Cara Mudah Menghilangkan Noda Kopi Di Baju

Menghilangkan Noda Kopi - Pasti kalian pernah mengalami minuman kopi tumpah pada pakaian atau benda kain lainnya. Mungkin jika pertama kali mengalaminya mungkin kalian akan membiarkan saja, namun hal ini adalah cara yang salah, noda kopi yang menempel pada kain jika dibiarkan saja maka saat kemudian hari ingin menghilangkannya maka noda kopi tersebut akan sangat sulit dihilangkan.
A. Cara Menghilangkan Noda Kopi Dengan Mudah
Jika tidak langsung dibersihkan, tumpahan kopi bisa terus menempel pada pakaian dan bisa menjadi noda permanen. Saat ketumpahan kopi, Anda tentunya tak ingin nodanya menyebar sehingga lebih sulit dibersihkan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan jika noda kopi mendarat di pakaian kesayangan Anda.
Langkah 1:
Jangan gosok noda pada kain karena ini bisa memperburuk noda atau merusak kain baju.

Langkah 2:
Gunakan handuk atau tissue untuk menyerap kopi. Gunakan terus sampai tak ada noda yang menempel pada tissue atau handuk.

Langkah 3:
Balikan baju Anda dan siramkan air dingin pada area baju yang terkena noda selama 2-3 menit.

Langkah 4:
Dengan menggunakan detergen, cuci dan kucek bagian pakaian yang terkena noda.

Langkah 5:
Rendam pakaian Anda dalam air dingin selama kurang lebih 30 menit. Baju Anda akan kembali bersih tanpa noda.

Langkah 6:
Setelah itu, jangan keringkan pakaian menggunakan pengering. Jika masih ada sedikit sisa noda, mengeringkan dengan mesin pengering akan membuat sisa noda semakin menempel. Lebih baik keringkan secara alami.

Langkah 7:
Jika noda masih juga membandel, gunakan larutan pembersih yang mengandung natrium percarbonate dan rendam pakaian selama semalam. Setelah noda hilang, cuci pakaian seperti biasa.

B. Cara Alami Menghilangkan Noda Kopi Di Baju
Selain menggunakan cara diatas, anda bisa melakukan trik menghilangkan noda kopi di baju dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar anda sebagai berikut.

1. Cuka
Cuka adalah pembersih serbaguna yang efektif. Anda dapat menghilangkan berbagai jenis noda dengan cuka. Untuk noda yang cukup lebar di baju Anda, rendam baju tersebut di dalam campuran cuka dan air dingin dengan perbandingan 3 bagian cuka dan 1 bagian air dingin sebelum mencucinya.

2. Kuning telur
Kocok kuning telur dan tempelkan pada noda kopi menggunakan handuk selama satu menit. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan air.

3. Bir
Menurut situs The Reader's Digest, Anda bahkan dapat menghilangkan noda kopi dan teh dengan bir. Tuangkan bir pada permukaan yang terkena kopi atau teh. Setelah itu, Anda hanya perlu menggosok-gosokkan bagian yang kotor.

4. Soda
Soda membantu dalam menghilangkan noda kopi pada pakaian. Anda hanya perlu menuangkan air hangat pada noda dan kemudian taburkan satu sendok teh baking soda di atasnya. Biarkan selama beberapa waktu, kemudian bilas.

5. Baby wipes
Gunakan baby wipes atau tisu basah untuk membersihkan tumpahan kopi dari karpet Anda. Selain menyerap kopi, tisu basah juga dapat membersihkan noda kopi. Gunakan juga tisu basah khusus bayi ini untuk membersihkan tumpahan kopi di baju dan mebel, terutama untuk tumpahan baru yang belum mengering. Baca lainnya: 4 Cara Menghilangkan Noda Tinta Di Baju Dengan Mudah.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar