8 Penyebab Utama Munculnya Jerawat Di Dahi

Penyebab Jerawat Di Dahi: Dahi merupakan bagian wajah yang rawan sekali terkena jerawat setelah pipi, biasanya orang yang memiliki poni sering kali mendapati pada bagian dahi mereka terdapat jerawat, umumnya jerawat yang muncul di dahi hanya berukuran kecil atau hanya berupa komedo, namun pada beberapa orang yang sedang mengalami masa puber, jerawat yang muncul pada dahi dapat berukuran besar.

Penyebab Munculnya Jerawat Di Dahi
Tahukah anda apa saja yang dapat menyebabkan munculnya jerawat pada dahi?, berikut beberapa faktor penyebab utama jerawat pada dahi beserta ulasanya:
1. Penyumbatan Pori-Pori
Faktor utama dan yang paling sering menjadi penyebab munculnya jerawat di dahi adalah terjadinya penyumbata pori-pori kulit, dahi merupakan bagian wajah yang paling banyak menghasilkan sebum atau zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar kulit, sebum inilah yang mengakibatkan terjadinya penyumbatan pori-pori kulit sehingga mengakibatkan munculnya jerawat, untuk mengatasi jerawat didahi akibat penyumbatan pori-pori maka rajin lah mencuci wajah minimal dua kali dalam sehari dan membersihkan kulit dengan toner setelah menggunakan make up.
jerawat di dahi

2. Kulit Kepala Berminyak
Jika anda merasa jika kulit wajah anda tidak berminyak namun pada dahi selalu terasa berminyak maka perhatikan kulit kepala anda, beberapa orang memiliki kulit kepala yang cenderung berminyak sehingga mengakibatkan rambut terdapat minyak yang dihasilkan olek kulit kepala, jika anda memiliki poni maka sudah dapat dipastikan dahi anda akan terdapat minyak yang dihasilkan kulit kepala.

Untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh faktor ini adalah jauhkan selalu dahi dari rambut dan selalu rajin mencuci rambut anda sekali dalam sehari.

3. Rambut berketombe
Selain minyak yang dihasilkan oleh kulit kepala, ketombe juga memiliki peranan yang dapat memicu munculnya jerawat di dahi, ketombe yang jatuh di dahi dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit. Gunakan shampo ketombe, maka jerawat anda akan hilang dengan sendirinya.

4. Sering memakai topi dan helem
Mungkin anda pernah merasakan setelah memakai topi dan helem wajah menjadi berjerawat atau jerawat yang sudah ada menjadi semakin parah, maka langkah pertama yang anda harus perhatikan adalah kebersihan helem dan topi yang anda pakai, kotoran yang terdapat pada kedua barang tersebut dapat mengakibatkan timbulnya jerawat pada dahi.

5. Produk Rambut Yang Dipakai
Biasanya hal ini lebih sering terjadi pada wanita ber poni yang suka menggunakan produk-produk kecantikan rambut, produk seperti serum rambut, pelembab rambut, pewarna rambut dan sebagainya memiliki kecendrungan memicu munculnya jerawat di dahi.

6. Stres
Stres karena sekolah atau kerjaan dapat memicu munculnya jerawat, stres mengakibatkan kondisi hormon dalam tubuh tidak stabil dan salah satu efek buruknya adalah memicu munculnya jerawat, lakukan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga, menghadiri acara hiburan, dan libur ke tempat rekreasi, atau paling tidak tidur dengan waktu yang cukup.

7. Gangguan Pencernaan
Menurut para ahli kesehatan cina, munculnya jerawat di dahi menandakan bahwa anda sedang mengalami gangguan pencernaan. banyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran segar serta perbanyak mengkonsumsi air minum. Beberapa orang yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu akan memperlihatkan tanda alergi salah satunya adalah munculnya jerawat pada dahi.

8. Faktor Genetik atau keturunan
Faktor ini mungkin yang paling sulit untuk dicegah, jika anda memiliki keluarga seperti ayah atau ibu yang berjerawat dan anda sekarang juga sedang berjerawat dan setelah melakukan berbagai hal untuk mengatasinya namun belum juga ada hasil, maka jerawat anda dapat dikategorikan disebabkan oleh faktor genetik. Gunakan produk khusus untuk menghilangkan jerawat dan lakukan perawatan yang tepat agar jerawat anda tidak terlalu parah dan cepat mengering. Baca juga: Cara Membuat Masker Kentang Untuk Menghilangkan Jerawat.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar