16+ Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi Untuk Pertumbuhan

Makanan Tinggi Kalsium - Mungkin kita sering mendengar istilah kalsium saat kita belajar di sekolah dasar, kalsium merupakan salah satu mineral penting yang diperlukan tubuh baik untuk anak dan orang dewasa. Kalsium sangat dibutuhkan terutama saat hamil karena janin dalam perut perlu kalsium dalam jumlah tinggi untuk dapat tumbuh secara normal.

Kekurangan mineral kalsium dapat berpengaruh besar terhadap kondisi tubuh, bagi anak kekurangan kalsium dapat membuat pertumbuhan tidak maksimal, sedangkan pada orang dewasa kekurangan kalsium dapat membuat sering sakit punggung, kram, tekanan darah tinggi, susah tidur, gigi mudah berlubang, dan tulang mudah retak.
A. Tentang Kalsium
Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang bisa ditemukan pada beragam makanan seperti susu, keju, tahu, tempe, bayam, brokoli, kacang-kacangan, dan ikan sarden. Zat ini sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi serta tulang. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh saraf, jantung, dan sistem pembekuan darah agar bisa berfungsi dengan baik.
Tabel kebutuhan kalsium

B. Kalsium Untuk Pertumbuhan
Kalsium sangat penting untuk mengembangkan massa otot, tulang, bahkan sistem saraf, yang hampir semuanya dibangun selama masa kanak-kanak dan remaja. Kekurangan kalsium dapat mengganggu pertumbuhan anak dan meningkatkan risiko osteoporosis di kemudian hari terutama untuk anak perempuan.

Kalsium memang sumber utama untuk membentuk tulang yang kuat, namun para vegetarian mungkin kekurangan sumber makanan untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Bagi Anda yang menjadi vegetarian, Anda bisa mendapatkan sumber kalsium dari suplemen kalsium sesuai dengan saran dokter atau mendapatkan kalsium dari buah dan sayur.

C. Manfaat Kalsium Untuk Orang Dewasa
Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun kalsium juga sangat di butuhkan oleh orang dewasa guna menjaga tubuh agar tetap sehat dan metabolisme tubuh tetap lancar.

1. Menyehatkan jantung
Sebuah penelitian menyebutkan kalau konsumsi kalsium juga menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Namun jangan sampai berlebihan jika mengonsumsinya karena kalsium justru bisa merusak jantung.

2. Melawan kanker
Antioksidan disebut sebagai senyawa yang ampuh menurunkan risiko kanker. Namun ternyata kalsium juga berperan dalam melawan kanker usus besar, ovarium, dan payudara.

3. Mengatasi nyeri haid
Khusus untuk wanita, mengonsumsi kalsium ketika haid adalah cara ampuh untuk mengatasi nyeri di bagian perut. Jadi coba minum susu jika setiap bulan Anda para wanita mengalami nyeri haid.

4. Melangsingkan tubuh
Kalsium punya efek tertentu terhadap metabolisme tubuh. Sebab kalsium berperan dalam memaksimalkan pembakaran lemak daripada menyimpannya. Sehingga kalsium bisa dibilang sebagai nutrisi yang melangsingkan tubuh.

5. Mencegah osteoporosis
Karena kalsium berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, konsumsi makanan kaya kalsium tentu mampu mencegah penyakit osteoporosis atau tulang keropos.

D. Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi
Untuk mendapatkan kalsium cukup yang dibutuhkan oleh tubuh anda bisa mendapatkannya dari makanan yang tinggi akan kalsium, berikut ini adalah 30 jenis makanan yang tinggi akan kalsium yang bisa anda masukkan dalam menu makanan harian:
1. Sayur berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau adalah salah satu makanan tinggi kalsium. Sekedar informasi, satu ikat sayuran berdaun hijau mengandung 336 mg.

2. Keju
Satu potong dadu keju memiliki kandungan kalsium hingga 951 mg.

3. Yogurt
yogurt adalah produk susu yang mengandung bakteri sehat untuk usus. Yogurt juga memiliki kandungan kalsium hingga 400 mg, sehingga bagus untuk tulang.

4. Tahu
Kandungan kalsium: 434 miligram per setengah cangkir. Tahu adalah sumber protein nabati. Bahan makanan ini enak jika ditumis, atau direbus dengan bumbu dan sayuran.

5. Buah tin
Satu mangkok buah tin memilik kandungan 242 mg kalsium. Selain bagus untuk tulang, buah tin menjaga kinerja jantung.

6. Okra
Kandungan kalsium: 82 miligram dalam satu cangkir. Okra mengandung serat larut air yang ampuh melawan sembelit, serta vitamin B6 dan folat.

7. Almond
Satu mangkuk almond mengandung 457 mg kalsium. Almond juga kaya akan kandungan protein. Jenis kacang ini juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Juga, almond merupakan sumber yang luar biasa untuk meningkatkan memori Anda.

8. Sarden
Kandungan kalsium: 351 miligram dalam per 3,75 onsnya. Selain kalsium, sarden juga sarat vitamin B-12, yang merupakan nutrisi penting untuk otak dan kesehatan sistem saraf.

9. Susu kedelai
kandungan kalsium pada satu gelas susu kedelai yaitu 60 mg. Susu kedelai juga kaya akan vitamin D.

10. Bok Choy
Kandungan kalsium: 74 miligram per cangkir. Secangkir bok choy hanya mrngandung sembilan kalori. Bok Choy juga merupakan sumber vitamin A, vitamin C, dan kalium.

11. Ikan sarden
Sarden merupakan salah satu asupan makanan yang banyak mengandung kalsium dibanding susu. Satu mangkuk sarden mengandung kalsium hingga 569 mg.

12. Edamame
Kandungan kalsium: 98 miligram dalam cangkir. Edamame telah dimakan di China dan Jepang selama ribuan tahun. Edamame mengandung sembilan jenis asam amino esensial dan delapan gram serat perporsinya.

13. Jeruk
Jeruk adalah buah yang terkenal akan kandungan vitamin C. Ajaibnya, jeruk juga mengandung vitamin D, kandungan yang berfungsi untuk menyerap kalsium. Selain itu, kandungan kalsium pada jeruk juga lumayan banyak. Kira-kira, satu buah jeruk ukuran medium mengandung 60 mg kalsium.

14. Kale
Kandungan kalsium: 101 miligram dalam satu cangkir

15. Susu
Satu gelas mengandung 280 mg kalsium. Susu merupakan salah satu asupan makanan yang luar biasa untuk membangun tulang.

16. Brokoli
Kandungan kalsium: 86 miligram dalam dua cangkir, elain kalsium, sayuran ini mengandung hampir vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk.

Hampir semua jenis bahan pangan sehari-hari, baik nabati maupun hewani, sebetulnya mengandung kalsium dalam jumlah kecil. Bahkan air mineral yang kita minum sehari-hari (yang bisanya berasal dari pegunungan) pun mengandung kalsium dalam jumlah kecil. Baca juga: Pengertian Asam Folat, Manfaat, Dan Sumber Makanan

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar