7 Suplemen Untuk Menghilangkan Jerawat Dari Dalam

7 Suplemen Untuk Menghilangkan Jerawat Dari Dalam - Menghilangkan jerawat tidak harus menggunakan obat-obatan, penggunaan cara lain seperti bahan alami dan suplemen juga bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa anda pilih, namun menghilangkan jerawat dengan menggunakan suplemen kurang begitu populer dimasyarakat karena efeknya tidak langsung terlihat namun jika dipadukan dengan pengobatan luar seperti krim atau gel oles maka jerawat akan lebih cepat menghilang.

Suplemen yang dapat mempercepat proses penyembuhan dan mampu mencegah pertumbuhan jerawat dari dalam tubuh biasanya berupa vitamin dan mineral, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa jenis suplemen yang baik untuk menghilangkan jerawat:

1. Vitamin A
Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang wajib anda perhatikan, memiliki fungsi utama sebagai antioksidan dimana dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas penyebab kerusakan sel, Selain itu vitamin A penting bagi kulit karena dapat mengobati kulit berjerawat serta mempercepat regenerasi sel kulit, selain itu vitamin A juga dapat menghambat produksi sebum (minyak kulit) yang berlebih dan mengatasi jerawat yang meradang.

Sebelum anda mengkonsumsi suplemen vitamin A yang perlu anda perhatikan adalah memperhatikan terlebih dahulu kondisi tubuh anda, seseorang yang mengalami kekurangan vitamin A akan memiliki beberapa gejala seperti kulit yang mudah terinfeksi, kulit kasar, kulit kering, jerawat yang meradang, dan sulit melihat pada malam hari. Namun untuk lebih berhati-hati konsultasikan pada dokter ahli terutama bagi wanita yang sedang menjalani progam kehamilan.

2. Vitamin B (5, 6, 7, 12)
Vitamin B mungkin kalian jarang sekali melihatnya, namun vitamin B memiliki peranan yang penting terutama bagi mereka yang sedang sakit dan kurang nafsu makan, vitamin B memiliki beberapa fungsi penting yang tidak bisa dielakkan, seperti mempercepat penyembuhan orang sakit dan meningkatkan nafsu makan. Namun apa perananya untuk mengatasi jerawat? vitamin B sendiri memiliki peranan yakni membantu tubuh mencerna karbohidrat, protein, dan lemak serta merubahnya menjadi energi, dengan begitu vitamin B mampu menjaga sistem imun tubuh, melindungi sistem syaraf, serta berkaitan terhadap seluruh kesehatan tubuh terutama kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin B anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen atau makanan yang kaya vitamin B, serta menggunakan krim wajah yang mengandung vitamin B.

3. Vitamin C
Vitamin C mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kalian, sama halnya dengan vitamin A, pada vitamin C juga memiliki fungsi utama sebagai antioksidan, namun fungsi lain yang penting bagi penyembuhan jerawat dan bekasnya adalah vitamin C dapat membantu kulit dalam proses produksi kolagen, sehingga kulit akan lebih terlihat cerah dan kencang, selain itu vitamin C juga dapat berperan sebagai antibiotik dan menghambat proses pigmentasi penyebab timbulnya flek hitam dikulit.

Anda bisa mengkonsumsi vitamin C melebihi dosis karena jenis vitamin ini tidak mengakibatkan racun didalam tubuh dan mudah dikeluarkan oleh tubuh lewat urin dan feses.

4. Vitamin D
Vitamin D dapat menghambat gland sebasea untuk lebih sedikit memproduksi sebum, karena sebum (minyak kulit) ini merupakan faktor utama penyebab tertutupnya pori-pori kulit, fungsi lain vitamin D untuk jerawat yakni dapat membantu mengatasi jerawat yang meradang dan dapat bersifat antibakteri jika mengkonsumsinya dalam dosis yang tepat.

Beberapa orang yang memiliki kandungan vitamin D rendah didalam tubuhnya biasanya akan menunjukkan gejala seperti otot lemah, sulit tidur, mudah sakit, dan mudah stres.

5. Vitamin E
Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang sangat dibutuhkan tubuh, selain itu juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dikulit terutama jerawat, Vitamin E juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari, dan mampu mengurangi produksi sebum berlebih.

6. Mineral Selenium
Mineral selenium memiliki peranan besar didalam tubuh manusia, berfungsi sebagai antioksidan dalam melawan jerawat, beberapa hasi penelitian mengatakan bahwasanya jika seseorang sedang mengalami jerawat maka dalam tubuhnya mengandung mineral selenium yang rendah dibandingkan seseorang tanpa jerawat.

7. Mineral Zinc
Salah satu jenis mineral lain yang penting bagi kesehatan kulit adalah mineral zinc, jenis mineral ini mampu menetralkan efek negatif hormon dalam tubuh yang tidak stabil, mengurangi produksi sebum yang berlebih, penting dalam sistem imun tubuh, serta selalu menjaga kesehatan otak.

Belum banyak penelitian yang menyebutkan apakah zinc yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen lebih baik dari pada zinc yang digunakan secara oles atau topikal dalam bentuk krim dalam hal peranannya untuk menghilangkan jerawat, namun anda bisa mencobanya satu persatu atau sekaligus.
Baca juga: 8 Masker Alami Untuk Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat.

Artikel Terkait

1 komentar:

InTips mengatakan...

saya setuju dengan anda, permasalahan tentang kesehatan tidak melulu harus minum obat, kita perlu juga memberikannya asupan gizi sehingga bermanfaat juga sebagai obat dari dalam.
cara alami menghilangkan bekas jerawat

Posting Komentar