4 Cara Menghilangkan Noda Tinta Di Baju Dengan Mudah

RumahJerawat - Saat kita kerja dikantor atau sedang belajar di sekolah yang namanya baju terkena tinta sudah hal yang wajar, baik tinta dari bolpoin atau tinta dari spidol  bisa dengan mudahnya mengotori baju kita terutma bagian saku jika kita tidak hati-hati. Dan yang membuat anda lebih tidak tenang jika baru yang terkena tinta adalah baju yang berwarna putih.

Untuk menghilangkan noda tinta merupakan hal gampang-gampang sulit, kadang noda dengan mudahnya hilang saat dicuci, dan kadang nota tinta tersebut sulit untuk dihilangkan. Pada artikel ini kita akan bahas mengenai bragam cara yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan noda tinta membandel di baju anda.
A. Penanganan Pertama Saat Baju Terkena Tinta Basah
Noda tinta paling sering menimpa baju para pekerja dan anak sekolah. Pena yang bocor dan menetes ke baju Anda sering membuat Anda dibuat kesal. Diperlukan penanganan dini agar noda tinta yang mengotori baju anda tidak semakin parah.
1. Pakai Tisu
Apabila baju yang dipakai terkena noda tinta, langsung ambil tisu dan tempelkan ke bagian baju yang terkena noda tinta. Biarkan noda itu meresap ke dalam tisu. Dalam hal ini, tisu berguna sebagai media untuk menyerap noda.

2. Lapisi Bagian Dalam
Setelah itu lapisi bagian bawah baju yang bernoda dengan kain bersih. Lapisan tambahan ini berfungsi untuk menghambat rembesan noda ini ke bagian lainnya.

Dua langkah diatas perlu anda lakukan jika baju anda terkena tinta dan anda sedang sibuk kerja sehingga belum sempat menangani baju yang terkena tinta basah secara maksimal.

B. Cara Menghilangkan Noda Tinta Yang Sudah Kering
Empat cara berikut sudah terbukti dan bisa anda bisa praktekkan dirumah.
1. Hairspray
Jika baju sudah terkena noda tinta dan sampai mengering, cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan hair spray. Lapisi bagian baju yang terkena noda dengan tisu, kemudian semprotkan hairspray di bagian tersebut. Kandungan di hair spray bisa membuat tinta larut dan anda bisa langsung mencucinya.

2. Alkohol
Selain mencoba hairspray Mommy juga bisa mencoba mengoleskan alkohol. Alkohol ini merupakan pembersih noda tinta yang ampuh karena mampu menghancurkan kandungan minyak di dalam tinta permanen.

3. Glisrin
Oleskan gliserin (bisa didapatkan di apotek) dengan menggunakan kapas ke bagian yang terkena noda. Gosok gliserin dengan lembut ke baju agar noda ini hilang.

4. Susu Putih
Langkah pertama adalah dengan memberi air pada noda tetapi jangan disikat. Menyikat noda tinta adalah pilihan yang buruk karena noda tinta akan menyebar. Setelah itu, siapkan kapas atau busa lalu beri  susu putih cair. Pantul-pantulkan kapas atau busa pada noda di pakaian Anda hingga noda hilang. Lalu cuci seperti biasa.

C. Cara Menghilangkan Noda Tinta Berdasarkan Jenis Tinta
Berikut berberapa cara menghilangkan noda tinda dilihat dari jenis tinta yang mengotori baju anda.
1. Noda Bolpoin
Jika tinta yang berbasis air akan mudah hilang dan tinta permanen hampir tidak mungkin benar-benar dapat hilang, maka untuk tinta bolpoin tingkat kesulitannya berada di tengah-tengah. Untuk menghilangkan noda bolpoin taruh bagian bernoda di atas kain kering yang bersih, semprotkan alkohol pada noda, lalu tekan lagi dengan kain bersih. Setelah proses selesai, cuci pakaian Anda sampai benar-benar bersih. Disarankan untuk menggunakan air panas.

2. Noda Tinta Permanen
Untuk tinta permanen, ini jenis noda yang paling sulit untuk dihilangkan. Apalagi untuk kain putih. Metode berikut setidaknya akan membantu untuk agak memudarkan noda. Langkah pertama, cobalah untuk menggunakan alkohol. Letakkan bagian bernoda di atas kain atau handuk kering yang bersih, lalu semprotkan alkohol. Perlahan kain di bawah akan basah dan noda tinta akan terserap.

Yang perlu diperhatikan, sebaiknya hindari bagian tidak bernoda terkena alas handuk untuk menghindari noda terpapar pada bagian lain. Saat mencuci pastikan Anda membilas dengan bersih, jangan sampai alkohol masih melekat pada pakaian.

Saran berikutnya, jika alkohol tidak bekerja dengan baik, cobalah gunakan pembersih cat kuku. Peringatan, hal ini agak sulit diterapkan, ada kemungkinan justru akan merusak kain. Jadi, sebelum langsung diterapkan, sebaiknya Anda melakukan sedikit pengujian terlebih dahulu pada bagian tersembunyi pada pakaian. Untuk metode membersihkan sama dengan yang menggunakan alkohol.

3. Noda Tinta Berbasis Air
Dari sekian jenis tinta, noda tinta berbasis air lumayan mudah dihilangkan. Tinta berbasis air biasa digunakan untuk mesin percetakan, seperti mesin printing untuk tekstil, ada juga yang digunakan untuk spidol. Bila pakaian Anda terkena noda tinta berbasis air, metode terbaik untuk membersihkannya adalah, letakkan pakaian bernoda di atas handuk atau kain kering yang bersih. Semprot bagian bernoda dengan air lalu tekan dengan kain atau handuk bersih lainnya.

Dianjurkan saat mencuci Anda menggunakan air yang benar-benar panas. Selain itu, saat akan dikeringkan, pastikan baju sudah bersih dari paparan alkohol. Perlahan noda tinta akan terserap dan tertransfer ke handuk kering. Semprotkan juga sedikit deterjen cair pada noda. Biarkan pakaian terhimpit di antara handuk selama 3-5 menit.

Selepas itu, jika pakaian Anda terbuat dari bahan khusus layaknya sutra, cuci pakaian seperti biasa. Jika masih ada bekas noda terlihat, maka ulangi lagi metode di atas, sampai noda tinta benar-benar menghilang. Baca artikel keren lainnya: Cara Meredakan Batuk Kering Dengan Ramuan Alami.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar