Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Yang Membandel

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Yang Membandel: Jika pada artikel sebelumnya RumahJerawat membahas mengenai cara mengobati jerawat akibat kosmetik, maka pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai flek hitam diwajah.

Flek hitam atau warna hitam dikulit wajah biasanya lebih sering diderita oleh kaum wanita, lebih-lebih oleh wanita umur 40 tahunan, penyebabnya pun beraneka ragam mulai dari bekas jerawat sampai dengan karena terpapar sinar matahari. Flek hitam merupakan masalah kulit yang sudah sangat umum walaupun tidak menyakitkan seperti jerawat namun bisa membuat penampilan wajah anda menjadi kurang enak dilihat.

Flek hitam lebih sering disebut dengan hirperpegmentasi adalah suatu kondisi dimana kulit saat terkena sinar matahari terutama sinar UV memicu sel melanosit untuk memproduksi melanin secara berlebih yang membuat terbentuknya flek hitam pada kulit.

A. Penyebab Utama Flek Hitam
Banyak sekali faktor yang dapat memicu terbentuknya flek hitam pada wajah, terpaparnya kulit dibawah sinar matahari menjadi penyebab utama, penuaan kulit juga dapat memicu flek hitam terutama mereka yang sudah menginjak umur 40 tahunan, selain itu penyebab lain seperti polusi udara, penggunaan produk kecantikan, obat-obatan, genetik, hormon tubuh, kekurangan vitamin, jerawat, dan stres juga sangat berkontribusi terhadap terbentuknya flek hitam. Farktor lain yang lebih parah seperti terkena diabetes dan kanker kulit juga dapat menyebabkan munculnya flek hitam.

B. Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam
Flek hitam diwajah bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti, beragam cara bisa anda lakukanuntuk menghilangkanya, cara alami yang lebih murah dan aman bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat, penggunaan bahan alami seperti tomat, lidah buaya, bawang putih, lemon, mentimun, pepaya, dan minyak vitamin E bisa menjadi pilihan.

1. Tomat Untuk Menghilangkan Flek Hitam
Ambil satu buah tomat segar dan blander sampai halus, tambhakan satu sendok makan perasan jeruk lemon dan aduk sampai rata, gunakan sebagai masker pada kulit yang terdapat flek hitam, biarkan selama 20-25 menit, kemudian cuci bersih dengan menggunakan air hangat.

2. Lidah Buaya Untuk Menghilangkan Flek Hitam
Siapkan potongan daging dauh lidah buaya secukupnya, hancurkan dan tambahkan dengan satu sendok teh perasan jeruk lemon, aduk sampai rata kemudian aplikasikan pada kulit yang terdapat flek hitam dan biarkan 15-20 menit, kemudian cuci bersih dengan air biasa.

3. Bawang Putih Untuk Menghilangkan Flek Hitam
Jika pada artikel sebelumnya pernah dibahas mengenai cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih disitu dibahas mengenai manfaat dan efek samping bawang putih secara lengkap. Untuk menghilangkan flek hitam siapkan satu siung bawang putih dan potong bagian tengahnya atau anda bisa menghancurkanya, aplikasikan pada flek hitam, biarkan 10-15 menit kemudian cuci bersih.

4. Mentimun Untuk Menghilangkan Flek Hitam
Siapkan mentimun segar dan blander sampai halus, tambahkan dengan susu sapi asli tanpa pemanis ditambah perasan jeruk lemon, aduk sampai rata dan aplikasikan pada bagian kulit wajah yang terdapat flek hitam. viarkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian cuci sampai bersih.

5. Pepaya Untuk Menghilangkan Flek Hitam
Kandungan zat pada pada pepaya sangat tepat untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, siapkan pepaya yang sudah di lembutkan dan gunakan sebagai masker pada wajah, biarkan selama 20 menit kemudian cuci bersih.

6. Vitamin E Untuk Menghilangkan Flek Hitam
Vitamin E terkenal akan manfaatnya yang besar terhadap kulit, dapat berfungsi sebagai antioksida melawan radikal bebas perusak kulit, serta dapat menghambat pembentukan melanin dan mampu mencerahkan kulit, untuk mendapatkan vitamin E anda bisa mengkonsumsinya dari makanan yang kaya akan vitamin E atau mengkonsumsi suplemen vitamin E yang dijual bebas di apotik.

C. Perawatan Kulit Untuk Menghilangkan Flek Hitam
Perawatan kulit lainya juga perlu anda lakukan jika ingin flek diwajah anda cepat memudar, beberapa perawatan bisa anda lakukan dirumah atau melakukanya di salon kecantikan, perawatan yang dapat menghilangkan flek hitam adalah sebagai berikut:
1. Exfoliate
Exfoliate adalah sebuah proses menghilangkan sel-sel kulit yang sudah mati, bisa delakukan dengan menggunakan sabun cuci wajah yang memiliki butin kasar atau dengan menggunakan alat exfoliator yang dapat kalian beli di toko kecantikan atau secara online.

2. Peeling Wajah
Seperti halnya dengan exfoliate, peeling wajah juga bertujuan untuk menghilangkan kulit wajah yang telah mati dan mempercepat proses peremajaan kulit, namun peeling menggunakan bahan kimia berupa asam.

3. Laser
Perawatan dengan sinar laser ini salah satu yang bisa kalian pilih, laser akan menghancurkan bagian flek hitam dikulit anda dan mampu mempercepat proses peremejaan kulit, juga dapat menghilangkan jaringan parut akibat jerawat.

4. Microdermabrasion
Merupakan proses abrasi menghilangkan sel kulit mati yang terdapat dipermukaan kulit dengan menggunakan bubuk kristal atau bubuk organik. Perawatan ini dapat menghilangkan bekas luka lingan, kulit yang terbakar sinar matahari, flek hitam, dan stretch mark.
Baca juga:Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar