Pengertian Omega-3, Manfaat Bagi Kesehatan, Dan Sumber Makanan

Omega 3 - Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak yang memiliki banyak peranan didalam tubuh, karena tubuh tidak dapat membuatnya maka anda perlu mendapatkan omega 3 melalui makanan yang mengandung banyak omega 3. Omega 3 bermanfaat dalam kesehatan otak dan saraf, untuk itu bagi seseorang yang sedang hamil dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi omega 3 maka diharapkan perkembangan otak janin dapat berjalan secara optimal.
A. Pengertian Omega 3
Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tidak jenuh yang sangat dibutuhkan tubuh. Sayangnya, tubuh tidak dapat menghasilkan sendiri jenis lemak ini sehingga kebutuhan akan lemak jenis ini harus didapatkan melalui asupan makanan. Para ahli gizi menyatakan bahwa tubuh membutuhkan sekitar 300 mg Omega 3 per harinya. Omega 3 sebagian besar dapat ditemukan pada ikan-ikanan seperti ikan Salmon, ikan Tuna, ikan air tawar, Makerel, Hering, ikan Tenggiri, dan ikan sarden (ikan Lemuru). Selain itu, Omega 3 dapat ditemukan pula pada makanan yang berasal dari tumbuhan seperti minyak dari Raps, kacang Kenari, Walnuts, Alpukat, Bayam, minyak Canola, dan kacang Kedelai.

B. Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan
Bila Anda rajin mengkonsumsi Omega-3 setiap hari dengan dosis yang tepat, maka banyak manfaat yang bisa Anda peroleh. Mulai dari perkembangan otak, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol tinggi, kesehatan mata, dan mengurangi depresi. Omega-3 juga sangat berguna untuk ibu hamil, pasalnya Omega-3 dapat membuat bayi terlahir lebih cerdas dan sehat, dan meningkatkan kualitas ASI.
1. Melindungi wanita dari kanker
British Journal of Cancer menemukan dalam penelitian terbaru bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 secara teratur bisa melindungi wanita dari kanker ovarium. Untuk itu, tak ada salahnya jika wanita mengonsumsi makanan yang kaya omega-3 untuk melindungi diri mereka dari penyakit berbahaya tersebut.

Itulah beberapa manfaat hebat yang dimiliki oleh omega-3 untuk kesehatan manusia. Jangan ragu lagi untuk mengonsumsi makanan yang kaya omega-3 dan memasukkannya dalam diet Anda setiap hari.

2. Memperbaiki otak lebih cepat
Bagi orang yang mengalami cedera pada otak bisa mendapatkan manfaat dari suplemen omega-3. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Plos One menunjukkan bahwa cedera otak akan memburuk jika seseorang kekurangan DHA. Mengonsumsi banyak DHA, yang merupakan turunan asam lemak omega-3, bisa memberikan pengaruh yang bermanfaat untuk membuat otak sembuh lebih cepat.

3. Mencegah Diabetic Retinopathy
Diabetic Retinopathy adalah salah satu komplikasi pada pembuluh darah dan penglihatan yang diakibatkan oleh diabetes. Mengonsumsi asam lemak omega-3 akan membantu menjaga fungsi retina secara normal dan mencegah peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen omega-2 bisa mencegah retinipathy dan memperlambat perkembangan penyakit tersebut.

Jika Anda terkena diabetes dan berisiko untuk terkena komplikasi ini, jangan diam saja. Konsumsi asam lemak omega-3 atau makanan yang kaya omega-3 untuk mencegah terjadinya komplikasi tersebut.

4. Mencegah kanker kulit
Mengonsumsi minyak ikan yang kaya omega-3 juga membantu melindungi kulit dari kanker, berdasarkan penelitian di The University of Manchester. hasil ini ditemukans etelah peneliti mengamati efek minyak ikan pada kesehatan kulit. Mereka menemukan bahwa orang yang rajin mengonsumsi minyak ikan kaya omega-3 memiliki ketahanan tubuh yang kuat terhadap radiasi matahari dan terlindungi dari kanker kulit.

5. Membuat otak lebih besar
Semakin tua, otak manusia semakin menyusut. Meski ini sebenernya hal yang wajar terjadi, namun penyusutan otak juga bisa menjadi pertanda penyakit serius seperti dementia atau Alzheimer yang menyerang ingatan seseorang. Penelitian mengungkap bahwa orang yang rajin mengonsumsi asam lemak omega-3 memiliki otak yang lebih besar saat tua.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology ini menunjukkan bahwa eningkatan volume otak berkaitan dengan konsumsi asam lemak omega-3 yang lebih banyak. Selain itu, omega-3 bisa memberikan manfaat membuat otak lebih muda hingga dua tahun.

C. Makanan Yang Banyak Mengandung Omega 3
Asam lemak omega-3 sangat penting bagi kesehatan kita. Bahkan sering disebut sebagai yang paling penting di antara asam-asam lemak lainnya karena memiliki efek anti peradangan dan anti penggumpalan darah. Asam lemak omega-3 juga baik bagi sistim saraf pusat dan otak. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung omega tiga dalam jumlah besar yang bisa anda masukkan dalam menu makan harian.
1. Walnut
Dibanding semua jenis kacang, walnut adalah yang paling banyak mengandung asam lemak omega-3. Walnut bisa menjadi salah satu camilan yang menyehatkan dan memberikan asupan omega-3 yang cukup untuk Anda.

2. Sarden
Ikan ini mengandung lebih banyak omega-3 per 3 ons porsinya , jika dibandingkan dengan salmon dan tuna. Selain itu sarden juga salah satu dari banyak makanan yang secara alami tinggi kandungan vitamin D.

3. Sayuran
Sayuran hijau pun dapat menjadi alternatif pilihan sumber omega-3 karena merupakan sumber ALA yang cukup baik. Kale, brussel sprout, bayam dan rumput laut merupakan beberapa di antaranya.

4. Telur ayam
Telur ayam juga mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dalam telur ayam akan semakin banyak jika ayam diberi nutrisi seperti minyak ikan, biji flax, atau lainnya. Dengan begitu, telur ayam akan semakin kaya omega-3.

5. Minyak biji flax
Minyak biji flax memang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Biji flaxseed kaya akan serat, namun asam lemak omega-3 hanya bisa didapatkan melalui minyak biji flax. Minyak lain yang juga mengandung omega tiga adalah minyak zaitun, minyak kanola, minyak walnut, dan minyak kedelai.

6. Salmon
Setiap satu porsi 3 ons ikan salmon, mengandung 700 hingga 1.800 miligram kandungan omega-3 yang baik untuk tubuh Anda.

7. Edamame
Edamame atau kedelai Jepang adalah salah satu makanan yang juga mengandung banyak omega-3. Edamame merupakan camilan yang menyehatkan dan sempurna. Karena tak hanya mengandung omega-3, edamame juga kaya serat dan protein.

8. Kacang-kacangan 
Kacang kedelai, edamame, tahu, dan bahkan produk fermentasi seperti tempe pun mengandung omega- 3. Kacang walnut, pecan, hazelnut, dan almond pun mengandung omega- 3. Jadi, para vegetarian pun masih memiliki makanan sumber omega-3.

9. Daging sapi yang makan rumput
Sapi yang diberi makan rumput saja, tanpa makanan lainnya bisa memiliki kualitas daging yang berbeda dengan sapi yang diberi makan selain rumput. Rumput sendiri sebenarnya merupakan salah satu tanaman yang banyak mengandung omega-3. Sehingga daging sapi yang mengonsumsi rumput saja juga bisa memberikan asupan omega-3 yang baik.

10. Makarel atlantik
Spesies ikan ini mengandung omega-3 yang baik untuk jantung dan akan memberikan 20 gram protein dalam setiap 3 ons porsi filletnya. Baca artikel nutrisi lainnya: 16+ Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi Untuk Pertumbuhan.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar