8 Masker Alami Untuk Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Masker Alami Untuk Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat - Bekas jerawat sering kali menjadi masalah kulit kedua paling sulit dihilangi setelah jerawat itu sendiri, saat jerawat sembuh kulit akan meninggalkan bekas jerawat berupa flek hitam dan jaringan parut. Flek hitam atau yang lebih sering disebut hiperpigmentasi merupakan warna  hitam maupun merah dikulit yang tertinggal setelah jerawat sembuh, jika dibiarkan begitu saja dapat hilang dengan sendirinya namun membutuhkan waktu satu bulan sampai setahun.

Flek hitam bekas jerawat umum terjadi pada orang asia terutama orang Indonesia, anda bisa melakukan beberapa perawatan untuk menghilangkan flek hitam, krim dengan kandungan vitamin C, asam kojik, dan arbutin sudah terbukti ampuh dapat menghilangkan bekas jerawat namun karena krim dengan kandungan tersebut biasanya memiliki harga yang terbilang cukup mahal maka kebanyakan orang lebih memilih menggunakan bahan alternatif dan alami.

Masker Alami Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
1. Masker Timun
Timun sudah banyak diketahui oleh masyarakat umum akan manfaat dan khasiatnya, dalam hal menghilangkan bekas jerawat timun mengandung senyawa yang disebut astringent, senyawa ini dapat membersihkan minyak kulit berlebih, mengecilkan pori-pori kulit, mengangkat sel kulit mati, dan memutihkan kulit yang kusam. Untuk membuat masker timun berikut tutorialnya:

- Siapkan satu buah timun ukuran sedang, kupas dan blender sampai lembut.
- Saring airnya dengan menggunakan kain bersih.
- Gunakan bola kapas untuk meratakan air perasan timun pada kulit yang terdapat flek hitam
- Biarkan selama 20-30 menit atau sampai kering
- Cuci bersih dan keringkan
- Lakukan cara ini satu kali dalam sehari

Jika anda tidak ingin repot anda bisa langsung menggosokkan potongan mentimun pada kulit yang terdapat bekas jerawat, namun pastinya efek yang diberikan kurang begitu maksimal.

2. Masker Lidah Buaya
Sudah ratusan tahun tanaman lidah buaya dikenal sebagai tanaman obat, terkenal akan manfaatnya dalam mengobati kulit yang terbakar, iritasi, dan alergi. Lidah buaya mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk menghilangkan bekas jerawat seperti vitamin C, A, E, asam folat, B1, B2, B3 (niasin) dan B6. vitamin-vitamin dalam lidah buaya tersebut dapat berfungsi sebagai zat antioksidan alami serta dapat mengangkat sel kulit mati serta menghambat proses pigmentasi kulit.

- Siapkan potongan daun lidah buaya secukupnya
- Kupas kulit kemudian oleskan langsung pada kulit
- Biarkan selama 20-30 menit
- Cuci bersih dan keringkan
- Ulangi cara ini 1-2 kali dalam sehari

3. Masker Alpukat Dan Madu
Alpukat dan madu merupakan dua bahan alami kaya nutrisi yang baik utnuk kesehatan kulit, pada alpukat mengandung banyak vitamn C yang berguna sebagai antioksidan, mempercepat peremajaan kulit, dan menghambat proses penuaan kulit.

- Siapkan satu buah alpukat segar dan madu alami
- Ambil daging buah alpukat secukupnya kemudian lumat sampai halus
- Campurkan dengan satu sendok makan madu
- Ratakan pada seluruh wajah terutama bagian yang terdapat bekas jerawat
- Biarkan selama kurang lebih 30-60 menit
- Kemudian cuci bersih dan keringkan
- Ulangi cara ini satu kali dalam sehari

4. Masker Baking Soda
Baking soda dapat digunakan sebagai bahan exfoliate karena dapat mengangkat sel kulit mati, minyak berlebih, dan kotoran yang mnempel pada kulit. Selain itu baking soda juga dapat mempercepat proses pembentukan kolagen dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru.

- Campurkan satu sendok makan baking soda dengan dua sendok makan air bersih
- Aduk sampai rata kemudian oleskan pada kulit yang terdapat bekas jerawat
- Biarkan selama 2-5 menit
- Pijat dengan lembut kemudian cuci sampai bersih
- Ulangi cara ini 1-2 kali dalam sebulan.

5. Masker Jeruk Nipis
Jeruk nipis mengandung vitamin C yang dapat mempercepat proses peremajaan kulit, kandungan asam sitrat didalamnya berguna untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak kulit, serta astrigen dalam jeruk nipis mampu mengencangkan dan menghaluskan kulit.

- Siapkan satu buah jeruk nipis segar kemudian peras airnya
- Gunakan bola kapas untuk meratakan pada bagian kulit yang terdapat bekas jerawat
- Biarkan selama 5-10 menit kemudian cuci dengan menggunakan air hangat
- Ulangi cara ini satu kali dalam seminggu

6, 7, 8. Masker Tomat, Kentang, dan Pisang
Tomat merupakan salah satu jenis buah yang banyak digunakan dalam masakan, mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan alami yang baik utnuk perawatan kulit terutama untuk memudarkan bekas jerawat. Kentang tinggi akan kandungan pati, mengandung senyawa pemutih kulit alami didalamnya yang baik untuk mencerahkan dan memudarkan flek hitam. Pada buah pisang kaya akan vitamin A, B, C, dan E, serta tinggi mineral zinc, nutrisi dalam pisang tersebut dibutuhkan kulit agar tetap sehat, terhindar dari radikal bebas, dan mempercepat proses peremajaan kulit. Anda bisa membuat masker wajah dari ketiga bahan ini baik sendiri-sendiri maupun dicampur. Baca juga: Tips Bebas Jerawat: 6 Tips Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar