Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut Membandel

RumahJerawat - Kutu rambut atau juga sering disebut dengan kutu kepala merupakan salah satu masalah yang sering kali dialami oleh anak-anak usia bermain, namun juga tak jarang terjadi pada orang dewasa terutama bagi mereka yang tinggal dalam asrama atau kos. Kutu rambut merupakan salah satu jenis hewan dalam kategori serangga, hidup dikepala manusia dan berkembang biak dengan memakan sel-sel mati kulit kepala dan darah. Memiliki kutu rambut dikepala merupakan salah satu mimpi buruk bagi semua orang karena pada malah hari kutu rambut akan lebih aktif beraktifitas sehingga dapat mengakibatkan gatal tak tertahankan.
A. Tentang Kutu Rambut
Kutu kepala adalah sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup di bagian kepala. Kutu betina mampu bertelur enam buah sehari. Telur ini selalu melekat dengan kuat pada rambut. Telur-telur ini akan menetas setelah kurang lebih 8 hari.

Seseorang yang memiliki kutu rambut biasanya ditandai dengan terdapatnya telur-telur kutu yang kecil yang nampak bersinar dan berwarna putih. Ia terlihat seperti ketombe tetapi tidak mudah lepas. Tanda-tanda merah pada permukaan kepala, leher dan belakang telinga. Tanda-tanda bengkak terlihat di belakang telinga. Gatal yang kuat pada permukaan kepala yang disebabkan oleh zat yang terkandung di dalam air liur kutu kepala.

B. Cara Penularan Kutu Rambut
Kutu rambut hanya diidap manusia dan hanya dapat menular antarmanusia saja. Parasit ini tidak dapat ditularkan pada hewan atau pun sebaliknya. Penularan kutu rambut dapat terjadi melalui:

1. Kontak tidak langsung. Penularan ini terjadi melalui perantara benda terkontaminasi kutu atau telur kutu yang dipakai bersama-sama. Contohnya sikat rambut, sisir, helm, topi, seprai, bantal, earphone, handuk, atau baju. Walau demikian, penularan dengan cara ini sangat jarang terjadi.

2. Kontak langsung. Penularan ini terjadi ketika rambut seseorang bersentuhan dengan rambut penderita yang memungkinkan kutu rambut merayap dan berpindah tempat.

Kutu rambut tidak bisa terbang atau melompat dari satu kepala ke kepala orang lain. Infeksi kutu rambut tidak berkaitan dengan kebersihan rambut seseorang juga.

C. Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut
Cara cepat dan ampuh untuk hilangkan kutu rambut yakni dengan menggunakan produk kimia yang dijual dipasaran yang memamng khusus digunakan untuk membasmi kutu, biasanya berupa serbuk, sabun, atau cairan yang dioleskan langsung pada rambut. Pemeriksaan ke dokter hanya dianjurkan jika obat kutu rambut yang Anda beli langsung di apotek tidak menunjukkan hasilnya. Kemungkinan dokter akan meresepkan obat seperti:

1. Lindane
Obat antiparasit ini sebenarnya masuk ke dalam kategori obat keras dan dilarang digunakan oleh mereka yang memiliki riwayat kejang-kejang, positif HIV, wanita mengandung, dan memiliki berat badan di bawah 50 kilogram. Lindane untuk kutu rambut tersedia dalam bentuk sampo.

2. Benzyl alcohol
Obat ini mampu membunuh kutu rambut dengan cara memutus pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh parasit tersebut. Dilarang untuk memberikan benzyl alcohol pada anak usia di bawah enam bulan. Efek samping yang mungkin terjadi setelah menggunakan obat ini adalah gatal dan merah di kulit kepala. Obat ini juga diduga dapat menyebabkan kejang dan efek samping parah lainnya pada bayi baru lahir ketika digunakan mensterilkan alat medis.

3. Malathion
Obat antiparasit berbentuk sampo ini berisi kandungan alkohol tinggi dan hanya boleh digunakan pada orang-orang di atas usia 6 tahun. Karena kandungan alkoholnya yang tinggi, maka tidak dibolehkan untuk menggunakannya dengan pengering rambut elektrik atau dekat dengan api. Untuk petunjuk penggunaan malathion, ikuti saran dokter atau baca informasi yang tertera pada kemasan obat.

D. Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut
Selain menggunakan bahan kimia yang bisa langsung dibeli di toko obat, anda juga bisa menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar anda. Cara ini mungkin tidak secepat dengan produk kimia namun juga cukup ampuh untuk hilangkan kutu.
1. Bawang putih
Bila mencari minyak-minyak di atas cukup mempersulit Anda, maka Anda bisa menggunakan bawang putih. Kupas bawang putih, haluskan sampai seperti pasta, kemudian tambahkan 3 sdm jeruk nipis dan aduk merata. Oleskan menyeluruh pada rambut dan biarkan sejenak. Setelah agak kering, sisir rambut dan kutu akan berjatuhan.

2. Sabun Pencuci Piring
Sabun pencuci piring tidak dapat membunuh kutu rambut. Namun, kandungan di dalamnya dapat menghilangkan cairan lengket yang menempelkan kutu dan telur kutu pada rambut. Hasilnya, kedua hewan tersebut lebih mudah dirontokkan menggunakan sisir khusus.

3. Petroleum Jelly
Memiliki karakteristik seperti minyak kelapa, bahan alami yang satu ini juga bermanfaat membunuh kutu di rambut.

4. Minyak atsiri
Jenis minyak esensial yang satu ini juga ampuh membunuh kutu. Anda bisa menggunakan jenis minyak tea tree, jojoba atau rosemary. Caranya massage minyak ke seluruh kulit kepala dan rambut, tutup kepala Anda dengan shower cap dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, sisir rambut Anda untuk menyingkirkan kutu dan keramas seperti biasa.

5. Minyak kelapa
Massage minyak kelapa pada rambut Anda kemudian diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, tundukkan kepala dan sisir rambut Anda dengan sisir rapat sehingga kutu-kutu yang ada di rambut berjatuhan. Minyak kelapa ini akan membuat si kutu pingsan, sehingga dengan mudah Anda bisa menangkap mereka.

6. Cuka apel
Gunakan cuka apel untuk keramas dan massage kulit kepala Anda. Diamkan sejenak dan keramas lagi menggunakan shampo seperti biasa.

7. Sisir Khusus Kutu
Selain menggunakan produk khusus, bisa juga menyiasatinya dengan menggunakan sisir kutu. Jenis sisir yang didesain dengan gigi rapat ini dapat menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Agar lebih efektif, sebelum mengaplikasikannya, belah rambut menjadi beberapa bagian. Sisirlah mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Lakukan secara merata pada seluruh bagian rambut.

Anda perlu melakukan perawatan rambut berkutu dengan cara diatas secara rutin 2-4 hari sekali agar telur yang baru menetas tidak dapat tubuh besar dan menghasilkan telur.

E. Cara Mencegah Kutu Rambut
1. Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti sisir, sikat rambut, bantal, selimut, pakaian, dan sebagainya untuk mencegah penularan kutu rambut.
2. Sebisa mungkin menjaga jarak dengan penderita kutu rambut dan jika perlu hindari kontak dengannya untuk sementara waktu.
3. Rutin memeriksa keberadaan kutu rambut dengan menggunakan sisir serit sebagai penanganan dini sebelum menyebar pada orang lain.
4. Hindari kontak kepala dengan kepala saat melakukan aktivitas di dalam rumah atau di luar rumah.
Baca artikel lainnya: 7 Suplemen Untuk Menghilangkan Jerawat Dari Dalam.

Artikel Terkait

2 komentar:

jaya Pancing mengatakan...

thanks gan artikelnya..
liat liat blog kami di http://jayapancing.com/

Essen Kilo Gebrus Nila mengatakan...

terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-kilo-gebrus-nila/

Posting Komentar