Pengertian Asam Folat, Manfaat, Dan Sumber Makanan

RumahJerawat -Sering kali kita mendengar bahwa saat hamil harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat, bahkan banyak sekali susu khusus untuk ibu hamil yang mencantumkan kandungan asam folat didalamnya. Namun tahukah anda apa sih asam folat itu? kenapa asam folat sangat penting selama masa kehamilan, berikut penjelasan lengkap tentang asam folat, manfaat, makanan sumber asam folat, dan bahaya yang ditumbulkan jika ibu hamil kelebihan dan kekurang asam folat.
A. Pengertian Asam Folat
Asam folat atau Vitamin B9 adalah sebuah vitamin yang dapat larut dalam air. Vitamin B9 sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh mulai dari sintesis nukleotid ke remetilasi homoSistein. Vitamin ini terutama penting pada period pembelahan dan pertumbuhan sel. Anak-anak dan orang dewasa memerlukan asam folat untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. Folat dan asam folat mendapatkan namanya dari kata latin folium (daun).

B. Manfaat Asam Folat
Ternyata asam folat/ Vitamin B9 memiliki peranan yang sangat besar didalam tubuh kita terutama bagi wanita yang sedang menjalani progam kehamilan.
1. Mencegah Beragam Penyakit
Seperti dikutip dari situs vemale.com: banyak ahli meyakini penggunaan asam folat juga efektif untuk mencegah kanker usus besar atau kanker serviks, mencegah penyakit jantung dan stroke, mengurangi kadar homosistein, membantu mengatasi masalah gangguan daya ingat seperti penyakit Alzheimer, gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia, mengurangi tanda-tanda penuaan, osteoporosis, gangguan tidur, depresi, nyeri saraf, nyeri otot bahkan penelitian juga menunjukkan vitamin ini bermanfaat untuk terapi bagi penderita AIDS.

2. Mencegah bayi terlahir cacat
Pembentukan saraf pusat sudah dilakukan sejak awal manusia dibentuk dalam kandungan. Asam folat sangat berpengaruh untuk mencegah terjadinya kecacatan pada otak (anensefali) ataupun gangguan susunan saraf pusat (spina bifida). Nutrisi ini juga  berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA dan fondasi sel-sel tubuh yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin. Jadi, ibu hamil  membutuhkan lebih banyak asupan asam folat untuk menghindari bayi terlahir dalam keadaan cacat.

3. Mencegah Anemia
Salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, maka produksi sel darah merah akan selalu di bawah normal sehingga Anda mudah mengidap anemia.

4. Proses pembentukan sel-sel tubuh 
Asam folat berkolaborasi dengan vitamin B12 dan vitamin C untuk membantu tubuh dalam memecah, menggunakan, sekaligus membentuk protein baru.  Senyawa  protein ini akan membantu pembentukan sel darah merah dan memproduksi DNA, membangun fondasi dasar tubuh yang membawa informasi genetik seseorang. Selain memproduksi DNA, asam folat juga berperan dalam memperbaiki DNA dan RNA. Asam folat juga berperan dalam membantu pembelahan dan pertumbuhan sel yang cepat.

C. Makanan Sumber Asam Folat
Apabila anda ini mendapatkan asupan asam folat yang cukup, berikut ebebrapa daftar makanan yang tinggi asam folat yang dapat ditambahkan dalam menu diet harian anda.
1. Alpukat 
Alpukat yang seringkali dikonsumsi dalam bentuk jus, selain rasanya yang enak ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung asam folat sebanyak 90 mcg percangkirnya. Selain itu, alpukat juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan, dan merupakan sumber vitamin K dan asam lemak.

2. Pisang 
Pisang merupakan sumber dari banyak vitamin esensial dan mineral, termasuk asam folat. Asam folat ditemukan secara alami dalam buah pisang ini yang dikenal sebagai folat. Pisang memang bukan sumber asam folat yang utama, tetapi dianggap sebagai sumber yang baik. Satu pisang ukuran sedang mengandung 24 mcg asam folat, atau 6 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Mengonsumsi lebih dari satu buah pisang setiap hari akan menyediakan sumber asam folat yang signifikan. Selain itu, pisang merupakan sumber vitamin B, vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, mineral penting kalium dan lainnya.

3. Jagung
Jagung mengandung banyak asam folat. Jagung menyediakan hampir 20% dari kebutuhan asam folat harian Anda. Hindari membeli jagung dalam kaleng. Pilihlah jagung yang segar.

4. Kubis atau Kol 
Kandungan asam folat dalam kubis atau kol lebih tinggi dibandig brokoli, yakni dalam setiap 100 gram kubis mengandung 97 mikrogram asam folat.

5. Brokoli 
Brokoli juga merupakan sayuran yang sering kita temukan, namun tahukah anda dalam 100 gram brokoli mengadung 70 mikrogram asam folat, memang jumlahnya tak begitu banyak tapi cukup lumayan sebagai sumber alternatif.

6. Bayam 
Sayuran berdaun hijau yang satu ini sangat mudah kita temukan di pasar sayuran, bayam yang terkenal kaya akan zat besi ini juga merupakan sumber asam folat yang baik. National Institutes of Health mencatat bahwa 1/2 cangkir bayam mengandung 100 mcg asam folat.

7. Buah sitrus
Banyak buah-buahan yang mengandung asam folat, tetapi buah sitrus berada di peringkat tertinggi. Buah sitrus merupakan sumber asam folat. Satu jeruk mengandung sekitar 50 mcg, dan segelas besar jus jeruk berisi lebih banyak asam folat. Buah kaya folat lainnya termasuk pepaya, jeruk, anggur, pisang, melon dan stroberi.

D. Jumlah Asam Folat Yang Dibutuhkan Tubuh
Jumlah asam folat yang butuhkan tubuh yakni sebagai berikut:
1. Jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil, ambillah 0.4mg (400 mikrogram) suplemen asam folat setiap hari dari saat Anda berhenti menggunakan kontrasepsi sampai 12 minggu kehamilan.
2. Untuk balita dan anak-anak membutuhkan 100-150 mcg asam folat setiap hari.
3. Untuk remaja dan dewasa membutuhkan asam folat 150-350 mcg setiap hari.
4. Jika Anda memiliki riwayat keluarga spina bifida (dikenal sebagai cacat tabung saraf), Anda mungkin perlu mengambil 5mg asam folat setiap hari sampai 12 minggu kehamilan. Biasanya akan diresepkan oleh dokter jika anda berkonsultasi terlebih dahulu.

E. Bahaya Kekurangan Asam Folat Bagi Ibu Hamil
1. Menurut penelitian, asam folat mungkin bisa menurunkan risiko kamu mengalami keguguran, bayi lahir prematur, atau bayi lahir dengan berat rendah.
2. Asupan ini penting untuk pertumbuhan sel yang cepat dari plasenta dan perkembangan bayi dalam kandungan, termasuk membantu memproduksi, memperbaiki, dan menjalankan fungsi DNA pada bayi.
3. Asam folat dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang dapat mencegah kamu mengalami anemia. Kondisi tersebut bisa membuat kamu merasa lelah, lemas, pusing, atau kehilangan selera makan yang pastinya tidak baik bagi janin.
4. Mungkin bisa menurunkan risiko terkena preeklamsia, sebuah kondisi yang bisa mengancam jiwa kamu dan juga bayi dalam kandungan.
5. Mencegah bayi lahir cacat seperti cacat tabung saraf, sebuah cacat lahir serius yang menyerang otak dan sumsung tulang belakang. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa asam folat mungkin dapat mengurangi risiko bayi lahir dengan kondisi  bibir sumbing atau cacat jantung.

F. Bahaya Kelebihan Asam Folat Bagi Ibu Hamil
Belum jelas apakah dengan mengkonsumsi asam folat secara berlebih dapat mengganggu kesehatan ibu hamil, namun sebuah penelitian mengatakan bahwa, para perempuan yang memiliki kadar (asam folat) jauh lebih tinggi daripada asupan folat atau vitamin B9 yang disarankan, cenderung memiliki anak yang kelak didiagnosa dengan autisme," ungkap Daniele Fallin, profesor dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore. Baca juga: Apa Itu Chemical Peeling? Manfaat Dan Bahaya Untuk Wajah.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar