri penyebab maag. Pisang ini juga bisa menurunkan asam lambung yang menjadi penyebab utama maag ini. Bagi penderita maag bisa mengonsumsi minimal 3 buah pisang setiap harinya untuk mengatasi masalah penyakit maag ini. Anda juga bisa mengolahnya menjadi smoothie pisang yang lezat agar tidak merasa bosan Ladies.

4. Lidah Buaya
Di dalam lidah buaya, terdapat bahan bersifat pencahar yang disebut barbaloin, aloindan aloe-emodin yang juga mengandung sifat antiradang. Anda bisa membuat jus lidah buaya jika Anda tidak suka dalam bentuk utuh.

D. Tips Mencegah Dan Meringankan Sakit Maag
Bagi penderita sakit maag lakukan beberapa tips sederhana berikut ini untuk mencegah dan meringankan gejala sakit maag anda.
1. Makan sayur-sayuran segar, kacang, labu, kubis, wortel, dan daun bawang.
2. Jahe membantu pencernaan. Jadi, Anda bisa menambahkannya ke dalam masakan atau membuatnya jadi minuman.
3. Kunyahlah permen karet. Air liur yang dihasilkan membantu memindahkan makanan melalui esophagus dan mengurangi gejala sakit maag.
4. Merokok dan minum alkohol berlebihan akan meningkatkan keasaman lambung.
5. Lemon, pisang, almond, dan yogurt dikenal ampuh untuk menekan tingkat keasaman lambung.
6. Mengisap sepotong cengkeh merupakan obat yang efektif.
7. Rebus daun mint dan minum airnya setelah makan.
8. Cobalah untuk menghindari acar, makanan pedas, cuka, dan sebagainya.
9. Membuat interval waktu yang panjang antara waktu makan adalah salah satu penyebab meningkatnya keasaman lambung. Makanlah dalam porsi kecil tetapi teratur.
10. Minum segelas susu setiap hari.
11. Masukan pisang, semangka, dan mentimun dalam menu harian Anda. Jus semangka sangat bagus untuk menyembuhkan keasaman lambung.
12. Minum segelas air hangat setiap hari.
13. Hindari minuman bersoda dan kafein. Pilih teh herbal sebagai gantinya.

Meskipun sebagian besar sakit maag bisa ditangani tanpa perlu berkonsultasi kepada dokter, namun pemeriksaan dokter medis tetap perlu dilakukan jika sakit maag disertai dengan Anda menjadi sering muntah, Anda menjadi sulit menelan dan mengalami penurunan berat badan, serta jika Anda dan telah menginjak berusia 55 tahun ke atas. Baca juga: Pantangan Yang Harus Dihindari Penderita Penyakit Asam Urat.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar