Cara Mengempeskan Jerawat Meradang Dengan Sekejap

RumahJerawat - Jika anda memiliki jerawat pastinya seringkali kalian merasakan jerawat yang ada di kulit wajah anda menjadi meradang dan memerah, selain itu menjadi sakit saat dipegang. Jerawat yang meradang bukan tanpa alasan, banyak sekali faktor yang menyebabkannya seperti makanan, obat, dan hormon tubuh. Namun untuk mengatasinya bukanlah hal yang sulit, dengan mengkonsumsi obat-obatan dan perawatan wajah yang tepat jerawat yang meradang tersebut sudah dapat dipastikan dapat mengempes dengan sekejap.
A. Penyebab Jerawat Meradang
Jerawat memang banyak faktor yang menyebabkan muncul terus menerus. Faktor internal seperti hormonal, atau bahkan stres pikiran dapat merangsang produksi minyak yang dapat menimbulkan jerawat. Faktor luar seringkali berupa sumbatan karena sisa-sisa make up yang keras bersih dibersihkan maupun karena debu. Selain itu masalah jerawat yang meradang kerap kali terjadi dan hal ini pastinya bikin anda merasa sangat tidak nyaman. Berikut beberapa penyebab utama yang dapat menyebabkan jerawat dikulit wajah anda menjadi meradang:
1. Makanan
Orang yang berjerawat harus benar-benar dapat menghindari makanan penyebab jerawat. Makanan banyak mempengaruhi tubuh, terutama dalam hal jerawat. Asupan makanan yang salah dapat menyebabkan masalah jerawat menjadi lebih meradang dan memburuk. Makanan yang biasa menyebabkan jerawat meradang seperti makanan berlemak, tinggi protein, dari bahan kacang-kacangan, mengandung susu sapi, dan tinggi gula.

2. Obat-obatan
Ada beberapa jenis obat yang ternyata dapat memperparah kondisi jerawat. Tidak disebutkan jelas merknya, tetapi umumnya obat-obatan ini kaya kandungan iodides, bromides atau steroid.

3. Hormon Tidak Seimbang
Hormon memberi pengaruh besar terhadap kondisi jerawat anda, saat anda mengalami stres, datang bulan, maupun saat habil kondisi hormon dalam tubuh menjadi tidak setabil dan faktor inilah yang dapat membuat jerawat yang anda miliki menjadi meradang dan memerah.

4. Tidak cocok produk kosmetik
Sebagian besar kosmetik ternyata dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Apalagi Anda tidak memiliki kebiasaan yang benar soal membersihkan wajah, alhasil lambat laun kotoran dan bakteri akan menumpuk di pori-pori dan menyebabkan penyumbatan serta jerawat.

5. Kotoran, Debu, Dan Polusi
Mungkin anda pernah merasakan saat keluar rumah menggunakan sepedah motor dan memakai helm kemudian setibanya dirumah jerawat yang ada menjadi memerah dan terasa gatal, hal ini disebabkan karena adanya debu dan kotoran baik yang ada di helm yang anda pakai atau udara asap motor mengotori kulit anda dan bakteri dalam polusi tersebut menginfeksi jerawat yang telah ada.

6. Stres
Stres ternyata memicu tumbuhnya jerawat dari dalam. Kondisi ketidakseimbangan psikis mendorong hormon menciptakan jerawat. Stres juga sangat mempengaruhi penampilan kulit. Amati saja bagaimana kulit Anda lebih kusam dan tampak ada garis-garis tipis saat sedang stres.

B. Cara Cepat Mengempeskan Jerawat Meradang
Untuk mencegah agar jerawat tidak bertambah parah, kamu perlu membersihkan kulit secara rutin dan maksimal. Gunakan rangkaian produk pembersih wajah yang lengkap dan sesuai dengan kulitmu. Mulai dari cleanser, toner, hingga penyegar. Tak cukup hanya dibersihkan, bagian yang berjerawat perlu perawatan khusus agar inflamasi tidak bertambah parah dan cepat kering. Gunakan salep anti-jerawat yang mengandung bahan anti-inflamasi, antiseptik, dan retinoid. Tidak perlu mengoleskan terlalu banyak. Gunakan secukupnya saja, tepat di bagian yang berjerawat sebelum tidur.

C. Cara Alami Merawat Jerawat Yang Meradang
Untuk atasi jerawat meradang anda bisa melakukannya tidak hanya dengan menggunakan obat, beberapa perawat sederhana juga perlu anda lakukan agar memastikan kebersihan kulit dan menghindari jerawat meradang kembali.
1. Hindari Memijat Jerawat
Sebaiknya hindari memencet jerawat karena hanya akan membuatnya semakin meradang. Jika proses pemencetan jerawat tidak tuntas dan higienis, maka dapat mengakibatkan inflamasi. Selain itu juga menyebabkan pembengkakan di area lainnya pada wajah.

2. Cuci Muka Dengan Air Hangat
Setelah menggunakan masker disarankan mencuci muka dengan air hangat, gunakan handuk lembut untuk membersihkannya. Disarankan juga menggunakan pelembap non-oil serta non-parfum untuk melembapkan wajah.

3. Gunakan Masker Alami
Masker tradisional bisa menjadi pilihan tepat penghilang jerawat. Pilih yang berjenis organik yang berasal dari pencampuran susu, cinnamon dan madu. Nutrisi dari kandungan madu dan susu bersifat membersihkan dan mencegah bakteri penyebab jerawat.

Campurkan semuanya itu hingga agak mengental. Kemudian gosokkan masker tersebut ke seluruh area wajah. Tunggu hingga mengering dalam waktu sekitar 20 menit. Biarkan sampai empat jam ke depan, baru mencucinya. Untuk hasil yang lebih maksimal, aplikasikan masker tersebut menjelang tidur hingga pagi hari.

4. Kompres Dengan Es Batu
Aplikasikan es batu yang higienis pada area wajah yang terinfeksi. Es akan membantu mencegah pembengkakkan yang semakin meradang akibat inflamasi. Selain itu juga mengurangi nyeri yang disebabkan jerawat.

5. Mencuci Wajah Secara Teratur
Cuci wajah dengan menggunakan sabun berjenis ‘mild soap’, direkomendasikan menggunakan sabuna wajah berjenis ‘non-dry’. Hal ini dapat menghilangkan semua kotoran dan sisa makeup pemicu jerawat.

6. Konsumsi Air
Minum banyak air sepanjang hari karena mencegah membengkaknya jerawat yang disebabkan peradangan bakteri dan racun. Air juga dapat membersihkan dan membantu melembutkan kulit wajah. Baca artikel menarik lainnya: 10 Bahaya Kebiasaan Terlalu Lama Menggunakan Headset.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar