9 Cara Ampuh Membasmi Tikus Dirumah Secara Alami

Membasmi Tikus - Pastinya kalian pernah melihat tikus dirumah kalian, apalagi yang rumahnya berada di perkotaan, tikus sering kali keluar masuk rumah melaui selokan atau loteng. Apabila anda ingin membasmi hama ikus dirumah anda maka kalian bisa mengkuti sembilan cara dibawah ini yang telah berhasil kami rangkum.

Dari ke sembilan cara untuk mengusir tikus dibawah ini, paling disarankan untuk memelihara kucing dirumah anda, selain dapat mengusir segala jenis tikus, kucing juga dapat menjadi hiburan tersendiri, namun jika kalian tidak ingin repot pelihara kucing maka jebakan tikus dan racun tikus merupakan pilihan yang tepat, dan jika hama tikus datang kembali anda tingga memasang jebakan dan racun tikus kembali.
Selain itu penggunaan bahan-bahan alami juga dipercaya ampuh mengusir tikus, jadi jika anda ingin ber eksperimen, maka bahan-bahan alami dibawah ini bisa kalian sebagai rujukan:
1. Jebakan Tikus
Salah satu cara yang sering dilakukan untuk mengusir tikus dari dalam rumah adalah dengan memasang jebakan tikus, banyak sekali bentuk jebakan tikus yang dapat anda beli di pasar, mulai dari yang seperti jepretan sampai yang seperti keranjang dengan umpan makan didalamnya.

2. Racun Tikus
Anda bisa membeli racun tikus baik yang berbentuk serbuk yang dicampurkan dengan makanan seperti ikan, atau menggunakan racun tikus yang berbentuk seperti sabun. Taruh racun tikus ditempat yang sering terdapat tikus seperti di loteng, selokan atau di belakang rumah.

Jika ingin membasmi hama tikus di lahan pertanian atau sawah maka menggunakan racun merupakan cara yang tepat, campurkan racun tikus pada jagung dan tebarkan pada lubang-lubang tikus yang berada di lahan pertanian anda.

3. Pelihara Kucing
Cara ini paling ampuh basmi tikus, baik tikus biasa atau tikus curut yang bau. Kucing biasanya akan berburu tikus dan memakannya atau memainkan tikus sampai mati, anda bisa pelihara kucing kampung atau kucing eksotik seperti anggora atau persia.

4. Teh Peppermint
Satu lagi bahan alami yang bisa mengusir tikus adalah teh peppermint. Letakkan teh peppermint atau kotak teh di tempat-tempat yang biasa digunakan tikus untuk bersembunyi atau jalan keluar masuk ke dalam rumah kamu. Letakkan pula teh ini di sudut rumah. Perlahan, tikus di rumah pun akan pergi dan tak kembali lagi.

5. Cuka Apel
Campuran cuka apel dan air sangat efektif mengusir tikus dengan mudah, tanpa ribet dan pastinya juga tidak mahal. Caranya adalah, campurkan satu liter cuka apel dengan 2 liter air. Gunakan campuran ini untuk menyemprot area rumah. Lakukan secara rutin dan rumah kamu pun akan terbebas dari tikus.

6. Kulit Durian
Buah durian adalah salah satu buah yang memiliki bau menyengat. Bagi beberapa orang, bau durian sangatlah sedap dan lezat. Tapi jangan salah, bau durian sangat tidak disukai oleh tikus. Cara memanfaatkan durian untuk mengusir tikus adalah dengan meletakkan kulit durian di tempat persembunyian tikus. Jika kamu rutin menempatkan kulit durian ini, perlahan tikus akan meninggalkan rumah kamu.

7. Lada
Dilansir oleh timeforlearning, kamu hanya perlu menyiapkan merica. Taburkan merica hitam di tempat-tempat di mana kamu sering menemukan tikus. Ini akan membuat mereka kabur. Tikus tidak menyukai aroma dan rasa pedas yang dikeluarkan oleh lada atau merica. Karenanya cara ini jadi salah satu alternatif yang sangat mudah dan murah untuk mengusir binatang pengerat yang merugikan.
 
8. Buah Mengkudu / Pace
Buah mengkudu atau pace adalah salah satu buah yang memiliki bau tidak sedap dan cukup menyengat. Asal kamu tahu, bau buah mengkudu ini sangat tidak disukai oleh tikus. Cara memanfaatkan buah mengkudu adalah dengan memotong buah tipis menjadi 5 atau 6 bagian dan letakkan di tempat-tempat yang sering digunakan tikus untuk bersembunyi. Melalui cara ini, tikus pun akan pergi dan tak suka lagi dengan rumah kamu.

9. Jangkrik
Untuk mengusir tikus Anda bisa memelihara jangkrik di rumah. Bukan jangkriknya yang ditakuti tikus, tapi bunyi jangkrik pada malam hari sangat tidak disukai tikus.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar