Tips Kecantikan: Manfaat Masker Kopi Untuk Kulit Wajah

Masker Kopi Untuk Wajah - Sering kali kita perhatikan dalam produk-produk masker wajah yang menyertakan komponen kopi didalamnya, apa sih manfaat kopi untuk kulit? kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia, selain itu kopi ternyata juga dapat digunakan dalam hal kecantikan tubuh terutama kulit.

Kulit yang mengandung kafein dan teksturnya yang sedikit kasar dapat digunakan sebagai masker kulit terutama scrub wajah guna mengangkat kotoran dan sel kulit mati penyebab jerawat. Jadi jika kalian ingin cantik murah maka kalian bisa menggunakan bubuk kopi.
A. Kandungan Dan Manfaat Masker Kopi
Kafein memang memiliki banyak manfaat. Selain mengandung antioksidan, kafein dalam kopi juga memiliki fungsi ant-inflamasi, sehingga bisa digunakan untuk meredakan peradangan pada kulit sekaligus mendinginkannya. Ini juga cocok untuk mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Antioksidan dalam bubuk kopi berguna untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai permasalahan kulit, antara lain penuaan dini. Karena itulah ekstrak kafein dalam kopi sering dijadikan kandungan tambahan dalam krim malam.
1. Meredakan mata bengkak
Kelopak mata yang membengkak mampu membuat hari seseorang menjadi buruk. Segera ambil bubuk kopi dan campurkan dengan krim mata Anda. Jika tidak pilihlah krim mata yang memiliki kandungan kafein yang dipercaya dapat menyamarkan noda gelap serta mengempiskan area mata yang bengkak.

2. Dapat menyamarkan selulit (stretch mark)
Selain dapat menjadi masker untuk kulit wajah dan mencerahkan, jika Anda mencampur bubuk kopi dengan minyak kelapa, Anda juga dapat menyamarkan selulit pada kulit tubuh. Cukup pijat daerah tubuh yang bermasalah dan memiliki kulit dengan permukaan layaknya kulit jeruk. Jika dilakukan dengan rutin, maka selulit akan lebih tersamarkan.

3. Menghalangi sinar UV yang memicu kanker kulit
Penelitian yang dilakukan di Universitas Rutgers New Jersey Amrik mengungkapkan teori mereka, bahwa: kafein itu merupakan penghalang dari kanker kulit. Kafein menghambat enzim protein dalam kulit. 

4. Sebagai scrub kulit
Campurkan bubuk kopi kasar dengan tea tree oil, kemudian pijatkan pada kulit. Selain mengangkat sel kulit mati di lapisan teratas, ramuan ini juga berfungsi sebagai pencegah proses penuaan dini pada daerah kulit tertentu.

5. Mengangkat sel kulit mati
Kulit perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya, salah satunya adalah dengan mengangkat sel-sel kulit mati agar sel baru bisa memberikan kulit Anda kecantikan alami. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan peeling ampas kopi.

B. Cara Membuat Masker Kopi
Berikut beberapa resep masker kopi yang bisa kalian coba buat dirumah, untuk membuat masker kopi anda bisa mencampurkan dengan bahan-bahan lain seperti madu, minyak, zaitun, putih telur, dan coklat maupun susu.
1. Masker Kopi dan madu
Siapkan 2 sdm kopi dan 2 sdm madu. Campur kedua bahan hingga rata sampai membentuk pasta. Diamkan kira-kira selama 10 menit agar nutrisi pada kedua bahan satu sama lain saling meresap dengan baik. Jika sudah, aplikasikan ke wajah sebagai masker alami wajah. Oleskan ke wajah sambil pijat lembut sampai merata. Diamkan kira-kira selama 20 menit lalu bilas wajah dengan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan alami di satu kali dalam seminggu.

2. Masker kopi dan minyak zaitun
Dengan ukuran 1 : 1, gunakan masker ini di wajah dan massage lembut dengan gerakan melingkar. Tidak perlu menunggu sampai kering, langsung bilas masker hingga bersih. Semakin cinta dengan dengan minuman yang satu ini. Kulit jadi lebih sehat, lembut dan bercahaya.

3. Masker kopi dan putih telur
Resep masker yang satu ini cocok untuk memutihkan kulit secara alami. Campurkan bubuk kopi dengan putih telur secukupnya. Oleskan pada wajah. Tunggu hingga kering. Bilas sampai bersih. Sel kulit mati akan terangkat, kulit jadi kencang dan wajah jadi cerah. 

4. Masker kopi dan coklat
Bubuk cokelat dan kopi sama-sama mengandung antioksidan yang dapat mencegah problem kulit khususnya kanker kulit. Ditambahkan madu, buat pasta masker kopi cokelat yang bisa diaplikasikan di wajah dan dibiarkan hingga dingin. Kemudian massage dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

5. Masker kopi dan susu
Ingin mendapatkan wajah atau tumit yang putih maka gunakan ramuan masker kopi berikut ini. Campurkan bubuk kopi dan susu bubuk sebanyak satu sendok teh masing-masing. Gosok perlahan pada kulit wajah atau tumit dan siku yang hitam. Pijat selama beberapa menit. Bilas dengan air dingin atau hangat. Baca juga: Cara Merawat Kulit Kering Secara Alami Agar Kembali Sehat.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar