Bau Mulut Tak Sedap: Penyebab Dan Cara Menghilangkannya Secara Alami

Menghilangkan Bau Mulut - Mungkin kalian pernah mendengan "ih... bau mulut lo gak enak", mungkin kata-kata ini pernah keluar dari orang yang berada didekat anda. Bau mulut umumnya tidak disadari oleh pemiliknya dan orang yang berada disekitarnya yang pertama kali menyadarinya dan hal ini memang wajar. Bau mulut dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari faktor penyakit sampai faktor kebiasaan yang sering dilakukan seperti merokok.

Jika anda memiliki bau mulut yang disebabkan oleh penyakit dalam maka segeralah untuk konsultasikan pada dokter, namun jika anda mengalami bau mulut yang disebabkan oleh faktor kebiasaan maka tips menghilangkan bau mulut secara alami bisa anda coba.
A. Bau Mulut Akibat Penyakit Dalam
Bau mulut yang tidak sedap, umumnya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi dan lidah. Di dalam mulut terdapat sekitar 360 jenis bakteri. Jika bakteri jahatnya lebih banyak, akan timbul bau mulut. Perkembangan bakteri jahat ini bisa disebabkan karena banyak kotoran dalam mulut, misalnya sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan. Namun selain makanan dan kebiasaan hidup faktor lain seperti penyakit juga sangat berpengaruh terhadap kondisi mulut. Berikut beberapa jenis bau mulut disebabkan oleh penyakit.
1. Bau mulust seperti feses
Masalah bau mulut seperti feses kemungkinan berkaitan dengan infeksi gusi dan tenggorokan. "Salah satu masalah manusia modern adalah gusi yang terinfeksi. Oleh sebab itu pastikan menyikat gigi dua kali sehari, gunakan dental floss dan kunjungi dokter gigi secara teratur enam bulan selalu.

2. Bau mulut amis
Salah satu bau mulut yang paling berbahaya adalah jika bau mulut amis seperti bau ikan. Kemungkinan, Anda menderita masalah ginjal. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka akan ada penumpukan nitrogen. Nitrogen ini juga berperan dan membuat bau mulut tak sedap.

3. Bau mulut pagi hari
Mulut tidak ada yang berbau segar ketika mereka bangun tidur, tetapi jika ini terus terjadi hingga siang hari, mungkin ada penyebab lain. Bau mulut di pagi hari yang berkelanjutan identik dengan kondisi xerostomia, atau mulut kering.

Kurangnya air liur dapat menyebabkan bakteri berkembang biak sehingga menyebabkan bau mulut. Xerostomia dalam jangka waktu lama, biasanya dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Pastikan perbanyak minum air putih untuk menghindari rasa haus, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan dan sensasi terbakar di lidah.

4. Bau mulut seperti daging busuk
Ketika amandel meradang, bakteri anaerob akan kesulitan berada di bagian belakang lidah untuk memecah bahan kimia seperti biasa. Sementara bakteri Sulphur berkembang biak jauh lebih banyak ketika amandel. Dalam kasus yang jarang terjadi, bau ini juga bisa menunjukkan sirosis hati. Oleh sebab itu, disarankan untuk banyak minum air dan mencoba berkumur dengan larutan antiseptik ringan.

5. Bau mulut seperti susu
Bila bau mulut seperti asam susu, kemungkinan Anda diet terlalu ketat. Anda terlalu banyak mengonsumsi protein namun tidak ada karbohidrat. Lagi-lagi ini karena keton dalam tubuh. Hindari bau mulut saat diet dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan dental flossing atau mungkin menggunakan obat kumur.

6. Bau mulut seperti kapur barus
Orang dengan masalah sinus sering memancarkan bau mulut yang mirip kapur barus. "Ini karena lendir terbentuk ketika hidung tersumbat atau tenggorokan sesak.  Baunya sangat khas. Jika ini terjadi, coba obat over-the-counter dekongestan atau periksa apakah Anda mengalami sinusitis.

7. Bau mulut seperti permen
Bila bau mulut seperti gula atau permen, kemungkinan Anda mengidap diabetes. Hal ini terjadi karena ketika kekurangan insulin maka tubuh tidak dapat mengubah gula menjadi energi sehingga tubuh akan mulai memecah lemak sebagai gantinya. Sampah dari produksi insulin ini menghasilkan sendawa yang disebut keton. Jika ini terjadi, segera cek urine terutama jika Anda memiliki rasa haus yang berlebihan, kelelahan ekstrim, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dan sering buang air kecil.

B. Faktor Umum Penyebab Bau Mulut
Selain faktor penyakit yang telah dijelaskan diatas, ternyata masih banyak faktor seperti gaya hidup yang dapat menyebabkan mulut menjadi bau kurang sedap.
1. Obat
Beberapa obat dapat mengeringkan mulut. Obat anti-depresan dan penghilang rasa sakit dapat mengeringkan mulut. Dengan tidak adanya air liur, bau mulut akan meningkat.

2. Apnea tidur
Orang yang menderita apnea tidur tidak bisa bernapas melalui hidung. Akibatnya, mereka harus bernapas melalui mulut. Itu sebabnya, udara mengeringkan air liur dan memicu bau mulut.

3. Minum alkohol
Minum terlalu banyak alkohol dapat mengeringkan kelenjar ludah. Air liur biasanya bertindak sebagai media untuk menghapus bau yang dipicu oleh bakteri di dalam mulut.

4. Diet
Makanan yang kaya protein bisa memicu bau mulut. Hal ini dikarenakan asam amino bertindak sebagai tempat berkembang biaknya bakteri mulut.

5. Kurang minum
Minum cukup air tak hanya menjaga kebugaran dan mencegah dehidrasi, melainkan juga bisa mengatasi masalah bau mulut. Banyak minum air akan meningkatkan produksi saliva yang membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. MInum air juga mencegah mulut terlalu kering yang menjadi salah satu penyebab bau mulut.

6. Perdarahan gusi
Gusi berdarah membuat darah kadang-kadang menumpuk di dalam mulut sehingga akhirnya berbau tidak sedap.

7. Sariawan
Sariawan sering menyebabkan bau mulut tidak sedap karena pembentukan nanah dan infeksi.

8. Melewatkan sarapan
Sarapan tidak hanya baik untuk perut Anda, tetapi juga untuk mulut Anda. Sarapan pagi dapat membantu Anda meningkatkan produksi air liur dalam mulut dan membersihkan lidah dari bakteri penyebab bau mulut.

9. Makanan yang dikonsumsi
Makanan yang Anda konsumsi pun bisa menyebabkan bau mulut. Beberapa di antaranya adalah makanan seperti bawang putih, bawang merah, dan lainnya yang bisa menyebabkan bau mulut. Untuk mengatasinya, coba kunyah daun mint untuk menghilangkan bau mulut tak sedap.

10. Merokok
Sudah umum jika perokok selalu memiliki bau mulut yang kurang sedap, asap rokok yang menempel pada bagain mulut dan gigi sangat sulit untuk dihilangkan jika hanya dengan berkumur, perlu menggosok gigi dan lidah agar bau rokok benar-benar hilang.

D. Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami
Untuk menghilangkan bau mulut kurang sedap akibat faktor selain penyakit anda bisa melakukannya dengan mengkonsumsi makanan sehat berikut ini, kandungan zat aktif didalamnya mampu membersihkan bakteri penyebab bau mulut.
1. Yoghurt
Terakhir, cobalah untuk mengonsumsi yoghurt yang rendah lemak dan tanpa kandungan gula . Menurut para ilmuwan, yoghurt mengandung bakteri yang menekan berkembangnya sulfat pada mulut. Sulfat ini adalah salah satu penyebab bau napas tak sedap. Selain itu, yoghurt juga dapat membunuh bakteri jahat pada mulut.

Yoghurt dengan kandungan gula, tidak akan membantu menghilangkan bau napas tak sedap, namun justru memicu tumbuh kembangnya bakteri jahat di mulut Anda.

2. Daun Jambu
Daun jambu tidak hanya berfungsi untuk mengobati diare, namun mengunyah daun jambu juga dapat mengobati bau mulut tak sedap sekaligus memutihkan gigi secara alami. Mengunyah daun ketumbar atau daun mint, juga dapat membantu mengurangi bau napas yang tidak sedap.

3. Rempah-Rempah
Selain buah-buahan, beberapa jenis rempah seperti kapulaga dan cengkeh juga efektif untuk menghilangkan bau napas tak sedap. Beberapa jenis rempah ini juga dapat memberikan napas Anda menjadi lebih segar.

4. Buah Kaya Vitamin C
Makanan yang kaya akan vitamin C dapat membantu menghilangkan bau mulut karena mampu mencegah tumbuh kembang bakteri jahat pada mulut penyebab bau tak sedap. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C juga dapat mengurangi risiko terjadinya masalah pada gusi.

Buah-buahan kaya akan vitamin C seperti stroberi, ceri, dan jeruk terbukti efektif untuk mengobati halitosis secara natural. Selain itu, apel dan wortel juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada mulut. Lemon juga merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan dapat menghilangkan bau napas tak sedap tidak hanya karena halitosis, namun juga karena bau akibat mengonsumsi bawang. Asam sitrat yang terkandung dalam buah lemon terbukti dapat membunuh bakteri pada mulut. Baca juga artikel lainnya: Menghilangkan Bau Kaki Dengan Air Garam.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar