Cara Mengobati Jerawat Karena Salah Kosmetik

Cara Mengobati Jerawat Karena Salah Kosmetik: ingin tampil cantik dan wajah terlihat lebih putih pasti cara satu-satunya dengan menggunakan kosmetik, namun banyak juga yang mengatakan bahwa kosmetik dapat mengakibatkan tertutupnya pori-pori kulit, membuat kulit tidak bisa bernafas dan membuat kondisi jerawat lebih parah.

Apakah kosmetik benar-benar menyebabkan jerawat? jawabanyanya adalah iya, kosmetik dapat memicu pertumbuhan segala jenis jerawat mulai dari yang kecil seperti komedo sampai jerawat yang meradang dan iritasi, banyak sekali kosmetik yang tidak ramah terhadap pori-pori kulit, membuat bakteri lebih mudah tumbuh, dan memicu kulit untuk memproduksi sebum (minyak kulit) lebih banyak dari biasanya. Biasanya jerawat akibat kosmetik muncul dibagian wajah sepeti dagu, pipi, dan hidung.

A. Cara Mencegah Jerawat Akibat Kosmetik
  • Memakai kosmetik sedikit mungkin, langkah paling mudah agar tidak muncul jerawat akibat kosmetik adalah tidak memakai kosmetik, namun jika anda harus memakainya maka gunakan kosmetik/ make up setipis mungkin untuk mencegah penyumbatan pori-pori.
  • Baca keterangan produk, beberapa produk kosmetik biasanya akan memberikan keterangan jika kosmetik tersebut aman untuk jerawat atau tidak menyebabkan jerawat. hindari kosmetik dengan bahan minyak, menyebabkan alergi, dan berbau. beberapa bahan pembuas kosmetik yang menyebabkan jerawat seperti: Potassium Chloride, Sodium Chloride, Sodium Lauryl Sulfate, Isopropyl Myristate, Hexadecyl Alcohol, Laureth 4, Isopropyl Myristate, Hexadecyl Alcohol, Wheat Germ Oil, Algae Extract, Carrageenans, Red Algae.
  • Cara menggunakan kosmetik, jika di wajah anda sudah terdapat jerawat maka saat anda menggunakan kosmetik usahakan untuk pelan dan berhati-hati saat mengaplikasikanya agar tidak membuat jerawat semakin meradang, begitu juga saat anda ingin mencucinya.
  • Bersihkan kosmetik, saat anda selesai bekerja atau akan mau tidur pastikan wajah anda bebas dari kosmetik.
Mengobati Jerawat Karena Salah Kosmetik

B. Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Kosmetik

Apabila anda yakin jika jerawat yang muncul diwajah anda disebabkan oleh kosmetik, maka segera hentikan penggunaan kosmetik tersebut, ini adalah cara yang paling cepat, namun jika anda yakin jika jerawat anda dikarenakan kosmetik namun setelah tidak menggunakanya namun jerawat masih banyak yang tumbuh maka anda harus melakukan perawatan jerawat.

Banyak pilihan cara untuk menghilangkan jerawat yang bisa kalian lakukan mulai dari menggunakan obat dan krim jerawat, menggunakan cara alternatif seperti pasta gigi dan baking soda, ada juga cara alami seperti menggunakan masker jeruk nipis, kentang, bawang putih dan tomat.

C. Terapi Untuk Jerawat
Berbagai terapi jerawat bisa kalian coba, terapi jerawat bisa dikombinasikan dengan penggunaan obat jerawat unduk mendapatkan hasil maksimal, biasanya jasa terapi jerawat bisa diperoleh di klinik kecantikan.
1. Sinar laser
Terapi sinar laser bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa kalian coba, sinar laser dapat mencapai bagian kulit lebih dalam tanpa merusak permukaan kulit, bekerja dengan cara menghancurkan bakteri penyebab jerawat serta merusak sel kelenjar minyak sehingga produksi minyak kulit dapat berkurang. Terapi laser juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan bekas jerawat.

2. Terapi chemical peeling
Metode terapi ini biasanya menggunakan larutan kimia contoh seperti asam salisilat, bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran pada wajah, terapi ini juga dapat merangsang proses peremajaan kulit sehingga akan didapat kulit yang lebih baik dan sehat.

3. Ekstraksi jerawat
Dokter biasanya akan menggunakan alat khusus seperti jarum operasi untuk mengeluarkan isi didalam jerawat disertai dengan penggunaan obat luar atau oles untuk mempercepat proses penyembuhan luka jerawat.
Baca juga: Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar