Cara Merawat Rambut Tipis Agar Tebal Secara Alami

Agar Rambut Tebal - Seringkali rambut yang tipis, mudah patah, dan rontok membuat perasaan was-was karena takut akan kepala menjadi botak. Untuk mendapatkan rambut yang tebal dan sehat tidak hanya memerlukan perawatan rambut yang tepat, diperlukan juga pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk rambut agar dapat tubuh dengan baik. Vitamin adalah salah satu nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut, tubuh yang kekurangan vitamin tertentu dapat membuat rambut kasar, kusam dan tipis.
A. Cara Merawat Rambut Tipis Agar Tebal Alami
Untuk mendapatkan rambut yang tebal diperlukan perawatan rambut yang tepat, berikut ini adalah 20 cara merawat rambut yang tepat diformulasikan untuk pemilik rambut tipis agar tebal kembali.
1. Manjakan rambut secara rutin dengan masker alami atau masker yang dijual di toko-toko yang kaya akan vitamin dan minyak.

2. Perhatikan nutrisi yang Anda konsumsi setiap hari. Untuk rambut yang sehat, Anda membutuhkan asupan protein, lemak alami dan vitamin.

3. Relaks! Tingkat stres juga memengaruhi kondisi rambut. Sebaik apa pun Anda merawat rambut Anda, jika Anda stres, rambut Anda takkan bisa seindah yang diharapkan.

4. Konsumsi biotin, vitamin yang dapat meningkatkan pertumbuhan kuku dan rambut serta regenerasi kulit.

5. Jika rambut Anda pecah-pecah pada bagian ujungnya, sebaiknya Anda memotong rambut setiap 8 minggu untuk menjaganya tetap sehat.

6. Gunakan sarung bantal berbahan satin atau sutra pada bantal Anda. Material ini dapat mengurangi kerusakan pada rambut karena tidak akan membuat rambut tersangkut atau tercabut saat Anda memindahkan posisi kepala di bantal sepanjang malam.

7. Sebisa mungkin, jangan melakukan dyeing atau bleaching pada rambut. Produk-produk tersebut mengandung zat kimia seperti amonia yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala.

8.Jangan menyisir rambut saat masih basah karena akan melemahkan serat-seratnya dan menyebabkan rambut mudah patah. Anda dapat menggunakan sisir jari setelah pemakaian kondisioner.

9. Minyak argan memiliki banyak manfaat untuk rambut misalkan untuk rambut patah-patah atau kulit kepala yang kering. Anda juga dapat menggunakannya sebagai kondisioner yang tak perlu dibilas lagi.

10. Jangan menggunakan alat catok atau alat pengeriting sebelum mengaplikasikan pelindung rambut dari panas. Panas yang tinggi dari alat-alat penata rambut tersebut dapat merusak serat dari helaian rambut.

11. Pastikan rambut Anda benar-benar kering sebelum tidur jika Anda tidak ingin mengalami bad hair day keesokan harinya. Rambut yang basah bersifat lebih rentan dan cenderung mudah patah.

12. Jangan terlalu sering melakukan blow dry pada rambut. Biarkan rambut mengering secara alami atau gunakan losion pelindung rambut dari panas sebelum proses blow dry.

13. Lindungi rambut dari sinar matahari. Anda dapat menggunakan tabir surya atau produk rambut khusus yang akan melindungi rambut Anda dari klorin atau air bergaram.

14. Pijat kulit kepada Anda setiap hari dengan menggunakan sisir kayu untuk memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

15. Kepang rambut dengan longgar sebelum tidur. Rambut Anda akan tampil dengan gelombang natural di pagi hari dan hal ini juga mencegah rambut kusut dan patah-patah, serta membuatnya lebih cepat panjang.

16. Gunakan sampo yang bebas sulfat. Sulfat adalah zat yang dapat merusak rambut karena menghilangkan kelembaban alami dari kuit kepala.

17. Jangan terlalu sering mencuci rambut karena justru akan menghilang minyak dari kulit kepada yang dibutuhkan rambut Anda sebagai nutrisi untuk pertumbuhannya.

18. Sesekali, selain menggunakan sampo Anda juga dapat mencuci rambut dengan putih telur. Mungkin terdengar aneh bagi Anda, namun produk alami ini dapat melembabkan rambut lebih baik dari produk komersial manapun, tanpa ada efek samping bagi kondisi rambut Anda.

19. Sekali sebulan, gunakan masker yang terbuat dari alpukat.

20. Lembabkan rambut dengan cuka setelah pemakaian sampo dan diamkan beberapa menit sebelum membilasnya. Rambut Anda akan terlihat lebih berkilau dari sebelumnya.

B. Vitamin Untuk Rambut Tebal
Vitamin yang perlu Anda perhatikan yang bisa mempengaruhi rambut Anda adalah vitamin A, vitamin B, dan juga vitamin E. Menurut situs vemale.com, vitamin A akan membantu rambut Anda untuk tumbuh sehat dan juga berkilau, sedangkan vitamin B mempengaruhi ketebalan rambut sehingga kekurangan vitamin B akan menyebabkan rambut yang tumbuh dengan tipis. Sedangkan vitamin E bisa secara signifikan membantu pertumbuhan dan mempercepat pertumbuhan rambut Anda. Untuk lebih lanjut tentang vitamin apa saja yang dibutuhkan rambut untuk dapat tubuh lebat adalah sebagai berikut?
1. Vitamin C
Vitamin C dapat membantu memperkuat dan membantu pertumbuhan rambut. Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen yang penting untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Selain itu, antioksidan vitamin C mampu melawan radikal bebas yang dapat merusak rambut dari luar.

2. Vitamin E
Vitamin E berfungsi untuk memperbaiki folikel rambut yang rusak dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Antioksidan di dalam vitamin E mampu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala. Inilah yang menjadikan nutrisi untuk rambut sampai ke akar dan batang secara maksimal.

3. Vitamin B12 (Cobalamin)
Vitamin B12 penting untuk membantu metabolisme di dalam tubuh dan kulit. Vitamin yang satu ini akan membantu menyehatkan kulit kepala, sehingga nutrisi mudah terserap. Vitamin B12 bisa ditemukan pada sumber protein hewani, seperti ayam, telur, ikan, daging sapi, dan produk olahan susu.

4. Vitamin B3 (Niacin)
Niacin juga membantu menyehatkan kulit kepala, menghasilkan pertumbuhan rambut yang sehat. Tanpa niacin, rambut jadi rapuh. Makanan yang mengandung niacin termasuk kalkun, dada ayam, tuna, jamur, dan alpukat.

5. Vitamin B7 (Biotin)
Ingin rambut tumbuh lebih cepat? Jangan mengabaikan konsumsi biotin secara teratur. Biotin sangat dibutuhkan untuk rambut dan kuku yang kuat. Pasalnya, biotin memberi nutrisi terhadap lapisan keratin yang menyusun batang rambut. Beberapa makanan yang menjadi sumber Biotin termasuk jamur, alpukat, telur, salmon, dan selai kacang tanah.

6. Vitamin A
Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan sel dan menghasilkan sebum yang bertugas untuk mencegah kekeringan pada kulit kepala. Dengan begitu, rambut senantiasa lembut, sehat, dan kuat. Makanan yang kaya vitamin A antara lain wortel, tomat, melon, dan sayuran berwarna hijau gelap. Vitamin ini juga penting untuk kulit yang sehat. Baca juga: Perawatan Rambut: Cara Mengatasi Rambut Kering Dengan Lidah Buaya.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar