Cara Membuat Masker Putih Telur Dan Jeruk Nipis Untuk Jerawat

Cara Membuat Masker Putih Telur Dan Jeruk Nipis Untuk Jerawat - Jerawat terbentuk karena terjadinya penyumbatan saluran pori-pori kulit oleh minyak, kotoran, kulit mati, dan bakteri. Untuk mengatasi jerawat anda bisa melakukan berbagai perawatan yang bertujuan agar tubuh tidak banyak menghasilkan minyak ataupun dengan perawatan yang dapat menghilangkan minyak berlebih dan kulit mati.

Putih telur seringkali digunakan dalam pembuatan masker alami baik untuk kulit maupun rambut, dalam hal perawatan kulit putih telur sering kali digunakan untuk memutihkan kulit dan mengatasi jerawat namun penggunaanya ditambah dengan bahan lain agar lebih efektif. Dalam hal menghilangkan jerawat, putih telur seringkali dicampur dengan perasan jeruk nipis, untuk lebih jelas manfaat kedua bahan tersebut terhadap jerawat berikut ini penjelasannya:

A. Manfaat Putih Telur Untuk Jerawat
Telur merupakan produk hewani yang paling sering dikonsumsi masyarakat, memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, pada putih telur banyak mengandung asam amino, protein, dan vitamin B yang sangat baik dalam peremajaan kulit, selain itu dibandingkan dengan kuning telur pada putih telur memiliki kandungan rendah lemak dan rendah kalori sehingga sangat baik untuk perawatan kulit.
  • Putih telur mengandung enzim yang disebut lisozim, enzim ini dapat membunuh bakteri teutama bakteri yang menjadi penyebab jerawat meradang.
  • Putih telur dapat digunakan untuk membersihkan minyak kulit berlebih, dan mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada kulit.
  • Kandungan vitamin B pada putih telur dapat bekerja sebagai anti oksida melawan radikal bebas dan menutrisi kulit serta mempercepat proses penyembuhan sel kulit yang rusak.
  • Putih telur dapat memperkecil pori-pori kulit sehingga pori-pori tidak mudah kemasukan debu dan kotoran.
  • Protein pada putih telur dapat menjaga kesehatan kulit, membuat kulit agar tetap elastis dan mengurangi kerutan.
B. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Jerawat
Jeruk nipis atau yang lebih sering disebut jeruk lemon merupakan salah satu bahan alami yang sudah banyak digunakan dalam hal perawatan kulit, kandungan vitamin C didalamnya disebut-sebut memiliki peranan yang penting dalam hal menjaga sel kulit dari radikal bebas.
  • Astrigen pada jeruk nipis dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit, mengangkat minyak kulit berlebih, dan mempercepat proses penyembuhan luka jerawat.
  • Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan kuat melawan radikal bebas penyebab timbulnya jerawat.
  • Asam sitrat pada jeruk nipis merupakan senyawa yang bersifat sebagai antibakteri alami, mampu menghambat dan membunuh bakteri penyebab jerawat, karena kebanyakan bakteri tidak dapat hidup dalam senyawa yang bersifat asam.
  • Dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang meradang dan merah.
  • Jeruk nipis dapat menetralkan pH kulit.
C. Membuat Masker Putih Telur Dan Jeruk Nipis
Siapkan satu buah telur ayam segar dan satu buah jeruk nipis ukuran sedang, pisahkan putih telur dengan bagian kuningnya usahakan jangan sampai tercampur, peras jeruk nipis untuk diambil airnya, kemudian campurkan sampai rata. Cuci wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat selama 1-2 menit sambil dipijat secara perlahan, kemudian keringkan dengan handuk bersih, ratakan campuran putih telur dan air jeruk nipis pada seluruh bagian kulit wajah, dan sedikit tebal pada kulit yang terdapat jerawat, biarkan selama kurang lebih 15-20 menit lalu cuci sampai bersih, lakuan cara ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

D. Catatan
  • Gunakan telur ayam segar karena kandungan enzim didalamnya masih aktif, dan usahakan untuk menggunakan telur ayam kampung karena lebih aman.
  • Saat anda menggunakan masker putih telur dan jeruk nipis mungkin anda akan merasakan rasa perih karena jerawat yang terbuka.
  • Coba masker pada sedikit bagian kulit anda terlebih dahulu untuk mengetahui apakah anda memiliki kulit yang alergi terhadap telur.
  • Selain melakukan perawatan jerawat dari luar lakukan juga perawatan jerawat dari dalam seperti mengkonsumsi makanan yang baik untuk jerawat, mengkonsumsi suplemen kulit, dan obat jerawat.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar