5 Cara Alternatif Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

5 Cara Alternatif Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat, dari yang mahal seperti perawatan disalon kecantikan sampai dengan yang tanpa biaya dengan menggunakan bahan alami yang ada dirumah, jerawat merupakan masalah kulit yang paling banyak dialami oleh para remaja yang memasuki masa dewasa, namun jerawat juga dapat muncul pada anak-anak ataupun pada orang dewasa.

Pengobatan jerawat alternatif kini juga sudah banyak dilakukan, bahan-bahan yang digunakan juga terbilang unik, mulai dari pasta gigi sampai dengan garam dapur. Namun jangan anda remehkan terlebih dahulu karena sudah banyak para penderita jerawat yang jerawatnya hilang dengan menggunakan bahan tersebut. Untuk lebih lanjut mari kita bahas satu persatu.

1. Pasta Gigi/ Odol
Pasta gigi bukanlah produk yang memang dibuat untuk menghilangkan jerawat, namun kandungan senyawa kimia didalamnya mampu membersihkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada kulit, selain itu pasta gigi juga mengandung senyawa anti bakteri berupa triclosan dan hydrogen peroxide yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Gunakan pasta gigi yang bewarna putih, rendah atau tanpa kandungan fluoride, dan jika anda punya pasta gigi herbal atau alami maka lebih baik menggunakanya karena lebih aman dan tanpa efek buruk. Untuk menggunakan pasta gigi terlebih dahulu cuci wajah anda dengan menggunakan air hangat agar pori-pori kulit terbuka dan nantinya pasta gigi dapat meresap kedalam kulit, oleskan pasta gigi pada kulit yang terdapat jerawat, biarkan selama 1-2 jam atau anda bisa menggunakanya semalaman, kemudian cuci dengan menggunakan air dingin, ulangi langkah ini sekali dalam sehari.

Pasta gigi jika digunakan terlalu sering dan jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, dan kulit mengelupas, namun jika jerawat tetap tidak hilang maka segera konsultasikan pada dokter spesialis.

2. Suplemen Mineral Dan Vitamin
Mengkonsumsi suplemen juga dapat menjadi salah satu rujukan untuk pengobatan jerawat, suplemen yang baik untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat biasanya berupa mineral zinc dan selenium, serta vitamin A, B, C, D, dam E. Mineral dan vitamin tersebut sangat penting bagi tubuh terutama untuk kesehatan kulit.

Mineral dan vitamin tersebut dapat bertindak sebagai antioksidan, anti inflamasi, dan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat. Sebelum mengkonsumsi suplemen sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kulit, atau pilih produk suplemen yang benar-benar diperuntukkan untuk menghilangkan jerawat. Untuk suplemen vitamin A perlu berhati-hati untuk mengonsumsinya karena jika berlebih dapat mengakibatkan gangguan organ hati.

3. Baking Soda
Baking soda atau soda kue merupakan bahan tambahan dalam proses pembuatan kue agar lebih mengembang, namun soda kue juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Baking soda merupakan senyawa amfoter yang dapat bersifat asam maupun basa sehingga dapat digunakan untuk menetralkan kondisi pH kulit, baking soda juga dapat menghilangkan minyak kulit berlebih, bertindak sebagai anti peradangan, anti bakteri dan dapat mengangkat sel kulit mati.

Cara terbaik untuk menggunakan baking soda adalah sebagia masker wajah, campurkan dua sendok makan baking soda dengan dua sendok makan air bersih, cuci terlebih dahulu wajah dengan air hangat dan keringkan, oleskan baking soda yang telah menjadi pasta pada kulit wajah yang terdapat jerawat, biarkan selama 10-15 menit, kemudian cuci sampai berih.

Anda juga bisa menggunakan masker baking soda semalaman namun dapat membuat kulit terasa kering, jika jerawat anda dalam kondisi terbuka menggunakan masker baking soda dapat mengakibatkan rasa perih.

4. Listerin / Obat Kumur
Sama halnya dengan pasta gigi, obat kumur juga merupakan produk untuk membersihkan gigi, namun penggunaannya untuk menghilangkan jerawat kurang begitu populer dibandingkan dengan pasta gigi. Obat kumur mengandung senyawa antiseptik yakni bahan kimia yang dapat menghambat dan membunuh mikro organisme seperti bakteri dan jamur yang hidup pada jaringan hidup seperti kulit.

Obat kumur biasanya digunakan untuk membersihkan kulit setelah anda selesai memencet jerawat atau komedo, namun anda juga bisa menggunakan oba kumur untuk mencuci muka sebelum pergi tidur untuk mencegah pertumbuhan jerawat.

5. Garam Laut
Garam laut sudah terkenal dari dulu karena dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit yang disebabkan baik oleh bakteri maupun kutu, garam laut dapat digunakan untuk menetralkan pH kulit, cleanser, dan antibiotik. Sifat osmotik pada garam memiliki peranan yang sangat pentin, saat bakteri berada didalam larutan garam dengan konsentrasi tinggi maka air yang berada didalam sel bakteri akan dengan sendirinya keluar sehingga mengakibatkan bakteri mengkerut dan mati.

Untuk memanfaatkan garam anda bisa menggunakanya untuk masker, scrub, air mandi, maupun untuk mencuci wajah. Beberapa penelitian mengatakan bahwa garam yang ber iodine dapat menyebabkan munculnya jerawat baru untuk itu agar lebih aman anda dapat menggunakan garam kasar yang kemudian dihaluskan. Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Menggunakan Pasta Gigi.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar