Cara Cepat Memanjangkan Rambut Tanpa Efek Samping

RumahJerawat - Tidak jarang seseorang yang baru melakukan potong rambut menjadi pendek menyesal akan keputusannya tersebut, dan berharap rambutnya dapat tumbuh dengan cepat. Rambut dikepala untuk dapat tumbuh dan cepat panjang bukanlah hal yang dapat diraih dalam 1-2 hari, perlu waktu lama sekitar 1-2 bulan agar rambut baru kelihatan agak panjang. Namun untuk mempercepat pertumbuhan rambut anda bisa melakukan beberapa cara perawatan sederhana yang pastinya tidak akan berdampak buruk pada kesehatan rambut anda.
A. Tentang Pertumbuhan Rambut
Dilansir LiveScience.com, sebuah studi pada 2005 di International Journal of Dermatology menemukan perbedaan ras meningkatkan pertumbuhan rambut. Rambut orang Asia tumbuh lebih cepat dibandingkan ras lainnya. Sementara, rambut orang Afrika pertumbuhannya paling lambat.

Tingkat pertumbuhan rambut rata-rata wanita di Asia hampir 15 cm per tahunnya. Sedangkan wanita di Afrika hanya tumbuh 10 cm per tahunnya. Berbeda lagi dengan wanita Kaukasia, pertumbuhan rambut rata-rata adalah 13 cm. Para peneliti juga menemukan bahwa rambut tumbuh lebih cepat di musim panas, karena perubahan pola makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran. Jadi jika anda ingin rambut cepat tumbuh hal pertama yang harus anda lakukan adalah memenuhi segala kebutuhan nutrisi rambut untuk tumbuh.

B. Nutrisi Yang Dibutuhkan Oleh Rambut
Ada beberapa zat gizi yang penting untuk mempercepat pertumbuhan rambut yakni vitamin A, B, C, tembaga, zat besi, zinc, protein dan air. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut anda bisa memgkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan zat gizi, selain itu anda juga dapat mengkonsumsi suplemen yang dapat dibeli di toko obat.
1. Air
Air penting untuk mencukupi kebutuhan sel akan cairan, dan juga berperan sebagai pengangkut zat-zat gizi yang diperlukan dalam proses pertumbuhan rambut.

2. Protein
Protein diperlukan untuk pertumbuhan rambut normal. Banyak dijumpai pada daging, unggas, ikan, telur, susu, kedelai, keju, dan lain-lain.

3. Zinc
Zinc berfungsi untuk mempertahankan produksi minyak dari folikel rambut. Kekurangan zinc sering dihubungkan dengan ketombe dan kerontokan rambut. Sumber zinc banyak pada seafood, telur, susu, daging, dan lain-lain.

4. Zat besi
Merupakan pembawa oksigen dalam darah, termasuk dalam pembuluh darah akar rambut. Bahan makanan yang kaya akan zat besi seperti daging, bayam, kacang merah, dan lain-lain.

5. Mineral tembaga
Penting untuk mempertahankan kecukupan nutrisi melalui pembuluh darah pada akar rambut. Bahan makanan yang kaya akan mineral tembaga adalah hati, seafood, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

6. Vitamin E
Vitamin E adalah salah satu sumber antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Jika Anda ingin rambut tumbuh lebih cepat, tingkatkan konsumsi vitamin E.

7. Vitamin C
Penting untuk memproduksi kolagen yang memberikan struktur pada rambut. Sumber vitamin C banyak pada sayur dan buah, lada, dan lain-lain.

8. Kalsium
Kalsium juga salah satu nutrisi yang membantu pertumbuhan rambut. Agar rambut tetap subur dan pertumbuhannya cepat, konsumsi kalsium sangatlah penting. Sumber kalsium:keju, kacang-kacangan, telur, susu, yogurt, sarden, dan lain sebagainya.

9. Vitamin B6, B12
Asam folat, dan biotin, bekerja dengan mencukupi kebutuhan oksigen dan zat gizi pada rambut sehingga rambut akan tumbuh maksimal, juga membuat kulit kepala memiliki kadar minyak yang cukup, sehingga tidak mudah terjadi kelainan pada kulit kepala.

10. Vitamin D
Pada masa pertumbuhan, vitamin D dibutuhkan rambut untuk menggantikan rambut lain yang harus regenerasi. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kerontokan dan kebotakan pada rambut. Sumber vitamin D:sinar matahari pagi, minyak ikan, susu, dan telur.

11. Vitamin A
Bekerja dengan merangsang pertumbuhan dan kesehatan sel rambut serta kulit kepala. Bahan makanan sumber vitamin A berupa sayur maupun buah yang berwarna merah-oranye dan hijau tua, minyak ikan, hati, telur, dan susu yang sudah difortifikasi dengan vitamin A.

B. Cara Merawat Rambut Agar Tumbuh Dengan Cepat
Agar rambut dapat cepat panjang diperlukan perawatan yang baik dan benar, lakukan beberapa perawatan yang dapat menutrisi rambut dan hindari perawatan yang malah akan menyebabkan kerusakan rambut seperti catok rambut dan sebagainya. Berikut beberapa perawatan sederhana yang bisa kalian lakukan dirumah agar rambut segera panjang alami:
1. Memperlancar Sirkulasi Darah
Selain menyikat rambut, meminum cukup air dan berolahraga secara teratur dapat menjadi cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami. Hal ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, yang pada gilirannya meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Tidur cukup
Saat tidur sel-sel tubuh memulihkan diri kembali, untuk itulah tidur sangat penting tak hanya bagi kesehatan tapi juga seluruh bagian tubuh (termasuk kulit, kuku dan rambut). Kurang tidur, mempengaruhi penampilan kulit, kuku dan rambut. Pada umumnya rambut jadi terlihat kusam dan kering sehingga pertumbuhannya pun tidak maksimal.

3. Jangan Menyisir Rambut Basah
Jangan menyisir saat rambut masih basah setelah mencucinya. Kondisi ini menyebabkan rambut rentan terhadap kerusakan dan rambut rontok parah. Biarkan kering secara alami, dan gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurai helai-helai rambut yang kusut.

4. Hindari pengering rambut panas
Penyebab terbesar yang dapat merusak rambut yakni dari alat-alat panas seperti hair dryer dan catok.

5. Pemijatan dengan Minyak Hangat
Cara alami memanjangkan rambut yang satu ini dapat dilakukan dengan mudah di rumah lho. Pilih minyak esensial yang baik bagi kesehatan rambut seperti minyak almond, zaitun, atau kelapa. Cukup oleskan minyak yang sebelumnya dihangatkan secara merata ke rambut. Bungkus dengan handuk panas selama 10 menit, untuk membantu penyerapan minyak. Cuci setelah 1-2 jam dengan shampo berformulasi ringan.

6. Jaga kulit kepala tetap sehat
Pikirkan rambut seperti pohon, jika tanah dan akar tidak diurus akan lebih lambat tinggi. Oleh karena itu pastikan kulit kepala sehat bebas dari ketombe. 

7. Menu Makanan Bernutrisi
Pola makan yang sehat menjadi salah satu cara alami memanjangkan rambut. Sertakan sayuran berdaun hijau dan buah-buahan sebagai bagian dari diet. Pastikan juga mendapatkan cukup protein, termasuk kecambah, kacang-kacangan, dan produk olahan susu. Lakukan sekarang juga sebagai cara agar rambut cepat panjang dan tebal. Baca juga artikel lainnya: 32 Tanda Seorang Pria Jatuh Cinta Pada Wanita.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar