7 Tips Agar Baterai Laptop Awet Dan Tidak Mudah Ngedrop

Agar Baterai Laptop Awet - Saat ini laptop merupakan salah satu peralatan elektronik wajib bagi anak sekolah, baik saat SMP, SMA, lebih-lebih saat sudah kuliah. Penggunaan laptop berlebih dan tidak kenal waktu dapat membuat kerusakan baterai laptop yang akhirnya dapat membuat baterai bocor, menggelembung, atau bahkan ngedrop.
Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Mudah Ngedrop
Jika anda ingin membuat baterai laptop menjadi awet dan tahan lama, maka kalian bisa mengikuti beberapa tips perawatan baterai berikut ini.
1. Main Game Terus Menerus
Punya laptop gaming dan hobi bermain game? Tapi tidak dianjurkan untuk bermain game secara terus-terusan menggunakan laptop. Bagaimanapun juga, walaupun desainnnya memang untuk bermain game tapi tetap saja ketahanannya tidak lebih baik dari PC. Berbeda dengan laptop, PC bisa digunakan lebih lama karena ketahanannya yang lebih tinggi. Jadi untuk kamu yang hobi main game, lebih baik memainkannya di PC saja.

2. Lakukan Metode 20/80
Tips ini masih belum pasti kebenarannya, ada yang bilang efektif ada yang bilang tidak berefek. Metode 20/80 adalah kondisi dimana baterai tidak boleh kurang dari 20% dan tidak boleh lebih dari 80%. Jadi, kamu harus melakukan charging setidaknya saat baterai tinggal 20% dan mencabutnya saat baterai susah terisi 80%. Belum ada hasil penelitian tentang metode penggunaan baterai ini.

3. Lepas Baterai
Jika anda ingin menggunakan laptop dalam waktu lama atau bahkan 24 jam maka lepas terlebih dahulu baterai pada laptop, dan pastikan kondisi listrik pada baterai tidak lebih dari 50%. Namun jika listrik dirumah anda suka mati maka jangan gunakan cara ini.

4. Melakukan Charging Semalaman
Karena ingin simpel, ada beberapa pengguna yang melakukan charging saat mau tidur agar paginya langsung bisa dipakai. Walaupun kebanyakan charger mendukung teknologi 'pemutusan daya otomatis' saat baterai sudah penuh, tapi alangkah baiknya tidak melakukan overcharging. Ya, hitung-hitung bisa menghemat listrik juga.

5. Kurangi pemakaian aplikasi yang tidak terpakai
Terakhir, kurangi pemakaian aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai dengan menutupnya bila Anda sudah selesai.

Mungkin Anda sering lupa untuk menutup atau mematikan aplikasi di laptop, tanpa disadari aplikasi-aplikasi tersebut dapat menyedot penggunaan baterai sehingga baterai menjadi cepat habis.

6. Jangan Biarkan Sampai Habis
Terkadang saat keasikan nonton film atau main game, kita tidak sadar kalau baterai sudah mau habis dan akhirnya laptop sampai mati dengan sendirinya. Satu dua kali mungkin tidak masalah, tapi jangan terlalu sering terjadi karena akan berakibat buruk pada kualitas baterai itu sendiri.

7. Jangan pernah forsir laptop
Berbeda halnya dengan komputer/PC, laptop memang didesain untuk melakukan pekerjaan yang lebih dari sekedar urusan ketik-mengetik, misalnya biasa juga dimanfaatkan untuk mengedit foto, video, mendesain, dan bermain game. Sering kali kegiatan tersebut membuat laptop harus dinyalakan terus menerus tanpa henti sehingga baterai laptop juga dipaksa untuk bekerja melebihi kapasitas kemampuannya.

Namun beberapa merek laptop tertentu memiliki baterai yang mudah ngedrop walaupun sudah dilakukan perawatan baterai dengan benar jadi pintar-pintarlah saat membeli laptop.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar