6 Jenis Vitamin Yang Baik Untuk Kesehatan Dan Kecerdasan Otak

RumahJerawat - Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan sangat penting, semua proses kerja tubuh diproses didalam otak, untuk itu nutrisi yang dibutuhkan oleh otak sangat wajib untuk dipenuhi terutama untuk vitamin. Vitamin diperlukan otak untuk menjaga agar dapat bekerja tetap baik dan efisien. Pada anak-anak kebutuhan vitamin perlu diperhatikan agar otak anak dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Beberapa jenis vitamin yang penting untuk otak seperti vitamin E, viitamin B komplek, dan vitamin E untuk lebih jelas mengenai fungsi dan kegunaan vitamin tersebut berikut adalah penjelasan lengkapnya.
6 Vitamin Yang Baik Untuk Otak
Kebanyakan orang menyalahkan teknologi sebagai penyebab penurunan daya ingat dan kemampuan otak. Tak sedikit yang mengklaim bahwa gaya hidup, polusi, dan makanan menjadi sumber penurunan kemampuan otak. Terlepas dari itu semua, asupan gizi yang buruk memainkan peran utama dalam menentukan tingkat kesehatan otak terutama vitamin. Vitamin memegang peranan penting bagi otak agar dapat bekerja secara maksimal, berikut 6 jenis vitamin yang penting untuk otak:
1. Vitamin E
Vitamin ini dikenal sebagai vitamin baik bagi rambut dan kulit. Mengonsumsi makanan tinggi vitamin E akan meningkatkan fungsi otak dan memiliki antioksidan, sehingga bisa "menunda" perkembangan tahap pertama dari Alzeimer. Makanan tersebut adalah sayuran berwarna hijau, almond, hazelnut, serta minyak bunga matahari.

2. Vitamin B6
Vitamin ini juga memiliki peran dalam produksi serotonin dan dopamine yang menjaga suasana hati dan kewaspadaan Anda. Vitamin B6 terdapat pada kangkung, kembang kol, lobak, sawi, tuna, dan bawang putih.

3. Vitamin B9
Asam folat atau Vitamin B9 amat penting dalam perkembangan sel. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami depresi memiliki tingkat rendah asam folat dalam darah mereka. Asam folat ditemukan dalam sayuran (bayam, brokoli), buah-buahan (jeruk), ragi, biji-bijian dll.

4. Vitamin B12
Vitamin B12 berperan dalam pembentukan myelin, yaitu lapisan pelindung serat saraf otak. Vitamin untuk otak yang satu ini berguna untuk melindungi otak dari kerusakan saraf, kehilangan ingatan, menurunnya suasana hati, dan penurunan mental. Vitamin B12 bisa ditemukan pada daging sapi, domba, ikan, unggas, dan babi.

5. Vitamin B1
Kekurangan vitamin B1 dapat berpengaruh pada kondisi mental, kemampuan belajar, energi, kemampuan tubuh dalam menghadapi tekanan, dan daya ingat pada penderita penyakit Alzheimer. Vitamin B1 bisa ditemukan pada kacang-kacangan, daging, ragi, dan biji sereal.

6. Vitamin C
Vitamin C merupakan nutrisi penting yang terlibat dalam berbagai proses metabolisme penting (metabolisme glukosa, kolagen dan asam folat) dan juga terlibat dalam sintesis neurotransmitter yang penting dalam fungsi otak.

Vitamin C dapat diperoleh dari Daging: Hati sapi, hati babi, otak, domba, kerang, ikan cod, hati domba, telur, dan susu. Buah-buahan dan sayuran seperti Jeruk, lemon, melon, raspberry, markisa, mangga, blueberry, nanas, anggur, aprikot, jeruk, bayam, tomat, kubis.

Selain beberapa jenis vitamin diatas, untuk menjaga otak tetap bekerja secara optimal beberapa nutrisi seperti berikut juga sangat diperlukan otak:
1. Zat besi: telur, hati, buah-buahan, sayuran hijau dan ikan.
2. Kalsium: produk susu seperti keju, susu dan yoghurt.
3. Protein : daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan lentil.
4. Karbohidrat: pasta, nasi, roti dan sereal.
5. Lemak: produk susu dan juga produk protein hewani lainnya.
Baca artikel menarik lainnya: Cara Merawat Dan Menghilangkan Belang Di Wajah Secara Alami.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar