3 Tips Cara Mengobati Flu Secara Alami Paling Ampuh

Mengobati Flu - Flu merupakan salah satu penyakit ringan tapi paling mengganggu, anda tidak bisa berkerja maupun tidur dengan nyaman karena hidung tersumbat. Flu dapat menyerang karena beragam faktor dan faktor utamanya adalah karena kondisi kekebalan tubuh yang menurun. Pengobatan dengan obat-obatan atau dengan ramuan alami bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini, namun jika flu yang diderita tidak kunjung sembuh dalam kurun waktu satu minggu maka segera periksakan pada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat.
A. Penyebab Flu
Flu atau pilek dapat terjadi karena adanya peradangan pada daerah hidung akibat proses infeksi, alergi atau iritasi. Infeksi pada rongga hidung paling sering karena virus influenza dan bakteri yang beragam macamnya, umumnya sembuh dalam waktu 5-7 hari. Bila flu terjadi lebih lama ada kemungkinan bakteri sebagai penyebabnya. Pada pasien yang memiliki alergi, flu dapat merupakan salah satu gejala alergi, biasanya pemicu alergi merupakan sesuatu yang dapat dihirup seperti kutu debu, bulu binatang atau spora jamur, keadaan suhu ruangan yang terlalu dingin, minum es berlebihan, asap polusi dapat mengiritasi rongga hidung dan menyebabkan flu atau pilek baik langsung maupun tidak langsung.

Kondisi kekebalan tubuh yang menurun,  pikiran stres, dan hormon tubuh yang tidak stabil juga ikut andil besar kenapa seseorang mudah terkena flu.

B. Tanda Dan Gejala Penderita Flu
Gejala influenza diawali dengan demam, sakit kepala, dan sakit otot. Kemudian diikuti dengan batuk, pilek, nyeri menelan, dan suara serak. Keadaan ini dapat terjadi selama beberapa hari dan hilang dengan sendirinya. Setelah episode sakit ini, penderita mengalami rasa letih selama beberapa hari. Tapi pada umumnya ciri khas yang tampak dari penyakit ini berupa gangguan pernapasan yang timbulnya mendadak seperti panas tinggi dan hidung tersumbat.

Pada pasien usia lanjut, wanita hamil, atau penderita dengan kekebalan tubuh yang menurun, dapat terjadi komplikasi pada paru akibat infeksi sekunder oleh bakteri streptococcus pneumonia, Hemophilus influenza atau Staphylococcuc aureus.

C. Cara Mengobati Flu Secara Alami 
Cara yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit flu yang Anda derita. Salah satunya menjaga tubuh tetap terhidrasi, seperti diungkapkan kebanyakan oleh para ahli kesehatan. Berikutnya adalah dengan istirahat. Kelelahan ekstrem merupakan salah satu gejala flu. Oleh karena itu, sebaiknya habiskanlah lebih banyak waktu beristirahat di rumah. Selain dengan mengkonsumsi obat-obatan khusus untuk flu, anda juga dapat mengobati flu dengan menggunakan bahan alami, kandungan nutrisi dalam bahan alami diyakini dapat melawan virus dan bakteri dan meningkatkan daya tahan tubuh:
1. Ramuan Madu Dan Bawang Putih
Ramuan ini mampu mengurangi dan menyembuhkan gejala flu seperti demam dan batuk bila dikonsumsi secara teratur. Bawang putih kaya allicin, senyawa yang datang dengan properti anti-mikroba, yang dapat melawan penyakit yang menyebabkan mikroba seperti flu. Madu sendiri dipenuhi dengan antioksidan kuat yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mengobati flu secara efektif.

Campurkan 2 sdm madu dan 1 sdm air perasan bawang putih, aduk rata sampai membentuk pasta. Konsumsi pasta ini setelah sarapan dan makan malam setiap hari. Konsumsi obat alami ini setidaknya selama seminggu dan rasakan efek alaminya.

2. Ramuan Bawang Merah, Madu, Dan Lemon
Selain menyembuhkan batuk, ramuan ini juga baik buat kesehatan. Tapi sayang, minum terlalu sering ramuan ini bisa memicu bau badan menjadi kurang sedap.

Rebus bawang 1/2 kg bawang merah (kupas bersih, cuci, potong kasar) bersama 4 gelas air putih hingga mendidih. Usahakan merebus bawang merah hingga air yang semula 4 gelas berkurang dan tinggal 2 gelas saja. Jika sudah, angkat rebusan air bawang lalu saring. Siapkan gelas saji dan tambahkan 3 sdm air jeruk lemon, 2 sdm madu di dalamnya. Tuang ramuan bawang ke dalam gelas, aduk rata dan segera minum selagi masih hangat. Minum ramuan bawang 2 kali dalam sehari yakni di pagi dan malam hari untuk dapatkan hasil yang maksimal. 

3. Ramuan Madu Dan Jahe
Nutrisi yang terkandung di dalam jahe dipercaya mampu menghangatkan tubuh dan membunuh kuman serta bakteri di tubuh penyebab flu. Sementara madu, ia dipercaya mengandung berbagai nutrisi serta antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh semakin sehat.

Rebus 1 gelas besar air bersama 1 rimpang jahe (kupas, memarkan) hingga mendidih. Jika jahe sudah terlihat matang dan air mendidih sempurna, angkat. Masukkan 3 sdm madu ke dalam air jahe lalu aduk hingga rata. Tuang ke dalam gelas saji dan minum selagi masih panas atau hangat. Minum air jahe madu sebanyak 3 kali dalam sehari yakni saat pagi, siang dan malam hari. Dengan rutin konsumsi air ini, flu akan sembuh dengan baik. Tak hanya flu yang sembuh, minuman ini juga akan membuat kondisi tubuh makin sehat nan bugar.

Selain ketiga ramuan diatas anda juga bisa menggunakan kunyit, kayu manis sebagai obat alami yang efektif untuk mengobati pilek Anda. Masukkan sejumput kayu manis ke dalam air madu hangat yang Anda buat untuk menghentikan hidung meler. Baca artikel kesehatan lainnya: Tanda Dan Gejala Penyakit Tipes Yang Perlu Di Waspadai.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar