12 Penyebab Kulit Wajah Mudah Berminyak Dan Cara Mengatasi

Penyebab Wajah Berminyak - Pastinya kalian pernah melihat seseorang dengan kulit wajah yang penuh dengan minyak, dan mungkin anda sendiri yang sedang mengalaminya. Umumnya kulit wajah yang berminyak akan lebih mudah berjerawat karena kotoran akan mudah menempel sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

Berbagai faktor dapat menyebabkan kulit mudah berjerawat mulai dari genetik, kosmetik, hormon, sampai stres. Perawatan yang tepat dierluka agar kulit wajah bebas dari minyak berlebih dan pastinya perawatan tersebut tidak menyebabkan wajah semakin berminyak. Penggunaan masker alami juga cukup ampuh atasi wajah berminyak karena dapat membantu mengecilkan pori-pori dan menyerap kelebihan minyak.
A. Penyebab Kulit Wajah Berminyak
Mengapa beberapa orang memiliki kulit sangat berminyak, sementara yang lainnya normal dan cenderung kering?? Dermatologist Joshua. mengatakan, kadar minyak pada kulit dipengaruhi oleh faktor genetik. Dokter kulit yang menjabat sebagai direktur penelitian kosmetik dan klinis di Mount Sinat Medical Center, New York ini mengatakan, kondisi yang disebabkan faktor genetik hampir mustahil untuk diubah tapi Anda bisa meminimalisir faktor-faktor yang bisa meningkatkan produksi minyak. Selain faktor genetik banyak juga faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kulit wajah mudah berminyak:
1. Tanning
Proses tanning atau pewarnaan kulit punya efek buruk bagi produksi kulit. Meskipun pada awalnya kulit menjadi kering setelah tanning, namun tubuh akhirnya mengeluarkan minyak berlebih.

2. Alat kecantikan
Selain produk kecantikan, alat kecantikan juga berperan dalam penyebab wajah berminyak. Misalnya penggunaan sikat atau bantal bedak yang mengganggu kinerja kelembapan kulit.

3. Stres
Sebagai bentuk respon terhadap stres, tubuh menghasilkan minyak berlebih dan membuat wajah tampak berkilau karena minyak tersebut.

4. Perubahan hormon
Wanita khususnya mengalami perubahan hormon selama hidupnya, yaitu ketika menstruasi, hamil, dan menopause. Perubahan hormon itu pun memicu produksi minyak berlebih pada tubuh.

5. Hormon
Siklus menstruasi juga sangat berhubungan dengan kondisi kulit seorang wanita. Siklus hormon bulanan yang mengalami fluktuasi dari minggu ke minggu akan meningkatkan aktivitas produksi minyak pada kulit wajah dan kulit kepala. Perhatikan saat-saat dimana Anda merasa kulit lebih berminyak dari biasanya, sebab bisa saja hal tersebut disebabkan oleh siklus hormonal bulanan.

6. Kesalahan produk
Beberapa orang salah menggunakan produk kecantikan kulit karena kurang paham dengan kondisi kulitnya. Misalnya memakai produk untuk kulit berminyak padahal memiliki kulit kombinasi.

7. Makanan Berminyak
Bukan rahasia bahwa makanan seperti makanan yang digoreng yang mengandung minyak tak jenuh akan berakibat langsung pada kulit wajah.  

8. Obat-obatan
Sedang sakit dan mengonsumsi obat-obatan? Bisa jadi wajah mengeluarkan minyak berlebihan karena konsumsi obat-obatan tersebut. Coba konsultasikan masalah itu pada dokter.

9. Terlalu sering membersihkan wajah
Mengagetkan bukan, bahwa membersihkan wajah sering-sering justru dapat berdampak buruk pada kulit wajah. Saat wajah dibersihkan, kelenjar minyak justru akan memproduksi minyak untuk melindungi lapisan kulit untuk menyeimbangkan tekstur kulit yang menjadi kering saat dibersihkan. Saat mencuci wajah, Anda disarankan menggunakan pembersih wajah yang lembut di wajah dan jangan menggosok terlalu keras saat mengeringkan wajah.

10. Pergantian musim
Meningkatnya suhu dan kelembapan bisa membuat produksi minyak meningkat. Meskipun terjadi secara rutin, namun efeknya tidak berlangsung lama dan bisa diatasi dengan mudah.

11. Kosmetik
Terkadang, penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit lainnya juga bisa memicu produksi minyak berlebih. Jadi perhatikan dengan baik sebelum membeli produk tersebut.

12. Genetik
Coba perhatikan wajah orang tua dan anggota keluarga yang lain. Jika kebanyakan dari mereka memiliki wajah berminyak, bisa jadi penyebabnya adalah karena gen yang diturunkan.

B. Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak
Perawatan kulit wajah berminyak bukanlah hal yang sulit, namun yang perlu diperhatikan adalah selalu rajin melakukannya sehingga minyak wajah yang berlebih tidak mempengaruhi penampilan anda.
1. Pembersih wajah mengandung glycolic
Kulit berminyak yang terjadi terus menerus dipengaruhi oleh hormon, perasaan hati, ataupun cuaca. Beberapa orang memiliki masalah kulit berminyak saat mereka berkeringat di musim panas.

2. Tabir surya
Tabir surya tradisional cenderung menimbulkan masalah bagi orang dengan kulit berminyak, akibat teksturnya yang tebal dan mampu menutup pori-pori. Meski demikian, tetap gunakan tabir surya untuk melindungi wajah Anda dari sengatan sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 guna menangkal kerusakan akibat sinar matahari.

3. Pelembap
Orang dengan kulit berminyak memiliki ketakutan tersendiri saat menggunakan pelembap. Mereka menganggap pelembap akan membuat wajah makin mengkilat dan tampak lebih berminyak. Cara merawat wajah berminyak adalah dengan menggunakan oil-free moisturizer untuk menghindari tampilan wajah yang mengkilat.

4. Kertas minyak
Kertas minyak merupakan salah satu alat penghilang minyak wajah yang paling digemari.  Kertas ini dapat digunakan kapan pun pada area wajah yang berminyak, seperti dahi, hidung, dagu, dan bagian wajah lainnya. Tempelkan kertas pada area wajah, angkat kertas setelah 15-20 detik, dan seluruh minyak akan menempel pada kertas. Beberapa kertas minyak dilengkapi pula dengan taburan bedak, sehingga dapat membuat wajah kembali bersinar dan segar.

5. Gunakan toner
Cara merawat wajah berminyak dengan produk yang satu ini memang dianjurkan untuk digunakan. Cairan yang terasa dingin saat digunakan ini dapat membantu mengurangi minyak pada kulit. Namun, beberapa ahli menganggap toner justru dapat membuat produksi minyak bertambah dan mengiritasi kulit. Gunakan toner hanya pada area kulit yang berminyak seperti dahi, hidung dan dagu (area T), dan hindari penggunaan pada daerah yang cenderung kering.

6. Gunakan pembersih wajah (cleanser)
Membersihkan wajah pada pagi dan malam hari merupakan cara efektif bagi yang mempunyai wajah berminyak. Gunakan pembersih wajah berupa gentle cleanser dan bersihkan dengan lembut wajah Anda dengan tangan. Waslap atau busa dapat memacu pengeluaran minyak lebih banyak lagi.

Gaya hidup yang sehat juga berpengaruh pada berkurangnya kadar minyak di wajah. Dengan sering berolahraga, sirkulasi darah Anda akan semakin lancar. Ketika Anda mengeluarkan banyak keringat dengan berolahraga, secara otomatis kotoran-kotoran pada wajah akan terbuang bersama keringat yang mana akan mengurangi kadar minyak pada wajah. Selain itu, mengeluarkan banyak keringat juga berfungsi untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah Anda.

C. Masker Alami Untuk Kulit Wajah Berminyak
Berbeda dengan jenis kulit wajah lainnya, wajah dengan tipe kulit berminyak membutuhkan ekstra perawatan. Selain menggunakan produk kecantikan kulit yang tepat, Anda juga bisa melakukan perawatan secara alami untuk mengatasi masalah kulit berminyak tersebut. Salah satunya dengan membuat masker buatan sendiri dan melakukannya secara rutin setidaknya seminggu sekali. Masker wajah yang terbuat dari bahan alami dapat membantu menutup pori-pori, menyerap kelebihan minyak dan menstabilkan produksi sebum serta menghidrasi kulit wajah.
1. Masker Pisang, Susu, dan Madu
Kombinasi pisang, susu, dan madu juga sangat baik untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Caranya, siapkan susu dan madu secukupnya, kemudian lumatkan 1 buah pisang ke dalamnya lalu haluskan. Setelah siap, oleskan merata ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

2. Masker Mentimun
Mentimun merupakan toner yang sangat baik untuk mengatasi masalah pori-pori wajah yang membesar dan menyebabkan produksi minyak yang berlebih. Kamu bisa mencampurkan mentimun dengan sari cuka apel, perasan lemon, putih telur, sari lidah buaya dan tomat untuk mengencangkan dan mengecilkan pori-pori yang terbuka. Hal ini, secara tidak langsung juga akan menurunkan produksi minyak pada wajahmu.

3. Masker Seledri
Untuk menggunakan seledri sebagai solusi untuk mengatasi masalah kulit berminyak, yang perlu kamu lakukan hanyalah merebus seledri ke dalam air mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan seledri tersebut untuk mencuci wajah.

4. Masker Tomat
Tomat sangat baik untuk kulit berminyak karena mengandung komponen astringen yang memberikan efek mendinginkan serta menyerap kandungan minyak berlebih pada wajah. Jika kamu ingin menggunakan masker tomat, caranya mudah, potong tomat menjadi 2 bagian, lalu oleskan merata ke seluruh wajah. Baca artikel kulit lainnya: Tips Kecantikan: Manfaat Masker Kopi Untuk Kulit Wajah.

Artikel Terkait

1 komentar:

dedi sumandi mengatakan...

,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

Posting Komentar