Cara Merawat Kulit Kering Secara Alami Agar Kembali Sehat

Merawat Kulit Kering - Mungkin anda pernah mengalami tiba-tiba kulit menjadi kering, kulit yang kering biasanya disertai dengan masalah kulit lainnya seperti kasar dan kusam. Kulit yang tadinya sehat kemudian menjadi kering disebabkan oleh berbagai faktor yang mungkin kurang anda sadari.

Untuk mengatasi kulit yang kering yang pertama anda perlu perhatikan adalah mengetahui terlebih dahulu penyebabnya, kemudian baru anda melakukan perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah kulit kering tersebut. Beberapa bahan alami juga dipercaya ampuh untuk atasi kulit kering baik yang ada di wajah maupun kulit diseluruh bagian tubuh.
A. Penyebab Kulit Kering
Berikut ini adalah beragam faktor penyebab kulit kering yang perlu anda hindari sebisa mungkin:
1. Kosmetik Tidak Cocok
Jika Anda mengalami kulit kering dan kusam setelah berganti kosmetik tertentu, coba hentikan dulu pemakaiannya. Bisa jadi kulit Anda bermasalah sebagai reaksi bahwa kosmetik tersebut tidak cocok di kulit Anda. Jika kondisi kulit membaik setelah pemakaian dihentikan, ada baiknya Anda tidak memakai kosmetik itu lagi.

2. Udara yang Dingin
Perubahan cuaca yang ekstrim dapet menyebabkan kulit menjadi kering. Udara yang terlalu dingin akan membuat kulit menjadi kering dan dehidrasi.

3. Terlalu Sering Scrub
Scrub memang bisa membantu melepas sel kulit mati, namun lakukan sekali saja setiap minggu. Jika terlalu sering, kulit tidak akan sempat regenerasi dan terus tergerus oleh butiran scrub.

4. Kurang Tidur
Kurang tidur dan sering begadang juga akan menimbulkan masalah pada kulit? Mengapa bisa begitu? Karena pada saat Anda tidur, kulit akan melakukan generasi dari dalam, sehingga kulit lebih fresh keesokan harinya. Milikilah jam tidur yang teratur, maka kulit Anda akan bersinar.

5. Paparan Sinar Matahari
Banyak manfaat yang kamu peroleh dari sinar matahari, seperti manfaatnya untuk kesehatan tulang dan gigi. Tapi, berada di bawah sinar matahari berbahaya bagi kesehatan kulit.

6. Kebiasaan Buruk
Beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit dan membuatnya kering adalah merokok, tidak memakai sunscreen, sering mandi air hangat, mengonsumsi makanan junk food dan sebagainya. Seperti apa kebiasaan Anda, maka itulah yang terpancar dari tubuh Anda. Maka kurangi dan kalau perlu hentikan kebiasaan buruk Anda.

7. Penyumbatan Pori-Pori
Ini merupakan salah satu tersangka utama penyebab terjadinya kulit kerin. Pori-pori yang tersumbat bisa menyebabkan keringat tersumbat dan akhirnya menyebabkan kekeringan pada kulit.

8. Minum Kopi Berlebih
Coba hitung berapa banyak kopi yang Anda minum dalam sehari? Jumlah kafein yang terlalu banyak dapat membuat kulit mengalami kekeringan. Maka batasilah konsumsi kopi dan minuman yang mengandung kafein, misalnya teh atau cokelat.

9. Kurang Air
Ini merupakan tersangka utama yang menyebabkan kulit Anda meranggas alias kering. Minum air akan menyebabkan kulit lembab. Jelas saja kurang konsumsi air menyebabkan kulit kering dan kekurangan kelembaban.

10. Sabun Mandi yang Banyak Busanya
Hindari memilih sabun mandi yang memiliki busa yang banyak. Busa yang banyak akan menyebabkan kulit menjadi lebih kering.

B. Cara Merawat Kulit Kering
Perawatan yang benar akan membuat kulit tubuh sehat dan lembab. Minum air, makan makanan bergizi, menggunakan pelembab, dan mandi dengan rentang waktu pendek membuat kulit anda akan tetap sehat dan terjaga kelembapannya.
1. Minum air
Jangan malas minum air putih setiap hari sesuai dengan anjuran, yaitu delapan gelas sehari. Jika Anda memiliki aktivitas yang padat, tambahkan porsi minum demi menjaga kelembapan kulit.

2. Makanan
Selain perawatan dari luar, Anda juga perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya nikmati makanan yang kaya akan asam lemak, vitamin C, magnesium, dan beta-carotene. Misalnya salmon, cokelat hitam, ikan, mangga, dan jeruk.

3. Pelembap
Penting bagi Anda untuk selalu mengoleskan pelembap setelah mandi. Dengan begitu kelembapan bisa terjaga dalam jangka waktu yang lama. Baby oil bisa digunakan agar kulit semakin lembap dan kenyal.

4. Mandi cepat
Jangan terlalu lama menghabiskan waktu di dalam kamar mandi. Sebab mandi terlalu lama juga membuat kulit semakin kering. Selain itu, daripada mandi air panas, sebaiknya gunakan air yang sedikit hangat untuk membersihkan tubuh.

C. Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami
Selain melakukan perawatan kulit yang benar, anda bisa mengatasi masalah kulit kering dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut guna mengembalikan kelembapan kulit serta menutrisi kulit.
1. Jojoba oil
Tekstur minyak jojoba mirip dengan minyak alami yang dikeluarkan tubuh. Atasi kulit kering Anda dengan menambahkan jojoba oil dengan body lotion Anda dan gunakan seperti biasa.

2. Baby oil
Formula lembut dari baby oil cocok untuk semua jenis kulit. Ini dikarenakan baby oil mengandung banyak vitamin E, yang dapat menghidrasi dan melindungi kulit terhadap radikal bebas. Sebelum tidur, pijat kulit Anda dengan baby oil. Lalu biarkan semalaman. Pada pagi hari, kulit Anda akan kenyal, halus dan bercahaya.

3. Minyak zaitun
Selain menyehatkan tubuh, minyak zaitun pun punya khasiat untuk kecantikan. Sebab minyak zaitun membantu kulit kembali tampak lebih lembap akibat kekeringan.

4. Alpukat
Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin E. Vitamin E sendiri adalah salah satu nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit kita.

5. Madu
Mengembalikan kelembapan kulit yang kering juga bisa dilakukan dengan madu. Bahan alami yang satu ini pun ampuh mengatasi masalah bibir dan tumit yang kering pecah-pecah serta siku yang kasar. Baca artikel tentang kulit lainnya: Pengobatan Alami: Obat Kutu Air Tradisional Yang Ampuh.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar