Cara Meredakan Batuk Kering Dengan Ramuan Alami

RumahJerawat - Penyakit batuk merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh kebanyakan orang setelah penyakit flu, batuk umumnya mudah terjadi saat musim panas dimana debu dan kotoran mudah terbawa oleh hembusan angin.

Batuk kering meruapakan salah satu jenis batuk yang sering kali sangat mengganggu terutama jika terjadi saat malam hari mau tidur, batuk jenis ini lebih lama untuk sembuh dibandingkan dengan batuk berdahak, pengobatan paling efektif untuk mengobati jenis batuk ini adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan serta melakukan pijat tubuh agar otot tubuh yang tegang bisa rileks.
A. Penyebab Batuk Kering
Ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan anda terkena batuk kering, mulai dari terkena penyakit, efek obat, sampai terjadi adanya infeksi pada saluran pernafasan.
1. Tanda penyakit
Penyebab dari batuk kering adalah tanda penyakit seperti kanker, asma, pneumonia, gagal jantung, sampai radang paru-paru. Biasanya batuk kering juga diikuti dengan berbagai gejala lain seperti napas pendek, pandangan kabur, tubuh membengkak, dan kondisi mengkhawatirkan lainnya.

2. Refluks asam
Ketika makan makanan pedas, jumlah asam lambung biasanya meningkat. Bahkan pada beberapa kasus, asam mengalami refluks atau naik ke tenggorokan. Itulah salah satu penyebab dari batuk kering.

3. Postnasal drip
Jika Anda mengalami batuk (basah atau kering) yang telah berlangsung selama delapan minggu atau lebih, bisa jadi itu adalah postnasal drip kronis.

Postnasal drip adalah kondisi di mana lendir terakumulasi di dalam sinus dan masuk ke bagian belakang tenggorokan, menciptakan sensasi menggelitik sehingga memicu batuk. Tidak ada tes yang dapat memastikan kondisi postnasal drip.

4. Efek samping obat
Penyebab lain dari batuk kering adalah akibat efek samping obat-obatan yang dikonsumsi. Sifat dari beberapa obat (salah satunya untuk mengontrol tekanan darah) memang bisa memicu batuk kering.

5. Reaksi alergi
Batuk kering juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi. Biasanya batuk diikuti dengan kondisi tenggorokan gatal, dan mata yang memerah atau iritasi. Coba temukan pemicu alergi jika ingin menghentikan batuk kering yang dialami.

6. Infeksi pernapasan
Jika menderita infeksi pernapasan, biasanya seseorang akan mengalami batuk kering. Kondisi tersebut pun bisa berlangsung selama dua minggu lebih. Jika sakit berlanjut, konsultasi dengan dokter sangat dianjurkan.

B. Jenis Batuk kering Dan Karakteristiknya
Untuk membedakan jenis batuk kering anda biasanya dapat melihat dari suara penderita saat batuk.
1. Batuk rejan 
Disebut juga dengan batuk 100 hari atau pertusis, yang disebabkan oleh bakteri. Saat ini kejadiannya sangat jarang karena adanya program imunisasi (DPT) yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia. Kondisi ini biasanya hanya terlihat pada anak-anak. Ini adalah batuk di mana pasien batuk

2. Batuk menggonggong atau croup 
Batuk yang begitu gigih dan sampai-sampai suaranya mirip dengan lolongan anjing, terutama terlihat pada penyakit laringitis (Pembengkakan atau infeksi pita suara). Ketika pasien batuk, ada rasa sakit di tenggorokan dan kesulitan bernafas.

3. Batuk kering biasa 
Paling sering disebabkan oleh infeksi virus dari hidung dan tenggorokan. Di mana Anda akan mengalami batuk terus menerus dengan perasaan ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan. Biasanya akan sembuh dalam 1 atau 2 minggu.

C. Cara Cepat Mengobati Batuk Kering
Cara ampuh dan paling cepat untuk atasi batuk kering adalah dengan mengkonsumsi obat dengan kandungan ambroxol didalamnya, obat dengan kandungan bahan kimia tersebut dapat secara efektif mengobati batuk dengan cara mengencerkan dan menghambat produksi dahak berlebih penyebab batuk. Pergilah kedokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat jika batuk yang anda alami tidak  kunjung sembuh.

D. Cara Alami Menghilangkan Batuk Kering
Pengobatan alami atau tradisional biasanya lebih banyak dipilih masyarakat karena saat dalam kondisi mendesak dan anda mengalami batuk maka pengobatan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami ini mampu menenangkan tenggorokan dan mengencerkan dahak, namun untuk pengobatan lebih lanjut diperlukan obat yang memang diperuntukkan untuk jenis batuk kering.
1. Kunyit dan lada hitam
Rebus setengah cangkir air dan tambahkan satu sendok teh kunyit, satu sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok teh bubuk lada hitam. Campur semua bahan dan minum ramuan ini tiga kali sehari untuk meredakan batuk.

2. Lemon
Campurkan satu sendok makan air lemon dengan satu sendok teh madu dan minum berkali-kali sehari untuk meredakan batuk. Lemon mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Bawang merah
Anda bisa menggunakan irisan bawang merah untuk meredakan batuk. Anda juga dapat membuat jus bawang merah dan mencampurnya dengan madu untuk meringankan batuk kering.

4. Susu dan madu
Untuk mengatasi batuk kering, campurkan satu sendok makan madu dalam segelas susu hangat. Anda bisa meminumnya sekali sehari atau sewaktu hendak tidur. Susu madu juga dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan peradangan.

5. Almond dan madu
Rendam segenggam almond semalaman dan kupas kulit almond di pagi hari. Kemudian tumbuh sampai halus dan campurkan dengan satu sendok madu. Anda bisa mengonsumsinya dua kali sehari.

6. Jahe
Jika Anda menderita batuk kering, Anda bisa mencoba ramuan jahe. Potong jahe tipis-tipis dan kemudian haluskan. Rebus jahe dalam air selama satu jam. Tambahkan sedikit gula untuk meningkatkan rasa dan minum ramuan ini dua kali sehari. Baca: Cara Cepat Memanjangkan Rambut Tanpa Efek Samping.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar