7 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Jerawat Meradang

7 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Jerawat Meradang: Jika pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai makanan yang baik untuk jerawat, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai makanan yang wajib anda hindari saat jerawat sedang meradang. Beberapa jenis makanan ini perlu anda jauhi karena dapat menyebabkan kondisi jerawat semakin parah dan proses penyembuhan jerawat menjadi semakin lama.

Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat kompleks, disebabkan oleh berbagai macam faktor baik dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh, dan faktor penyebab munculnya jerawat tersebut dapat berbeda-beda dari satu orang ke orang lain. Jika anda sudah sering melakukan pengobatan jerawat  secara topical atau oles langsung pada jerawat namun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan, cobalah untuk memperhatian makanan yang anda konsumsi, banyak dokter dan ahli kecantikan berpendapat jika makanan memiliki kaitan yang erat terhadap kondisi jerawat.

A. Makanan Yang Harus Dihindari Saat Jerawat Meradang
Beberapa jenis makanan yang sudah umum dikonsumsi dipercaya dapat menyebabkan munculnya jerawat dan membuat kondisi jerawat smakin parah, berikut adalah 7 makanan yang harus dihindari saat anda memiliki jerawat.

1. Susu Sapi
Susu mungkin memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, namun jika memiliki jerawat diwajah maka segera anda berhenti mengkonsumsinya, banyak ahli penelitian mengatakan bahwa hormon pada susu dapat memicu munculnya jerawat, namun beberapa hasil penelitian terbaru mengatakan bahwa protein pada susu juga dapat memperparah kondisi jerawat terutama jenis susu tanpa lemak.

2. Roti
Roti merupakan makanan yang terbuat dari gandum, namun tahukah anda bahwa roji juga dapat mengakibatkan jerawat semakin meradang? banyak roti yang diproduksi mengandung 3 bahan utama seperti gula, susu, dan minyak kedelai, dan dari ketiga bahan tersebut semuanya dapat memperparah kondisi jerawat anda.

3. Kedelai
Jika anda sering mengkonsumsi makanan yang terbuat dari bahan utama kedelai, maka anda perlu mewaspadai makanan tersebut, kandungan hormon phytoestrogens pada kedelai memiliki efek yang sama dengan hormon estrogen pada wanita, jika dalam konsentrasi yang tinggi dapat menyebabkan kondisi jerawat semakin parah, beberapa orang yang alergi terhadap kedelai menunjukkan beberapa tanda seperti gangguan pada kulit.

4. Gula
Jika anda sesekali mengkonsumsi makanan manis atau minuman bersoda mungkin tidak akan memperparah kondisi jerawat anda, namun masalah muncul jika anda terlalu sering memakannya, gula dalam makanan dapat memicu produksi hormon insulin, dan hormon ini dapat merangsang produksi sebum lebih banyak dari biasanya, yang pada akhirnya membuat pori-pori kulit tertutup.

5. Makanan Berkarbohidrat tinggi
Sama halnya dengan gula, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi juga berpengaruh terhadap kondisi jerawat, kandungan karbohidrat yang tinggi memicu gula darah naik kemudian produksi hormon insulin meningkat. beberapa makanan yang tinggi karbohidrat seperti nasi, ubi-ubian, jagung, roti, tepung sagu, dan mie.

6. Kopi
Jika anda suka minum kopi maka segera hentikan kebiasaan ini, kandungan gula dan susu didalamnya dapat memicu produksi sebum meningkat, selain itu kandungan asam pada kopi dapat mengakibatkan tubuh lebih banyak menghasilkan hormon stres.

7. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan terutama kacang tanah mengandung hormor androgen didalamnya, hormon ini dapat membuat kulit semakin berminyak, selain itu kandungan omega-6 didalamnya dapat membuat jerawat semakin meradang.

B. Kebiasaan Yang Membuat Jerawat Semakin Parah
Selain mengkonsumsi makanan diatas, beberapa kebiasaan buruk berikut ini juga dapat membuat kondisi jerawat anda semakin parah:
1. Lupa membersihkan make up saat tidur
Membiarkan make up menempel pada wajah saat tidur bukanlah ide yang bagus, saat wajah tertutup make up kulit tidak dapat melakukan peremajaan dengan seharusnya, selain itu make up juga membuat pori-pori kulit tertutup yang pada akhirnya menyebabkan tumbuhnya jerawat.

2. Jarang mengganti handuk dan sarung bantal 
Handuk dan sarung bantal yang kotor merupakan tempat yang cocok untuk bakteri berkembang biak, saat anda menggunakanya bakteri yang menempel akan dengan mudahnya menempel pada kulit wajah anda. Benda lain yang terdapat banyak bakteri namun jarang di sadari seperti helm, masker, dan sarung tangan.

3. Suka memencet jerawat
Kebiasaan yng mungkin sulit untuk dihilangi, dengan memencet jerawat maka dengan tidak sengaja anda akan membuat penampilan jerawat semakin buruk, menyebarkan infeksi ke bagian kulit lainnya, dan membuat bekas jerawat semain sulit untuk hilang.

4. Sering berjemur dibawah sinar matahari
Berjemur dipagi hari memang baik untuk tubuh, namun jika anda terlalu lama berjemur tanpa menggunakan pelembab atau tabis surya maka panas sinar matahari akan memicu kelenjar minyak untuk lebih banyak memproduksi minyak kulit yang pada akhirnya memicu terbentuknya jerawat karena terjadi penyumbatan.

5. Menggunakan make up yang menyebabkan jerawat
Saat anda ingin membeli make up yang perlu diperhatikan adalah melihat bahan pembuatnya, hindari make up yang mengandung minyak, mineral, pewarna buatan, dan alkohol.

6. Hanya mengobati jerawat dari luar 
Kondisi kulit mencerminkan apa yang terjadi didalam tubuh anda. kondisi hormon yang tidak stabil, stres, mengkonsumsi makanan penyebab jerawat, kekurangan nutrisi, dan alergi merupakan beberapa faktor utama penyebab jerawat, jika anda ingin jerawat benar-benar menghilang lakukan perawatan tubuh baik dari luar maupun dari dalam. Baca juga: Jenis Makanan Yang Dapat Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar