10 Bahaya Lensa Kontak Bagi Kesehatan Mata Yang Perlu Anda Ketahui

Bahaya Lensa Kontak - Lensa kontak sering kali dipakai oleh orang yang memiliki mata minus atau plus. Namun banyak juga orang yang memakai lensa mata hanya sekedar untuk mempercantik diri. Walaupun begitu, memakai lensa kontak tidak baik jika dipakai setiap hari terutama saat tidur.

Apabila ingin menggunakan lensa mata dalam jangka waktu yang lama maka pikir-pikirlah terlebih dahulu sebelum memakainya, jika terpaksa menggunakan lensa maka maka konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mata dan gunakan lensa kontak dengan kwalitas terjamin.
10 Bahaya Memakai Lensa Kontak
Jika Anda mengenakan lensa kontak, ada beberapa hal yang harus selalu diingat di saat memakainya. Penanganan yang tidak tepat dapat memperkenalkan bakteri dan kuman ke mata Anda. Bila mata terkena infeksi bisa menyebabkan gangguan penglihatan secara permanen, kebutaan, dan dalam kasus yang jarang terjadi bisa menyebabkan kematian. Berikut ini 10 bahaya jika anda menggunakan lensa mata secara asal dan dalam waktu lama.
1. Kebutaan
Pada kasus yang jarang, tidur dengan lensa kontak juga bisa menyebabkan kebutaan. Ini adalah salah satu alasan berbahaya mengapa Anda harus ingat untuk melepas kontak lensa Anda sebelum tidur.

2. Bengkak dan keruh
Dokter spesialis mata Sultan Agung Eye Center (SEC) Semarang, dr Nika Bellarinatasari SpM mengatakan, lensa kontak dapat menyebabkan kornea mata bengkak dan keruh. Itu terjadi, salah satunya karena diameter lensa kontak yang terlalu kecil dibandingkan dengan diameter kornea.

3. Infeksi
Tidur dengan lensa kontak juga bisa menyebabkan infeksi. Ketika permukaan lensa menyebabkan luka mikroskopis pada mata saat tidur, bakteri dapat memperburuk infeksi lebih lanjut. Dalam jangka panjang, hal tersebut dapat menyebabkan penyakit mata.

4. Abrasi Kornea
Lensa kontak yang kotor dapat menyebabkan kornea mata tergores atau abrasi. Hal ini menyebabkan rasa sakit yang parah dan tidak nyaman. Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan penurunan penglihatan menetap.

5. Peradangan
Jika Anda memiliki kebiasaan tidur dengan lensa kontak sehari-hari, itu bisa menyebabkan peradangan di dalam mata. Jika neo vaskularisasi terjadi di dalam kornea, mata Anda akan rusak.

6. Sindrom mata kering
Sindrom mata kering merupakan kondisi umum ketika mata tidak memproduksi cukup air mata, atau air mata menjadi terlalu cepat kering. Hal ini memicu peradangan dan iritasi pada mata.

7. Benjolan di mata
Meski menggunakan kontak lensa sesaat Anda tidur, risikonya juga mengakibatkan benjolan kecil pada mata. Bahayanya adalah langsung merusak mata Anda tanpa alasan apapun.

8. Kekurangan oksigen
Bila mata selalu tertutupi lensa kontak dalam waktu yang lama, dikhawatirkan permukaan mata yang tertutup lensa kontak (kornea hipoksia) akan kekurangan oksigen.

9. Mata merah
Iritasi pada mata kerap terjadi di saat Anda melepas kontak lensa. Akibatnya, masalah itu ditandai dengan mata merah yang berujung fatal bagi kesehatan mata Anda.

10. Lensa mata terjebak
Dikutip dari laman dailymail.co.uk, gadis yang tidak mau disebutkan namanya asal Hong Kong, China ini mengaku bahwa ia sering mengeluarkan noda darah dari matanya saat ia menangis. Tak hanya ada darah, matanya pun juga bengkak dan terasa sakit. Karena kondisi yang aneh inilah ia pun dibawa ke rumah sakit oleh orang tuanya untuk melakukan pemeriksaan. Saat diperiksa dan dilakukan scan terhadap matanya, dokter terkejut dengan apa yang ditemukan di kelopak mata gadis. Dokter menemukan ada sebuah lensa kontak yang terjebak di kelopak mata.

Lensa kontak memang aman dan efektif digunakan untuk memperbaiki kelemahan penglihatan jika digunakan dalam batas yang disarankan menurut kesehatan. Bagaimana pun, penggunaan kontak lensa yang tak semestinya bisa membahayakan kesehatan mata.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar