Bahaya Terlalu Lama Duduk Di Depan Layar Komputer

RumahJerawat - Pada zaman sekarang duduk didepan komputer ber jam-jam sudah dikatakan hal yang wajar baik di rumah, sekolah, maupun di tempat kerja. Namun tahukah anda bahwasanya dengan duduk terlalu lama didepan komputer dapat membuat tubuh anda terkena beragam penyakit yang mungkin tidak anda sadari. Penyakit-penyakit tersebut mungkin tidak langsung menyerang tubuh anda, namun dalam jangka panjang penyakit tersebut dapat secara perlahan merusak kesehatan anda.
A. Bahaya Terlalu Lama Di Depan Komputer
Aktivitas bekerja Anda di depan komputer yang mana pekerjaan memaksa Anda untuk duduk begitu lama di depan komputer bisa menyebabkan masalah yang serius buat Anda. Duduk yang terlalu lama bisa menyebabkan sirkulasi darah Anda terganggu, bahkan disini hanya sedikit kalori Anda yang terbakar setelah Anda makan. Akibatnya dalam jangka panjang penyakit-penyakit berbahaya seperti varises, diabetes, berat badan, kanker, sakit jantung bisa menjadi ancaman Anda sehari-hari.

Mata yang terlalu lama menatap layar komputer juga dapat membuat mata menjadi malas sehingga dapat membuat anda mudah terkena rabun jauh atau mata minus, selain itu radiasi layar komputer juga tidak baik untuk keseluruhan kesehatan tubuh. Berikut beberapa bahaya yang mungkin akan timbul jika anda terlalu lama duduk dan menatap layar komputer:
1. Impotensi
Jangan terkejut! Impotensi adalah risiko paling umum dari gaya hidup Anda hari ini. Jika Anda sering menaruh laptop Anda pada pangkuan Anda secara langsung, maka Anda telah membunuh cukup banyak sperma. Pastikan Anda menggunakan meja atau alas untuk melindungi organ reproduksi Anda dari kerusakan atau ini bisa menjadi penyebab utama Anda terserang impotensi.

2. Mengalami CVS
Computer vision syndrome (CVS) adalah keadaan yang terjadi karena terlalu lama memfokuskan mata pada layar komputer. "Umumnya penderita akan mengeluhkan nyeri kepala, pusing, penglihatan kabur, nyeri leher, mata merah, penglihatan ganda, sulit memfokuskan mata, bahkan kelelahan," ujarnya.

3. Gangguan penglihatan atau mata kering
Anda menatap layar yang menyala terus-menerus. Alhasil, kita cenderung untuk berkedip lebih sedikit dari yang seharusnya kita lakukan. Ini mungkin terdengar seperti masalah kecil, tetapi dapat menimbulkan masalah yang sangat serius setelah beberapa tahun.

4. Gangguan postur tubuh
Bisakah Anda duduk tegak selama 8 jam dalam sehari? Kecenderungan tubuh untuk membungkuk atau menetap ke posisi yang lebih nyaman menyebabkan gangguan yang membuat postur tubuh menjadi buruk.

5. Resiko terkena wasir
Kebanyakan orang yang bekerja di dalam ruangan, memerlukan waktu duduk lebih lama daripada orang yang bekerja di lapangan. Semua orang yang bekerja dengan posisi duduk terlalu lama akan mendapatkan risiko wasir yang tinggi. 

6. Bahu merah
Ini adalah gejala paling umum dari penggunaan komputer terlalu lama! Keluhan kesehatan ini biasanya membuat Anda merasakan rasa sakit yang parah di bahu yang menjadi merah.

7. Jari Anda sulit untuk diluruskan
Hal ini terjadi karena terdapat benjolan di sendi jari Anda. Tendon jari Anda kehilangan fleksibilitas mereka akibatnya terjadi kecenderungan jari-jari Anda kaku dan terbuka dengan suara bergeletuk. Ini merupakan gangguan kesehatan yang biasanya terjadi pada usia tua (pasca 50).

B. Tips Agar Terhindar Dari Masalah Terlalu Lama Di Depan Komputer
Agar terhindar dari bahaya duduk didepan komputer maka anda sebaiknya melakukan beberapa kegiatan atau gerakan tubuh agar badan tidak kaku dan peredaran darah tetap lancar. Berikut sembilan kegiatan sederhana yang bisa kalian coba lakukan disela-sela kegiatan anda di depan komputer.
1. Olahraga
Imbangi rutinitas di kantor dengan melakukan olahraga selama 30 menit dalam satu hari. Jika tak sempat, maka gunakan tangga selama di kantor, parkir kendaraan lebih jauh, manfaatkan waktu istirahat makan untuk berjalan, berdiri saat mengirimkan e-mail, dan sebagainya. Bergeraklah selagi Anda bisa.

2. Streching
Penulis buku Instant Recess: Building a Fit Nation 10 Minutes at a Time sekaligus professor kesehatan masyarakat dari UCLA, dr. Antronette Yancey, menyarankan Anda untuk melakukan peregangan di kursi Anda. Caranya, putar leher Anda perlahan ke kanan dan ke kiri, lalu agkat bahu Anda dan turunkan kembali sebanyak 8 kali. Kemudian, putar bahu ke depan dan ke belakang sebangak 8 kali. Regangkan kaki Anda dan jangan lupa untuk mengangkat tangan ke udara dan regangkan ke langit-langit.

3. Isi Gelas Anda
Tiap satu jam sekali, bangun dari kursi Anda dan isi gelas dengan air mineral sehingga Anda harus berjalan. Tak hanya menghindari Anda dari efek buruk duduk terlalu lama, energi pun akan tersalur dan hal ini meningkatkan konsenterasi bekerja. Selain itu, Anda pun akan mengonsumsi air mineral lebih banyak sehingga motabolisme dan mood lebih terjaga.

4. Terima Panggilan Masuk Sambil Berdiri
When your phone is ringing, you must answer it with stand up possition. Hal ini akan lebih baik lagi jika Anda menerima telepon sambil berjalan-jalan mengelilingi kantor.

5. Menghindari Duduk Terlalu Lama
Selain menyebabkan pegal-pegal di area punggung dan leher, duduk terlalu lama juga membuat Anda beresiko terkena berbagai penyakit. Untuk mengurangi dampak tersebut, setidaknya berdirilah selama dua menit setiap satu jam. Selain itu, Anda juga dapat melakukan senam kecil di kursi Anda. Lebih lanjut, temukan caranya di bawah ini.

6. Gunakan Kacamata Anti Radiasi
Mungkin mata Anda memang tidak mengalami rabun dekat atau jauh sehingga merasa tak perlu mengenakan kacamata. Namun, sebaiknya Anda menjaga kesehatan mata dengan memakai kacamata berlensa anti radiasi untuk mengurangi efek buruk dari penggunaan komputer.

7. Jaga Jarak Monitor
Monitor your monitor at least 20 inches from your eyes (30cm). Jika malas menggunakan penggaris, Anda dapat memberi jarak sekitar dua jengkal tangan. Ini untuk menghindari mata perih akibat otot yang bekerja terlalu berat.

8. 20-20-20
Ini adalah cara yang digunakan untuk mengistirahatkan mata saat diharuskan bekerja di depan komputer dalam waktu lama. Setiap 20 menit, luangkan waktu 20 detik untuk melihat hal lain dalam jarak minimal 20 kaki (kurang lebih 7 meter).

9. Berkedip
Memang, kedipan adalah gerak refleks. Namun, intensitas kedipan harus lebih sering dilakukan saat berada di depan komputer terlalu lama. Hal ini membuat kelembapan mata menjadi lebih terjaga. Baca Juga: Manfaat Steam Atau Penguapan Wajah Untuk Kecantikan.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar