Manfaat Dan Bahaya Chemical Peeling Untuk Wajah Berjerawat

Manfaat Dan Bahaya Chemical Peeling Untuk Wajah Berjerawat: Chemical peeling merupakan salah satu perawatan wajah yang biasa di tawarkan oleh salon kecantikan namun saat ini sudah banyak toko kecantikan yang juga menjual produk chemical peeling sehingga kalian bisa melakukanya sendiri di rumah, bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit tua, rusak, dan  mati yang berada dipermukaan kulit dan membuat kulit baru yang berada dibawahnya untuk muncul kepermukaan, kulit baru ini biasanya lebih halus dan cerah. Chemical peeling menggunakan bahan kimia yang bersifat asam, kalian bisa melakukan perawatan ini untuk mengangkat sel kulit mati dengan tenggang waktu 2-4 minggu sekali.

Penggunaan produk chemical peeling biasanya tergantung dari kondisi jerawat pasien, ada tiga kategori produk chemical peeling berdasarkan kemampuan kandungan kimianya, yakni bahan kimia yang lembut seperti asam alphahydroxy (AHA) atau asam glikolat, agak kuat seperti asam trikloroasetat (TCA), dan kuat seperti fenol, masing-masing bahan kimia tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.
 Chemical Peeling Untuk Wajah Berjerawat

A. Manfaat Chemical Peeling Untuk Kulit Wajah
Banyak hasil penelitian yang menyebutkan bahwa chemical peeling dapat mengurangi keparahan kondisi jerawat sekitar 45% setelah melakukan peeling sebanyak 4-6 kali, selain dapat mengurngi keparahan kondisi jerawat ternyata chemical peeling juga sangat baik untuk mengatasi beragam masalah kulit seperti berikut:
  • Dapat meremajakan kulit dan kulit tampak lebih cerah
  • Menghilangkan kulit kusam
  • Memudarkan flek hitam dan kulit yang kasar
  • Memudarkan kerutan pada wajah
  • Mengurangi minyak kulit berlebih
  • Kulit menjadi tampak lebih lembut dan halus
  • Mampu mengatasi kulit yang terbakar akibat sinar matahari.
  • Mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat
Untuk mendapatkan hasil yang lebih masikmal konsultasikan pada dokter ahli atau gunakan produk chemical peeling yang sesuai dengan kondisi kulit anda.

B. Bahaya Chemical Peeling
Efek samping chemical peeling biasanya hanya bersifat sementara namun jika anda menggunakan chemical peeling dengan bahan kimia kuat efek samping yang ditimbulkan akan hilang dalam seminggu sampai sebulan, kulit akan terlihat memerah, kulit terasa lebih tipis, dan lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Namun jika anda melakukanya terlalu sering atau tidak sesuai dengan anjuran pemakaian dikawatirkan kulit akan menjadi iritas dan pastinya akan membuat kondisi jerawat anda lebih parah.

Untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama chemical peeling sangatlah baik,  siapkan produk chemical peeling dirumah seperti glikolat yang tergolong memiliki efek ringan untuk menjaga agar kondisi kulit anda selalu bersih dari sel kulit mati dan terhindar dari penyumbatan pori-pori penyebab jerawat.

C. Penggolongan Chemical Peeling
Sudah dijelaskan diatas bahwa chemical peeling dapat digolongkan menjadi tiga bagian tergantung dari bahan kimia yang digunakan.
1. Ringan dan lembut /Light Peels
Chemical peeling ini menggunakan bahan kimia ringan, hanya menghilangkan bagian kulit yang terdapat dibagian atas yang disebut dengan epidermis, memilik efek samping yang cepat hilang. dapat memudarkan gari-garis halus keriput, kulit rusak akibat sinar matahari, bekas luka jerawat yang ringan, bintik hitam, kulit kering dan mengelupas, serta kulit kusam. Biasanya menggunakan bahan kimia berupa alpha hydroxy atau beta hydroxy acids, yang dikenal sebagai AHA dan BHA serta termasuk asam glikolat, asam laktat dan asam salisilat.

2. Agak kuat/ Medium Depth Peels
Chemical peeling ini dapat memberikan hasil yang lebih baik, dapat menghilangkan kulit permukaan yang lebih dalam, saat proses peeling mungkin anda akan merasakan kondisi yang kurang nyaman seperti panas, perih serta gatal, selain itu efek samping yang ditimbulkan dapat hilang lebih lama. biasanya menggunakan bahan kimia berupa asam trikloroasetat (TCA).

3. Kuat/ Deep Peels
Menggunakan bahan kimia yang kuat dan dapat menembus kulit yang lebih dalam. saat proses peeling mungkin anda akan merasa kesakitan dan efek samping akan hilang dalam waktu seitar satu bulan, namun hasil yang diperoleh lebih baik dibandingkan light dan medium depth peels. Bahan kimia yang biasa digunakan seperti fenol atau TCA dengan konsentrasi tinggi.

D. Tips Membeli Produk Chemical Peeling
Chemical peeling dapat digunakan untuk beragam masalah kulit seperti kulit keriput, garis-garis putih, jerawat, bekas jerawat, flek hitam, pori-pori besar, jaringan parut, dan bintik-bintik. Jika anda ingin melakukan peeling wajah sendiri di rumah maka perhatikan terlebih dahulu produk chemical peeling yang hendak anda beli.

Glikolat atau Glycolic merupakan chemical peels yang ringan dan cocok digunakan untuk semua jenis kulit, dapat mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari, dapat meratakan warna kulit belang, dan menghilangkan flek hitam. Asam salislat/salicylic acid  dan retinol merupakan chemical peels yang agak kuat, cocok untuk kulit berminyak, dapat mengurangi minyak di kulit, mengatasi jerawat, dan bekasnya. Jika anda ingin mencoba untuk pertama kalinya maka usahakan gunakan chemical peels dengan bahan kimia ringan terlebih dahulu.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar