10 Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat Dan Alami Tanpa Efek Samping

Mengobati Sariawan - Semua orang pasti pernah menderita sakit sariawan terutama saat masih kecil, sariawan yang menganggu dapat mempengaruhi nafsu makan dan mood kita saat bicara atau beraktifitas lainnya. Banyak faktor yang mempengaruhi anda memiliki sariawan, mulai dari kekurangan gizi tertentu sampai karena adanya perubahan hormon didalam tubuh.

Beragam cara bisa anda coba untuk hilangkan sariawan, anda bisa menggunakan obat yang memang khusus untuk sembuhkan sariawan atau menggunakan bahan-bahan alami seperti garam, susu, dan sebagainnya.
A. Penyebab Sariawan
Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab sariawan, akan tetapi terdapat banyak faktor yang mungkin berkontribusi terhadap timbulnya sariawan di mulut, seperti infeksi bakteri atau virus, konsumsi obat-obatan tertentu, kekurangan gizi, stres, kurang tidur, trauma pada mulut, penurunan berat badan yang mendadak, dan makanan tertentu seperti kopi, cokelat, keju, kentang, dan kacang-kacangan. Sariawan ini juga dapat disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menurun akibat penyakit pilek atau flu, perubahan hormonal, atau kekurangan vitamin B12 dan asam folat. Selain itu faktor berikut ini juga berpengaruh terhadap munculnya sariawan di mulut anda:
1. Menjalani kemoterapi dan radioterapi.
2. Merokok.
3. Perubahan hormon saat hamil.
4. Memiliki penyakit atau kondisi kesehatan yang rentan mengalami sariawan, seperti HIV/AIDS, kanker, diabetes, atau infeksi.
5. Pada beberapa orang yang memiliki riwayat alergi, alergi makanan juga dapat memicu timbulnya sariawan. 
6. Penggunaan gigi palsu dengan ukuran tidak pas atau yang tidak dibersihkan secara teratur.
7. Pada beberapa orang, dapat disebabkan oleh stres.
8. Penggunaan antibiotik dalam jangka waktu lama dan dosis tinggi, seta kortikosteroid untuk penderita asma.
9. Trauma fisik seperti tergigit, terkena sikat gigi, luka karena makanan atau pada pasien yang menggunakan kawat gigi.  

B. Tanda Dan Gejala Sariawan
Beberapa gejala sariawan yang kerap muncul adalah sebagai berikut:
1. Rasa tidak nyaman di dalam mulut.
2. Luka yang cukup parah hingga menyebabkan sulit makan atau menelan.
3. Sensasi terbakar pada mulut.
4. Luka berwarna putih yang biasa muncul di lidah atau dinding mulut.
5. Rasa perih saat tersentuh oleh makanan dan minuman.
6. Pada beberapa kasus penderita sariawan mengalami meriang.

C. Cara Cepat Mengobati Sariawan
Saat sariawan mungkin akan muncul 1-3 luka di dalam mulut maupun di bibir, dan jika anda mengalami sariawan dalam jumlah dari itu maka segeralah periksakan pada dokter karena ditakutkan anda sedang menderita sebuah penyakit tertentu. Berikut tiga cara utama yang paling digunakan untuk mengobati sariawan dan terbukti cepat atasi sariawan:
1. Non-farmakologis (bukan obat)
Yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut, meminimalisasi stres, tidak merokok, menghindari rasa lelah yang berlebihan, dan menghindari trauma fisik.

2. Farmakologis (dengan obat)
Terdiri dari pengobatan topikal (langsung dioles pada sariawan) dan non-topikal. Anda dapat membeli obat sarian di apotek dengan beragam merek.

3. Suportif
Berupa memperbanyak asupan makanan, khususnya yang mengandung vitamin B12 dan zat besi seperti sayur-sayuran.

D. Cara Mengobati Sariawan Secara Alami
Sariawan ini biasanya bisa sembuh dalam beberapa hari, namun untuk mempercepat penyembuhannya Anda bisa mencoba beberapa bahan alami berikut seperti yang dilansir oleh merdeka.com:
1. Obati sariawan dengan tomat
Kamu doyan makan tomat? Well, tempatkan tomat di atas luka sariawan. Kandungan bahan alami di dalamnya bisa menyembuhkan sariawan dengan lebih cepat.

2. Obati sariawan dengan susu
Minum susu juga sangat efektif untuk mengobati sariawan dan meringankan rasa sakitnya.

3. Obati sariawan dengan bawang merah
Oleskan bawang merah mentah atau es batu di atas luka sariawan. Tindakan ini terbukti bisa menyembuhkan sariawan secara cepat.

4. Minum vitamin
Perbanyak konsumsi vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat yang juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah dan menyembuhkan luka sariawan.

5. Obati sariawan dengan kiwi
Makan kiwi, minum jus lidah buaya, atau berkumur dengan air garam yang hangat sangat membantu untuk menyembuhkan sariawan.

6. Obati sariawan dengan menghindari stress
Tekanan psikologis dan gangguan hormonal bisa menyebabkan sariawan. Nah, agar kamu bisa sembuh dari sariawan, maka kamu harus belajar untuk mengelola stresmu.

7. Berkumur dengan air garam
Berkumurlah dengan air hangat yang telah dicampur garam tiga kali sehari untuk menyembuhkan luka sariawan.

8. Perbanyak minum air
Air akan membantu mengeluarkan racun dan zat sisa di dalam tubuh. Minum air juga membantu menyembuhkan infeksi sariawan pada rongga mulut dan menjaga tubuh dari dehidrasi.

9. Obati sariawan dengan makanan bernutrisi.
Saat kamu sariawan, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti seng, asam folat, zat besi, atau vitamin B12. Nutrisi tersebut mampu membantumu menghilangkan atau menyembuhkan luka karena sariawan.

10. Minyak jarak
Minyak jarang mengandung anti kuman yang baik dan bisa menyembuhkan infeksi. Tuang 2 sendok makan dan campur dengan air atau susu lalu bisa dibuat kumur atau diminum langsung. Dioles ke sariawan langsung juga bisa. Baca juga artikel kesehatan lainnya:  Cara Meredakan Batuk Kering Dengan Ramuan Alami.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar