7 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Tubuh Yang Sering Terabaikan

7 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Tubuh Yang Sering Terabaikan - Wajah merupakan bagian tubuh yang paling sering terdapat jerawat namun pada beberapa kasus bagian tubuh lain seperti punggung, dada, dan bahu juga sering mengalami kondisi jerawat yang parah, banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat, mulai dari kondisi hormon tubuh yang tidak stabil, mengkonsumsi makanan penyebab jerawat, sampai dengan kurang menjaga kebersihan tubuh. Namun dari berbagai faktor tersebut banyak hal lainnya yang juga berperan penting terhadap munculnya jerawat namun sering terabaikan.

1. Memakai Helm
Bagi yang sering bepergian dengan menggunakan motor helm merupakan peralatan berkendara yang wajib dipakai, namun tahukan anda bahwasanya helm juga berperan terhadap munculnya jerawat? kebanyakan orang sering kali mengabaikan kebersihan helm, mungkin hal ini juga terjadi pada anda, helm yang sering kita pakai mudah sekali terkena kotoran dan polusi dijalan, dan kotoran yang menempel pada helem tersebut bisa langsung bersentuhan dengan wajah kita yang pada akhirnya bersamaan dengan minyak wajah dan kulit mati mengakibatkan tertutupnya pori-pori kulit.

Untuk menghindari munculnya jerawat akibat memakai helm, anda bisa mencuci helm minimal sekali dalam sebulan, membersihkan wajah setelah menggunakan helm, dan usahakan tidak menggunakan helm yang terlalu rapat.

2. Rambut Kotor
Rambut berminyak dan kotor menjadi salah satu penyebab jerawat yang kurang begitu diperhatikan, minyak pada rabut dihasilkan oleh kulit kepala untuk menjaga kelembapan rambut namun jika minyak yang dihasilkan terlalu banyak dapat menyebabkan rambut menjadi mudah kotor. minyak dan kotoran rambut tersebut dapat menempel pada bagian tubuh seperti dahi, leher, bahu, dan punggung yang akhirnya mengakibatkan pori-pori kulit tertutup sehingga terbentuklah jerawat. Cuci rambut anda sekali dalam sehari, bagi yang memiliki jerawat di dahi usahakan jauhkan rambut menutupi wajah.

3. Tas Punggung
Apabila anda memiliki jerawat dibagian tubuh seperti bahu dan punggung mungkin tas punggung lah yang menjadi penyebab utama, hal ini sering terjadi pada mereka yang suka memakai tas atau peralatan lain yang diletakkan di bahu, menggunakan tas yang berat dan dengan waktu yang lama dapat mengakibatkan kulit yang bersentuhan langsung menjadi stres dan mudah mengeluarkan keringat. Keringat yang tidak segera dibersihkan dapat menjadikan tempat yang cocok untuk bakteri berkembang biak terutama bakteri jerawat. Untuk mencegahnya hirndari terlalu lama menggunakan tas punggung terutama saat kondisi cuaca panas.

4. Sisa Makanan Yang Menempel
Mungkin kurang anda begitu sadari saat makan, minyak dan bumbu makanan dapat menempel pada bagian bibir dan kulit sekita mulut, sisa makanan tersebut dapat membuat kulit menjadi kotor dan pori-pori kulit tertutup yang pada akhirnya dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Jika anda sering mendapati jerawat muncul di bibir dan sekitar mulut mungkin sisa makanan lah yang menjadi penyebab utama, usahakan saat selesai makan untuk selalu mencuci mulut, gunakan cleanser dengan kandungan salicylic acid yang mampu mengangkat minyak dan kotoran pada kulit.

5. Merokok
Asap rokok dapat menyebabkan kadar oksigen dalam tubuh berkurang, zat racun dalam asap rokok yang berupa karsinogenik dapat mengakibatkan kulit menjadi keriput, kolagen kulit rusak, dan yang terpenting adalah dapat mengakibatkan munculnya kanker. selain itu karsinogenik juga dapat mengakibatkan kulit menjadi kering sehingga dapat memicu kulit untuk lebih banyak memproduksi minyak yang akhirnya memicu pertumbuhan jerawat lebih banyak.

Cara paling mudah untuk menghindarinya adalah dengan cara berhenti merokok, dan jika anda tidak merokok maka pastikan untuk jauh dari orang-orang yang sedang merokok.

6. Stres 
Stres sangat berpengaruh terhadap kondisi hormon dalam tubuh, bagi mereka yang memiliki tingkat stres tinggi dapat mengakibatkan tubuh lebih banyak memproduksi hormon kortisol, hormon ini merupakan salah satu jenis hormon yang mengakibatkan produksi sebum atau minyak kultit meningkat. Untuk mengatasinya banyak lah melakukan kegiatan yang dapat menghilangkan stres seperti tidur, olagraga, dan berwisata.

7. Berjemur Dibawah Sinar Matahari
Berjemur dibawah sinar matahari dipagi hari mungkin baik untuk kesehatan tubuh, namun jika kalian suka berjemur dibawah sinar mathari saat siang hari mungkin sebaiknya segera kalian hentikan, sinar matahari dapat menyebabkan kondisi jerawat menjadi lebih parah, kulit memerah, dan mengakibatkan kulit menjadi lebih berminyak dari biasanya. Baca juga: 5 Cara Alternatif Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar